Cara Kalibrasi Layar Samsung

Daftar Isi
Cara kalibrasi layar Samsung perlu diketahui oleh para pengguna HP Samsung, agar bisa mengatasi beberapa masalah yang mungkin terjadi.

Layar sentuh adalah salah satu komponen utama yang paling penting dalam pengoperasian sebuah smartphone Android, sehingga kondisinya harus dijaga dengan perbaikan.

Jika komponen layar bermasalah maka HP akan sulit untuk digunakan, karena HP zaman sekarang semuanya sudah mengusung teknologi layar sentuh.

Sayangnya, walaupun Anda sudah merawatnya dengan baik terkadang kinerja layar sentuh akan menurun dengan sendirinya.

Penurunan kinerja ini biasanya terjadi dalam bentuk layar sentuh yang menjadi kurang responsif sehingga sering lemot saat digunakan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menjalankan proses kalibrasi layar sentuh yang memungkinkan layar sentuh bisa mendapatkan kembali pengenalan sentuhan yang lebih akurat.

Cara Kalibrasi Layar Samsung

Cara Kalibrasi Layar Samsung
Nah, berikut ini kami akan bagikan beberapa cara kalibrasi layar Samsung yang bisa dipelajari dan diterapkan.

1. Cara Kalibrasi Layar Samsung dengan Kode Dial

Tidak hanya berlaku untuk kalibrasi baterai HP Samsung, namun penggunaan kode rahasia juga berlaku untuk kalibrasi touchscreen atau layar guys.

Kode yang digunakan pastinya berbeda dari kode untuk memperbaiki baterai.

Untuk cara kalibrasi layar Samsung dengan kode dial yaitu sebagai berikut:
  • Pergi ke menu Dial, kemudian masukkan kode *#0*# lalu klik Panggil.
  • Kemudian akan muncul LCD TEST dan untuk mengatur touchscreen, Anda tinggal mengklik menu Touch.
  • Penggunaan kode rahasia tersebut tidak hanya berguna untuk mengatur touchscreen saja, namun bisa juga untuk mengatur vibrasi, speaker, sensor, sleepmode, dan berbagai pengaturan lainnya.

2. Cara Kalibrasi Layar Samsung dengan Display Setting

Bila ingin menjalankan proses kalibrasi layar Samsung yang lebih mudah, maka Anda bisa memanfaatkan tombol atau menu Display Setting.

Proses ini akan dilakukan dengan memanfaatkan menu pengaturan bawaan yang sudah ada di HP Samsung Anda.

Untuk cara kalibrasi layar Samsung dengan Display Setting yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan pergi ke Display Setting.
  • Kemudian Muat ulang kalibrasi HP Samsung Anda pada display setting dengan cara menekan tombol Horizontal Calibration lalu atur sebagai alternatif.
Hal yang perlu diperhatikan bila menggunakan cara ini adalah disarankan untuk mengaktifkan menu Auto-rotation.

3. Cara Kalibrasi Layar Samsung Menggunakan Aplikasi Touchscreen Calibration

Bila ingin menjalankan proses kalibrasi layar Samsung, salah satu aplikasi recomended yang bisa digunakan bernama Touchscreen Calibration.

Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan kalibrasi layar HP Android dengan mudah karena akan memandu Anda untuk melakukan kalibrasinya.

Untuk cara kalibrasi layar Samsung menggunakan aplikasi Touchscreen Calibration yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, download dan install Aplikasi Touchscreen Calibration di Google Play atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Touchscreen Calibration).
  • Jika proses download sudah selesai, maka aplikasi secara otomatis akan terpasang di HP Android Anda.
  • Bila aplikasi sudah terpasang, Anda bisa buka aplikasi touchscreen calibration di HP Android Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa mulai melakukan kalibrasi layar sentuh dengan cara memencet tombol Calibrate berwarna biru dan aplikasi ini akan memandu Anda untuk melakukan setiap tahapannya.
  • Ada beberapa proses kalibrasi yang harus dilakukan diantaranya ketukan tunggal, ganda, sentuhan lama, geser, zoom, dan lainnya.
  • Nantinya akan muncul sebuah notifikasi dialog yang menjelaskan bahwa kalibrasi berhasil dilakukan dan HP harus direstart, setelah proses kalibrasi yang dilakukan selesai kemudian, pilih OK.
  • Selesai.

4. Cara Kalibrasi Layar Samsung Menggunakan Aplikasi Screen Repair and Calibrator

Aplikasi kedua yang bisa digunakan untuk melakukan kalibrasi layar sentuh di HP Android adalah menggunakan aplikasi Screen Repair and Calibrator.

Dengan aplikasi ini, maka Anda bisa meningkatkan performa layar HP Android setelah proses kalibrasi berhasil dilakukan.

Untuk cara kalibrasi layar Samsung menggunakan aplikasi Screen Repair and Calibrator yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install aplikasi Screen Repair and Calibrator di HP Android melalui link berikut ini (Download Aplikasi Screen Repair and Calibrator).
  • Nama dari aplikasi ini akan berubah menjadi TouchScreen Repair, setelah proses install selesai dilakukan.
  • Selanjutnya buka aplikasinya dan Anda bisa mulai melakukan proses kalibrasi layar sentuh dengan memilih tombol Start berwarna biru.
  • Proses kalibrasi layar sentuh akan dimulai dan akan ada 3 stage yang harus Anda lalui untuk melakukan proses kalibrasi ini, yakni Anda hanya perlu tap setiap kotak yang tersedia.
  • Jika sudah selesai, maka akan muncul notifikasi dialog yang menjelaskan bahwa proses kalibrasi sudah selesai, kemudian pilih OK.
  • Setelah itu, restart HP Android Anda untuk menerapkan hasilnya.

5. Cara Kalibrasi Layar Samsung Menggunakan Aplikasi Swiftkey Keyboard

Metode kalibrasi yang bisa digunakan untuk memperbaiki touchscreen selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang bernama Swiftkey Keyboard.

Cara ini merupakan alternatif bagi Anda yang tidak ingin menggunakan menu atau fitur yang ada di HP Samsung seperti display setting.

Untuk cara kalibrasi layar Samsung menggunakan aplikasi Swiftkey Keyboard yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan unduh aplikasinya melalui link berikut ini (Download Aplikasi Swiftkey Keyboard).
  • Setelah aplikasi tersebut terinstal, buka aplikasinya dan Anda bisa mengatur kalibrasinya di aplikasi tersebut dengan memilih menu Touch Input.

6. Cara Tes Responsif dan Keakuratan Layar Sentuh

Jika cara kalibrasi layar Samsung sudah diketahui, maka Anda juga perlu mengetahui cara tes resposif dan keakuratan layar sentuh.

Karena sebagian HP Android terbaru saat ini telah dilengkapi dengan fitur bawaan yang bisa digunakan untuk melakukan tes layar sentuh HP Android.

Tetapi, karena caranya yang terbilang unik yaitu dengan memasukkan kode rahasia sehingga tidak semua orang mengetahui cara ini.

Kode-kode di atas bisa Anda gunakan untuk melakukan tes kalibrasi layar, sayangnya kode ini hanya bisa digunakan oleh HP Android tertentu saja seperti HP Samsung dan Xiaomi, guys.

Untuk HP Samsung Anda bisa gunakan kode yang pertama atau kedua dan untuk HP Xiaomi bisa gunakan kode yang terakhir.

Caranya, Anda hanya perlu mengetikkan salah satu kode di atas pada dial call dan secara otomatis Anda akan dialihkan ke aplikasi bernama HwModuleTest.

Aplikasi ini mempunyai beberapa tes yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan tes apakah layar sentuh HP Android masih berjalan secara normal.

Sedangkan tes yang diberikan seputar warna RGB, dimming, touch dan masih ada lagi.

Demikian beberapa cara kalibrasi layar Samsung yang bisa dilakukan untuk melakukan kalibrasi layar sentuh di HP Android.

Proses kalibrasi yang dilakukan berfungsi untuk memperbaiki kondisi layar yang sudah lemot, sehingga performanya bisa kembali baik.

Anda perlu mencoba melakukan kalibrasi seperti cara di atas jika terjadi permasalahan pada baterai layar HP Samsung Anda sebelum dibawa ke service center.