Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah 2024

Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cara cek kartu KIS dari pemerintah
bisa masyarakat lakukan secara mandiri, pengecekkan kartu KIS secara bertahap bertujuan untuk mengetahui keaktifan kepesertaan program pemerintah.

Dalam bidang kesehatan, sebab KIS sendiri adalah salah satu program bantuan dari pemerintah untuk menjamin kesehatan rakyatnya dengan menyediakan layanan berobat secara gratis.

Maka tiap masyarakat kurang mampu juga akan mendapatkan layanan pengobatan secara merata, untuk informasi lebih lanjut cara cek kartu KIS dari pemerintah simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Menggunakan Aplikasi Mobile JKN

Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Menggunakan Aplikasi Mobile JKN
Untuk melakukan pengecekkan kartu KIS ini bisa dilakukan melalui aplikasi Mobile JKN, menelpon pusat panggilan BPJS Kesehatan, mengirim pesan melalui SMS dan Gateway.

Bahkan bisa juga mengunjungi langsung kantor BPJS Kesehatan, pasalnya melalui keempat metode tersebut anda bisa memperoleh informasi terkait kepemilikan kartu KIS dari pemerintah.

Selanjutnya kami akan memberikan informasi cara melakukan pengecekkan kartu Indonesia Sehat Aktif atau tidak secara online hanya melalui ponsel dan offline.

Untuk cara online ini anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi JKN buat melakukan pengecekkan kartu Indonesia Sehat (KIS) dibawah ini.

Cara cek kartu KIS dari pemerintah menggunakan aplikasi Mobile JKN yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu di Google Play Store atau App Store bisa juga silahkan melalui link berikut ini (Download Aplikasi Mobile JKN).
  • Bila belum pernah mendaftar sama sekali langsung saja pilih opsi menu "Register" sehingga akan ada form pendaftaran yang perlu diisi dengan nomor kartu KIS meliputi Nomor KTP, Tanggal Lahir, Nama Depan dari Ibu Kandung, Email, Nomor Telepon/Handphone dan Kata Sandi. Lalu anda pilih opsi "Register" dan lakukan verifikasi dengan menggunakan kode angka unik yang akan dikirimkan ke dalam email anda.
  • Setelah selesai melakukan register, maka anda lakukan login dengan memasukkan nomor kartu KIS atau alamat email yang sudah didaftarkan sebelumnya. Kemudian anda masukkan saja kata sandi atau password dan captcha.
  • Nanti dihalaman utama aplikasi, silahkan klik menu "Peserta" jika sudah akan muncul kartu digital yang berisikan informasi nomor peserta dan bisa melakukan pengecekan kartu KIS aktif atau tidak.


2. Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Melalui Call Center

Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Melalui Call Center
Cara selanjutnya untuk melakukan pengecekkan KIS melalui pusat pelayanan atau call center, dikarenakan cara satu ini bukanlah layanan bebas pulsa.

Oleh sebab itu, anda harus memastikan memiliki cukup saldo pulsa untuk melakukan panggilan telepon ke call center.

Cara cek kartu KIS dari pemerintah melalui call center yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus dilakukan yakni anda bisa menelpon ke dalam nomor 1500400 atau 165.
  • Lalu anda sampaikan maksud atau tujuan anda untuk menanyakan keaktifkan kartu KIS.
  • Jika sudah sebutkan saja nomor NIK, nomor KIS, nama lengkap dan tanggal lahir supaya keperluanmu segera diproses.
  • Silahkan anda tunggu beberapa saat dikarenakan petugas akan memberi tahu keaktifan kepesertaannya.


3. Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Melalui SMS Gateway

Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Melalui SMS Gateway
Anda dapat melakukan pengecekkan status kepesertaan Kartu Indonesia Sehat anda dengan mengirimkan SMS ke dalam nomor BPJS Kesehatan di 08777-5500-400.

Jika sudah, anda tinggal menunggu SMS balasan dari BPJS untuk lebih jelasnya sebaiknya simak ulasan dibawah ini.

Cara cek kartu KIS dari pemerintah melalui SMS gateway yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu NIK (spasi) Nomor Kependudukan.
  • NOKA (spasi) Nomor Kartu Indonesia Sehat.


4. Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Melalui Media Sosial

Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah Melalui Media Sosial
Selain itu ketiga cara cek kartu KIS dari pemerintah tersebut, anda juga dapat menghubungi media sosial KIS diantaranya Facebook Messenger di Facebook:

BPJSKesehatanRI, aplikasi pesan Telegram pada @Chika_BPJSKesehatan_bot pasalnya anda akan langsung terhubung dengan bot chat CHIKA.


5. Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah dengan Mendatangi Kantor BPJS Kesehatan

Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah
Cara Cek Kartu KIS dari Pemerintah dengan Mendatangi Kantor BPJS Kesehatan
Jika anda sudah tahu keempat cara cek kartu KIS dari pemerintah diatas yang bisa diakses melalui ponsel, selain itu masyarakat juga dapat mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.

Untuk melakukan pengecekan kepesertaan KIS, anda juga dapat menanyakan langsung pertanyaan lain secara detail kepada petugas.


Apa itu KIS?

Setelah mengetahui cara cek kartu KIS dari pemerintah, nah kali ini kami akan menjelaskan KIS adalah upgrade salah satu layanan pengobatan gratis yang diberikan oleh BPJS Kesehatan.

Untuk kepemilikan Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kelas 3 yang bisa digunakan pada setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut.

Sejak tahun 2014 lalu tujuan dari Presiden Joko Widodo membuat program layanan kesehatan ini supaya bisa melindungi dan melayani seluruh keluarga pra-sejahtera yang diperuntukan.

Buat keluarga yang tidak mampu, pemegang KIS akan memperoleh pelayanan kesehatan di puskesmas, klinik dan rumah sakit rekanan JKN tanpa harus membuat surat rujukan dari fakses pertama.

Seperti pengguna BPJS, nah perbedaan KIS dan BPJS Kesehatan dapat dilihat dari biaya iuran yang dikeluarkan sedangkan KIS ini adalah sebuah layanan jaminan kesehatan yang dikhususkan.

Bagi masyarakat yang kurang mampu dan tidak sama sekali dipungut iuran per bulannya yang diberikan oleh pemerintah secara gratis.

Sementara para peserta BPJS Kesehatan diwajibkan untuk melakukan pembayaran iuran setiap bulan disesuaikan dengan kelasnya yakni kelas 1,2 dan 3 demu mendapatkan layanan kesehatan.

Yang dibutuhkan, bisa disimpulkan bahwa berobat menggunakan KIS bebas biaya iuran bulanan atau memperoleh pengobatan secara gratis.

Bahkan peserta bisa memperoleh layanan kesehatan langsung dari puskesmas, rumah sakit maupun klinik yang bekerja sama dengan pihak JKN tersebut.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek kartu KIS dari pemerintah yang sudah kami sampaikan diatas untuk anda gunakan dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan baik itu secara online atau offline tinggal pilih salah satu menurutnya mudah dilakukan untuk mengetahui kartu KIS dari pemerintah.

Jika informasi menurutnya sangatlah berguna dan bermanfaat, langsung saja bagikan link artikel ini ke media sosial yang dimiliki seperti Facebook, Instagram dan lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel