Cara Membuat Link WA di Bitly

Cara Membuat Link WA di Bitly
Cara Membuat Link WA di Bitly ini sedang banyak dicari oleh pengguna ponsel pintar, hal ini disebabkan karena perkembangan bisnis digital saat ini kian pesat.

Banyak para pedagang atau penjual yang memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk berjualan. Mulai dari TikTok, Instagram bahkan hingga media chat seperti WhatsApp (WA).

Yang dimana, WhatsApp banyak digunakan oleh bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Apalagi aplikasi WA saat ini hadir dengan versi khusus bisnis yang semakin memudahkan para pelaku usaha.

Aplikasi WhatsApp atau WA bisnis juga bisa digunakan secara gratis oleh siapa saja, baik itu bisnis kecil maupun perusahaan besar.

Keberadaan nomor WA bagi bisnis sangat penting sebagai media komunikasi kepada para pelanggan dan di era digital seperti ini, semua aktivitas komunikasi dilakukan melalui internet.

Dan setiap orang pastinya memiliki akses internet baik itu kuota maupun WiFi, namun tidak semua orang masih menggunakan pulsa untuk menelpon.

Perlu diketahui, bahwa saat ini anda bisa mengirim akun WA tanpa membagikan nomor telepon dan anda bisa menggunakan cara buat link WhatsApp satu ini.

Saat ini anda tidak perlu lagi menyimpan nomor telepon untuk mengirim pesan, dimana hanya perlu memberikan sebuah link saja.

Nah, dengan menggunakan link WhatsApp maka anda bisa melakukan percakapan di aplikasi WhatsApp secara otomatis.

Anda hanya perlu mengklik link WhatsApp yang diberikan dan langsung menuju chat pribadi dengan orang tersebut, jadi anda tidak perlu repot-repot lagi menyimpan nomor dan mencari nomor untuk mengirim pesan.

Dengan menggunakan link WhatsApp, anda juga bisa menambahkan format pesan sesuai yang anda inginkan. Sehingga anda tidak harus mengetik pesan yang sama secara berulang-ulang.

Dimana, biasanya link ini digunakan oleh para pelaku bisnis online untuk melakukan komunikasi dengan calon konsumen agar lebih mudah.

Oleh karena itu dengan kehadiran akun WA bisnis jauh lebih praktis dan disukai oleh konsumen, sebab chat melalui WA lebih mudah di akses dibandingkan SMS atau telepon biasa yang terkesan tradisional.

Sebagai pembisnis, anda bisa mencantumkan tautan kontak WA bisnis anda di media sosial yang anda punya.

Lalu bagaimana cara membuat link WA di Bitly? Anda tak perlu khawatir, karena kami akan membagikannya pada ulasan dibawah ini. Yuk simak sampai selesai yaa!


1. Keuntungan Menggunakan Bitly

Cara Membuat Link WA di Bitly
Keuntungan Menggunakan Bitly
Bitly adalah platform manajemen tautan yang memungkinkan anda untuk memperpendek tautan, berbagi, mengelola dan menganalisis tautan yang terhubung ke situs atau konten anda.

Berbeda dengan penyederhana link lainnya, dimana Bitly ini bisa digunakan untuk membuat tautan secara costum, melacak real time dan juga menganalisis performa link.

Yang mana, anda juga bisa melihat kapan saja dan dimana tautan anda diklik oleh pengguna. Data ini akan sangat berguna bagi pembisnis.

Dan pada dasarnya Bitly bisa digunakan secara gratis lho guyss, namun ada juga beberapa fitur berbayar yang bisa anda coba.

Nah sebelum anda mempelajari cara membuat link WA di Bitly, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang akan anda dapatkan.

Dilansir dari Compare Camp, dibawah ini ada beberapa manfaat atau keuntungan menggunakan Bitly untuk tautan bisnis anda yaitu sebagai berikut:

1. Bisa Digunakan Secara Gratis


Bitly merupakan platform kostumisasi tautan yang bisa digunakan secara gratis. Meskpiun terdapat fitur berbayar, namun pada dasarnya anda bisa menggunakannya secara gratis tanpa membeli fitur premium.

Anda hanya perlu mendaftar untuk menggunakan layanan Bitly dan anda bisa mendaftar dengan email seperti aplikasi pada umumnya.


2. Menyajikan Statistik Link


Keuntungan berikutnya adalah anda bisa melihat statistik link yang anda buat di Bitly, anda bisa melihat jumlah kunjungan atau klik ke tautan anda.

Maka dengan begitu, anda bisa langsung mengukur efektivitas link yang anda buat lho guyss. Cukup keren bukan!


3. Kostum URL


Keuntungan yang membedakan Bitly dengan layanan serupa adalah kustomisasi URL, artinya anda bisa membuat tautan sendiri yang dibatasi dalam 14 karakter.

Yang dimana, anda bisa membuat alamat tautan yang sederhana dan menarik yang menggambarkan bisnis anda tentunya.

Dan tautan dalam Bitly akan diawali dengan Bit.ly, misalnya anda bisa membuat tautan Bit/ly/TokoBungaWisuda.

Maka dengan begitu, Alamat tautan anda akan terlihat lebih profesional dan mudah untuk di ingat oleh para konsumen.


2. Cara Membuat Link WA di Bitly Terbaru

Cara Membuat Link WA di Bitly
Cara Membuat Link WA di Bitly Terbaru
Nah, setelah mengetahui keuntungan menggunakan Bitly. Maka selanjutnya anda perlu mengetahui cara membuat link WA pada Bitly yaa guyss.

Perlu diketahui, bahwa sebelum membuat link Bitly pastikan terlebih dahulu anda mempunyai link WA biasa.

Anda hanya perlu menyiapkan nomor WA dan kode negara dari nomor tersebut. Contohnya untuk nomor WA 088112223444, diubah menjadi 628811223444. Dimana, ubahlah awal angka 0 dengan kode negara 62 Indonesia.

Selanjutnya, anda dua rumus link WA biasa yang bisa anda gunakan yaitu sebagai berikut:
  • https://api.whatsapp.com/sendz/phone=628811223444 atau dengan rumus
  • https://wa.me/628811223444

Yang mana setelah mempunyai link WA biasa, anda bisa menyalin link tersebut untuk memastikan apakah link sudah benar dan anda bisa mencoba mengklik link nya.

Selanjutnya, anda bisa menggunakan link tersebut untuk cara membuat link WA di Bitly yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama, silahkan buka browser yang ada di perangkat anda.
  • Lalu ketikkan https//bitly.com/, mungkin lebih cepatnya anda bisa klik melalui link berikut (Bitly.com).
  • Kemudian masuk ke Bitly dengan menggunakan alamat email dan password atau buat akun baru.
  • Setelah itu, masukkan link WA biasa yang sudah anda salin dikolom yang sudah disediakan dan langsung saja klik "Shorten".
  • Maka secara otomatis, link yang anda masukkan akan dipersingkat oleh Bitly.
  • Selanjutnya anda bisa membuat link secara kustom, masukkan nama link yang anda suka sesuai ketentuan Bitly.
  • Jika sudah, silahkan anda klik "Save".

Link Bitly yang sudah anda buat bisa dicantumkan di bio media sosial anda seperti Instagram, Facebook atau dicantumkan dalam konten bisnis anda yaa.

Dan untuk melihat statistik link, anda bisa mengaksesnya dihalaman awal. Pastikan anda sudah login yaa!


Akhir Kata

Nah demikianlah itu dia keunggulan menggunakan Bitly dan cara membuat link WA di Bitly yang sudah kami bagikan diatas untuk anda, maka dengan begitu anda tidak kebingungan lagi.

Mungkin jika anda tertarik untuk mencobanya, maka anda bisa simak keunggulannya terlebih dahulu dan mengikuti tahapan dengan benar dan tepat agar prosesnya berhasil.

Bukankan cara membuat link WhatsApp atau WA di Bitly sangat mudah? Yuk, gunakan click to chat dari sekarang agar tidak perlu lagi menyimpan nomor dan pelanggan lebih mudah untuk menghubungi anda.

Jika menurut anda informasi ini cukup penting, maka anda bisa membagikannya langsung ke akun media sosial yang anda punya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel