Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang 2023

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Cara1001.com - Bagi anda yang sedang mencari bagaimana cara membuat channel Youtube di HP menghasilkan uang, di artikel ini kami sudah menyediakan ulasan lengkap caranya.

Mereka adalah orang populer yang mendapatkan uang sebagai YouTuber dengan nominal yang fantastis bahkan bisa mencapai ratusan juta hingga milyaran rupiah dalam satu kali upload vidoe mereka.

Lalu, bagaimanakah cara mendapatkan uang dari Youtub? jawabannya yaitu menjadi seorang YouTuber, dan YouTuber adalah mereka yang menjadi kreator konten melalui channel YouTube dengan membagikan berbagai video yang dibuatnya.

Atau mudahnya yang disebut dengan YouTuber merupakan orang yang menggunakan situs video YouTube untuk membagikan segala aktivitasnya dan di up ke akun YouTube mereka.

Nah, apabila anda tertarik untuk mencoba mendapatkan uang dengan menjadi seorang YouTuber sukses bisa mengikuti beberapa tips dan cara yang akan kami ulaskan di artikel ini.

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang dan simak ulasan sebagai berikut.

1. Buat Akun YouTube

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Buat Akun YouTube
Langkah pertama cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang tentu saja harus membuat akun youtube terlebih dahulu, unduh aplikasinya melalui Google Play Store lalu isi semua data diri yang dibutuhkan untuk membuat channel YouTube.

Pilih dan pikirkan nama yang unik untuk channel YouTube tersebut agar orang-orang tertarik dengan konten YouTube yang anda bagikan di akun tersebut yang banyak orang menakan tombol merah yaitu "subscribe".

2. Lakukan Monetisasi Akun

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Lakukan Monetisasi Akun
Kemudian setelah berhasil membuat akun channel YouTube maka cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang selanjutnya dengan melakukan monetisasi agar bisa mendapatkan penghasilan dari konten-kontan yang dibuat di akun YouTube tersebut.

Caranya sangat mudah hanya melakukan Sign in ke akun YouTube lalu klik pada Account Information yang ada pada kanan atas setelah itu pilih Creator Studio dan klik bagian Channel kemudian lanjutkan pada Status and Feature.

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah dalam monetisasi akun channel YouTube klik pada menu “Enable Monetisation” dan setujui semua persyaratan dan ketentuan yang diberikan oleh YouTube tersebut.

3. Tentukan Niche Konten

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Tentukan Niche Konten
Hal yang tidak kalah penting dan menjadi bagian dari cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang adalah menentukan niche yang menarik agar banyak orang singgah di akun YouTube anda.

Apakah yang dimaksud dengan niche? Niche merupakan tema atau topik yang akan dibahas dalam konten video YouTube yang anda buat karena tanpa tema mungkin akun YouTube anda akan sepi.

Disarankan untuk membuat dan memilih niche yang sesuai dengan bakat, minat, passion, pekerjaan ataupun hobi anda, tujuannya untuk nantinya konten atau video yang dibuat bisa lebih bagus dan bisa menarik minat banyak subscriber.

Sebagai contoh dari channel YouTube milik Om Wepe yang bertema tentang perawatan dan tips memelihara kucing, niche bisa diambil dari bidang misalnya musik, game, teknologi, review, tutorial dan sebagainya.

4. Buat Konten yang Menarik dan Panjang

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Buat Konten yang Menarik dan Panjang
YouTube telah memberikan peraturan yang cukup ketat agar pemilik akun bisa melakukan monetisasi atau mendapatkan uang, dan salah satu cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang harus memiliki subscriber minimal 1000 dan ditonton selama 4000 jam.

Agar hal tersebut bisa tercapai maka salah satu caranya yaitu dengan membuat video yang menarik dan panjang sehingga para peminat atau pencari video bisa langsung mensubscriber akun anda.

Subscriber channel YouTube tentunya mencari informasi tertentu ataupun hiburan melalui video tersebut dan itu tidak mungkin bisa didapatkan dari durasi yang terlalu pendek.

5. Unggah Video

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Unggah Video
Rajin mengunggah video ke dalam channel YouTube merupakan salah satu cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang dari situs tersebut dan Channel YouTube tidak mungkin sering dilihat oleh banyak orang apabila mempunyai beberapa video saja.

Anda perlu mengupload banyak video, agar akun YouTube bisa menghasilkan banyak uang dan dari video tersebutlah banyak orang akan menekan tombol subscriber.

Video yang anda upload harus berdurasi panjangan dan menarik sesuai tema dari akun YouTube anda agar minat para subscriber semakin tinggi dan secara perlahan banyak yang akan menonton video tersebut.

6. Tingkatkan Jumlah Subscriber

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Tingkatkan Jumlah Subscriber
Cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang maka jumlah subscriber harus terus ditingkatkan dengan cara rutin mengunggah video kalau bisa setiap hari ada yang baru.

Pilih konten yang isinya menarik dan banyak dicari masyarakat dan Ingat, bahwa untuk bisa monetisasi channel YouTube harus memiliki setidaknya 1000 subscribers agar bisa menghasilkan uang.

7. Mendaftar Program Partner YouTube

Cara Membuat Channel YouTube di HP Menghasilkan Uang
Mendaftar Program Partner YouTube
Cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang dengan mendaftar dan diterima dalam Program Partner YouTube, anda dapat memenuhi syarat untuk menerima bonus Shorts sebagai bagian dari pendanaan YouTube Short anpa mengikuti Program Partner YouTube.

Sebelum anda mengikuti program Patner YouTube anda perlu mengetahui syarat yang telah di tentukan oleh pihak YouTube agar bisa lolos dalam melakukan pendaftaran simak ulasan berikut.

Beberapa Catatan dari YouTube

  • Kami tidak akan mendikte konten apa saja yang boleh anda buat di dalam akun YouTube, tetapi kami memiliki tanggung jawab untuk melakukan hal yang benar demi penonton, kreator, dan pengiklan kami.
  • Apbila anda tergabung dalam Program Partner YouTube, anda dapat menghasilkan uang melalui YouTube.
  • Apbila anda tergabung dalam Program Partner YouTube, kami menerapkan standar yang lebih tinggi kepada anda.
  • Untuk memastikan kami memberikan imbalan kepada kreator yang baik dan kami akan meninjau channel anda sebelum anda diterima dalam Program Partner YouTube ini.
  • Kami terus meninjau channel untuk memastikan anda memenuhi semua kebijakan dan pedoman yang telah kami berikan.
  • Channel tidak perlu anda monetisasi di YouTube agar memenuhi syarat untuk Pendanaan YouTube Shorts.
  • Kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube dan channel yang merupakan bagian dari jaringan multi channel (MCN) tetap harus memenuhi syarat.
  • Anda mungkin berkewajiban membayar pajak atas penghasilan yang anda dapat dari YouTube.

Fitur Untuk Menghasilkan Uang di Program Partner YouTube

Anda dapat menghasilkan uang di YouTube melalui fitur-fitur yang telah ada di dalam program Patner YouTuber tersebut dan simak ulasan ini smapai selesai.

Simak fitur-fitur dari program Patner YouTube yaitu sebagai berikut:
  • Pendapatan Iklan, pendapatan dari hasil iklan seperti iklan display, overlay, dan video.
  • Langganan Channel, pelanggan anda akan melakukan pembayaran bulanan berulang dengan imbalan berupa keuntungan khusus yang anda tawarkan kepadanya.
  • Galeri Merchandise, penggemar anda dapat mencari dan membeli merchandise bermerek resmi yang ditampilkan di halaman tonton anda pada akun YouTube.
  • Super Chat & Super Stickers, penggemar anda tetap harus membayar agar pesannya ditandai dalam streaming chat.
  • Pendapatan YouTube Premium, dapatkan bagian dari biaya langganan YouTube Premium saat pelanggan menonton konten anda.
Setiap fitur memiliki sejumlah persyaratan kelayakan masing-masing selain persyaratan jumlah subscriber dan jumlah penayangan, apabila peninjau kami menganggap bahwa channel atau video anda tidak memenuhi syarat, fitur tersebut mungkin tidak tersedia.

Ketentuan minimum tambahan ini memiliki dua alasan, petama adalah karena kami harus memenuhi persyaratan hukum di setiap wilayah tempat fitur tersedia, selain itu karena kami ingin memberikan imbalan kepada kreator yang baik.

Kami harus memastikan bahwa ada konteks yang cukup di channel anda yang artinya kami membutuhkan lebih banyak konten untuk ditinjau pada akun YouTube anda.

Persyaratan Kelayakan Minimum Untuk Mengaktifkan Fitur Monetisasi

Perlu diingat bahwa setiap fitur memiliki persyaratan tersendiri beberapa fitur mungkin tidak tersedia untuk anda karena persyaratan hukum setempat yang memenuhi dalam konten anda.

Setelah diterima di Program Partner YouTube, dapat di peroleh melalui akses ke fitur monetisasi ini dengan syarat yaitu sebagai berikut:

Langganan Channel

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki lebih dari 1.000 subscriber.

Galeri Merchandise

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Super Chat & Super Stickers

  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Tinggal di negara atau wilayah dimana tempat Super Chat tersedia.

Pendapatan YouTube Premium

  • Membuat konten yang ditonton oleh pelanggan YouTube Premium.

Akhir Kata

Itulah tadi beberapa cara membuat channel YouTube di HP menghasilkan uang yang bisa anda ikuti dan coba agar akun YouTube anda bisa menghasilkan uang dari konten-konten yang dibuat.

Untuk bisa menghasilakan uang pun tidak mudah anda perlu memperhatikan syarat dan ketentuan konten yang anda buat apakah sudah memenuhi syarat apa tidak dan jumlah subsriber yang banyak.

Itulah seluruh pembahasan kami pada arikel kali ini, jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel