Cara Membuat Kode Referral

Cara Membuat Kode Referral
Cara membuat kode Referral
ini sangatlah mudah, mungkin anda pastinya sering melihat pengguna aplikasi dan influencer membagikan kode unik tertentu.

Baik itu di sosial media, Youtube ataupun platform online lainnya itu adalah kode referral memang kenapa sih mereka selalu mengincar dan menyebarkan kode referral tersebut?.

Eits jangan salah program referral code tersebut bisa sangatlah menguntungkan lho, anda juga bisa mendapatkan diskon pembelian hingga komisi yang besar.

Pastikan untuk mendapatkan keuntungan dari kode referral, namun anda harus paham cara menggunakan kode referral tersebut.

Untuk lebih jelasnya pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara membuat kode referral dan simak saja ulasan sebagai berikut.


1. Cara Membuat Kode Referral

Cara Membuat Kode Referral
Cara Membuat Kode Referral
Cara membuat kode referral yaitu sebagai berikut:
  • Biasanya kode referral ini akan langsung dibagikan secara otomatis kepada setiap pengguna aplikasi atau member program tertentu. Referral code yang akan diterbitkan berbeda-beda untuk setiap penggunanya, sebab dibeberapa aplikasi dari masing-masing pengguna juga dapat melakukan kustomisasi kode sesuai yang diinginkan.
  • Setelah itu menyebarkan kode referral, kode referral ini dapat didistribusikan oleh setiap pengguna ke platform mana saja seperti melalui media sosial, prompsi lewat blog atau website, pesan broadcast, dari mulut ke mulut dan lain sebagainya. Pada setiap orang bisa menggunakan kode tersebut, terkecuali buat pengguna yang sudah mendaftar menggunakan akun sama sebelumnya.
  • Ketika kode referral ini digunakan oleh pengguna lain, sehingga sistem akan mendeteksi dan mengumpulkan data dikarenakan penyedia referral code akan melakukan verifikasi dari akumulasi pengguna kode referral.
  • Jika sudah mendapatkan verifikasi, maka sistem akan memberikan sejumlah keuntungan kepada pemegang kodenya disesuaikan kebijakan. Biasanya rewards program referral tersebut diantaranya poin, komisi uang, promo diskon dan lain sebagainya.


2. Cara Mendapatkan Kode Referral

Cara Membuat Kode Referral
Cara Mendapatkan Kode Referral
Jika anda sudah paham cara membuat kode referral, lantas bagaimana cara mendapatkan kode referral? Untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

Cara mendapatkan kode referral yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama login ke dalam aplikasi.
  • Jika sudah silahkan pergi ke profil akun anda.
  • Lalu anda masukkan ke dalam menu profil dan dapat mencari opsi menu "Kode referral".
  • Bila anda sudah melihat kode referral tersebut, sehingga anda dapat melakukan kustomisasi disesuaikan dengan yang diinginkan.
  • Lalu bagikan kode referral atau link referral tersebut.


3. Keuntungan Membagikan Kode Referral

Cara Membuat Kode Referral
Keuntungan Membagikan Kode Referral
Jika anda sudah paham cara membuat kode referral ini, nah anda harus tahu apa saja keuntungan membagikan kode referral tersebut.

Keuntungan yang cukup nyata dari kode referral ini adalah memperoleh keuntungan finasial, dikarenakan biasanya orang yang mempunyai kode referral dan berhasil membagikan.

Serta mengajak orang lain untuk bergabung akan memperoleh tambahan uang dengan jumlah yang cukup beragam contohnya saja untuk seseorang yang berhasil mengajak pengguna baru.

Jika mendownload aplikasi akan memperoleh uang sebesar Rp 25.000. disamping itu juga keuntungan lain dari membagikan kode referral yang dapat dirasakan oleh sik pemilik bisnis yaitu popularitas.

Brand atau merek yang makin meluas, dengan adanya kode tersebut banyak calon pengguna yang dapat diajak bergabung dan kemudian mengetahui brand atau merek yang sebelumnya tidak pernah didengar.

Sama sekali, kode referral ini juga terasa lebih menjanjikan dikarenakan kode tersebut dibagikan oleh orang-orang yang sudah memakai produk tersebut.

Hingga orang lain yang belum mencobanya sudah mempunyai kepercayaan untuk pada akhirnya berani mencoba produk tersebut, itulah alasan mengapa kode ini menjadi strategi marketing.


Apa itu Kode Referral?

Bila anda sudah paham cara membuat kode referral ini, nah selanjutnya kami akan menjelaskan apa itu kode referral? Kode referral ini adalah kode unik berupa angka, huruf, simbol atau kombinasi.

Dari semuanya dan kode ini dipakai untuk mengajak orang untuk bergabung ke dalam anggotaan suatu platform atau melakukan pembelian suatu produk yang akan berakhir dengan pemberian hadiah.

Kode referral ini juga ada yang berupa tautan, nah tautan tersebut bisa mengarah langsung untuk melakukan tindakan tertentu seperti mendownload atau mendaftar akun.

Pemegang kode ini dapat membagi-bagikan referral tersebut dengan teman atau keluarga untuk memperoleh sejumlah keuntungan seperti diskon produk, cashback hingga komisi.

Di ecommerce ini biasanya kode referral ditawarkan untuk diskon, jadi ketika pengguna berbelanja online mereka bisa menerapkan kode mereka pada saat checkout dan diskon ini langsung diterapkan.

Pada jenis bisnis lain, referral code ditawarkan berupa hadiah seperti komisi buat kedua belah pihak baik itu pemilik referral code dan pengguna kodenya.

Ada banyak orang yang beranggapan kode referral dan kode voucher/promo itu sama, padahal keduanya jelas berbeda lho guys dikarenakan kode promo biasanya dibuat langsung oleh perusahaan.

Itu berguna meningkatkan transaksi penjualan, sedangkan kode referral dibuat oleh perusahaan untuk didistribusikan ke user-nya sehingga perusahaan memanfaatkan words of mouth.

Namun supaya promosi pelanggan dapat berjalan efektif, biasanya program referral code juga bisa memberikan diskon buat pengguna itulah mengapa kode referral dan kode voucher sama.

Perbedaan lainnya juga terletak di jangka waktunya, kode voucher mempunyai masa aktif dan hanya dapat digunakan sekali sementara kode referral bersifat berkelanjutan dan relatif.

Tidak mempunyai masa berlaku, selagi referral dipergunakan oleh orang baru sehingga pemilik dari kode referral akan terus memperoleh keuntungan.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara membuat kode referral yang sudah kami sampaikan untuk memudahkan anda dalam membuat kode referral tersebut.

Jika anda ingin berhasil membuat kode referral ini, silahkan anda ikuti setiap langkah-langkah yang telah kami jelaskan diatas dengan benar.

Bila menurut anda informasi yang sudah kami bagikan sangatlah bermanfaat dan berguna, langsung saja bagikan link artikel ke sosial media yang dimiliki.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel