Cara Cek Data Lengkap Siswa

Daftar Isi
Cara Cek Data Lengkap Siswa
Cara cek data lengkap siswa
di web Kemdikbud sangatlah mudah dilakukan, anda hanya perlu memasukkan beberapa data didalamnya.

Pasalnya Kemdikbud akan memberikan akses untuk masyarakat Indonesia supaya dapat mengetahui cara melakukan pengecekkan data lengkap siswa yang terdaftar melalui website mereka.

Hal ini memungkinkan kita bisa mengindentifikasi siswa diseluruh sekolah secara standar, konsisten dan berkesinambungan dengan melakukan pengecekkan data siswa melalui laman Kemdikbud.

Oleh sebab itu untuk memastikan data yang dimasukkan sudah benar atau tidak, dikarenakan berhubungan dengan ijazah nantinya maka dari itu wajib untuk masyarakat tahu.

Apa lagi yang berkecimpungan didunia pendidikan cek data lengkap siswa, simak saja langsung bagaimana cara cek data lengkap siswa sebagai berikut.


1. Cara Cek Data Lengkap Siswa di Situs Kemdikbud

Cara Cek Data Lengkap Siswa
Cara Cek Data Lengkap Siswa di Situs Kemdikbud
Bila data yang anda pegang merupakan data NISN siswa, sehingga cara melakukan pengecekkan data siswa lengkap di web Kemdikbud.

Cara cek data lengkap siswa di situs Kemdikbud yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka browser anda atau melalui link berikut ini (nisn.data.kemdikbud.go.id) sehingga anda akan dibawa masuk ke dalam web Kemdikbud halaman untuk mengecek data lengkap para siswa melalui NISN.
  • Selanjutnya isi kolom yang muncl yakni NISN dan Nama Ibu Kandung, namun pastikan data yang anda isi sudah benar akan tetapi jangan sampai lupa untuk centang bagian "Saya Bukan Robot".
  • Pada tahap ini tinggal klik tombol Cari Data jika sudah, maka anda akan memperoleh data lengkap siswa yang dibutuhkan.


2. Cara Cek Data Lengkap Siswa dengan Mengisi Data Diri

Cara Cek Data Lengkap Siswa
Cara Cek Data Lengkap Siswa dengan Mengisi Data Diri
Bila anda tidak mempunyai data NISN, maka anda dapat menggunakan cara alternatif lebih mudah dari cara diatas.

Cara cek data lengkap siswa dengan mengisi data diri yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan kunjungi melalui link berikut ini (nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama).
  • Jika sudah masukkan saja data-data diantaranya Nama Lengkap, Tempat lahir, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung. Silahkan centang pada bagian "Saya Bukan Robot" lalu klik tombol "Cari Data".
  • Bila sudah selesai, maka data lengkap siswa akan muncul pada layar perangkatnya.
  • Pasalnya setiap siswa di Indonesia pastinya akan memperoleh NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yakni sebuah kode pengenalan identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku sepanjang masa.
  • Namun untuk membedakan setiap siswa di Indonesia dilansir dari laman Kemdikbud data para siswa yang dapat anda temukan di web Kemdikbud seperti penjelasan kami diatas.
  • Yang dimana mempunyai berbagai macam fungsi, contohnya saja ialah untuk melakukan pendataan Operasional Sekolah (BOS) dan pendaftaran SNMPTN.
  • Oleh sebab itu pastikan bila data yang tertulis didalam web Kemdikbud sudah benar dan sesuai termasuk dengan Akta Kelahiran.
  • Jika anda menemui kekeliruan data didalamnya, langsung saja laporkan ke operator sekolah dan pihak operator akan segera menghubungi pihak Kemdikbud tersebut.


3. Cara Cek Data Lengkap Siswa Melalui Web Browser

Cara Cek Data Lengkap Siswa
Cara Cek Data Lengkap Siswa Melalui Web Browser
Cara cek data lengkap siswa selanjutnya yaitu melalui web browser, biasanya web browser sudah menjadi partner setia semua orang yang tidak pernah lepas dari penggunaan internet.

Silahkan gunakan aplikasi pencari internet diantaranya Opera Mini, Google Chrome, Mozilla, Firefox, safari, UC Browser hingga internet Explorer disesuaikan kebutuhannya.

Bila anda menggunakan Smartphone atau table, sehingga anda dapat menerapkan posisi layar secara landscape hal seperti disebabkan kinerjanya mampu bekerja secara optimal dan stabil.


4. Cara Cek Data Lengkap Siswa dengan Ketentuan yang Berlaku

Cara Cek Data Lengkap Siswa
Cara Cek Data Lengkap Siswa dengan Ketentuan yang Berlaku
Cara cek data lengkap siswa dengan ketentuan yang berlaku yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama pastikan nama siswa sudah sesuai dengan ejaan yang tercantum di akta lahir.
  • Namun disesuaikan tempat dan tanggal lahir berdasarkan akta kelahiran.
  • Akan tetapi perhatikan tiga digit pertama angka NISN disesuaikan tahun lahir siswa.
  • Jika terjadi kesalahan atau data tidak sesuai, langsung saja laporkan kepada pihak sekolah untuk segera memperbaiki oleh Dapodik.


5. Cara Cek Data Lengkap Siswa Via Search Engine

Cara Cek Data Lengkap Siswa
Cara Cek Data Lengkap Siswa Via Search Engine
Pertama-tama anda harus memastikan menggunakan web browser untuk menjelajahi internet, agar dapat mengakses website resmi Kemendikbud.

Tidak itu saja anda juga dapat memakai mesin pencarian diantaranya Google, Yahoo Search, Bing, MSN dan lainnya disesuaikan dengan pilihan anda.

Cara cek data lengkap siswa selanjutnya yaitu dengan cara memasukkan kata kunci seperti "Portal NISN Kemendikbud Republik Indonesia" dan silahkan tekan atau cari.

Lalu anda tunggu beberapa saat lagi dan silahkan periksa semua data dirimu yang sudah ditampilan apakah sudah sesuai atau belum.


Apa Tujuan dan Manfaat NISN?

Jika anda sudah tahu cara cek data lengkap siswa, nah sekarang apa tujuan dan manfaat NISN? Secara umum bahwa NISN ini memiliki manfaat ataupun tujuan yang belum diketahui banyak orang.

NISN ini berkerja sebagai pendeteksi terhadap setiap siswa disemua sekolah yang ada ditanah air secara konsisten dan berjangka panjang.

Tidak itu saja NISN ini berperang sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online untuk bagian kerja tertentu di Kemendikbud ataupun Kemendiknas.

Baik sekolah ataupun Dinas Pendidikan Daerah bahkan bersifat akuntabel dan juga terpadu disesuaikan dengan perkembangan informasi sekarang ini.

Bahkan NISN ini juga bekerja sebagai sistem pendukung terhadap program Dapodik untuk mengembangkan program perencanaan pendidikan.

Dimana saja di tingkat pusat hingga kota/kabupaten yaitu BOS (Bantuan Operasional Sekolah), ujian sekolah, pangkalan data dan informasi pendidikan sampai beasiswa.

Selain itu sistem informasi manajemen sekolah yang melibatkan guru, staff dan kepala sekolah juga tidak lepas dari peran NISN tersebut.

Oleh sebab itu, pemeriksaannya perlu dilakukan berulang kali agar mencegah kesalahan pada saat pendataan berlangsung.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek data lengkap siswa yang sudah kami sampaikan diatas untuk anda menggunakan dalam mengecek data lengkap siswa.

Tidak itu saja anda harus paham perang penting NISN ini, anda harus mencermati cara melakukan pengecekkan data secara lengkap siswa buat diri ataupun kerabat dekat melalui pembahasan ini.

Bahkan kita tidak dapat dipungkiri bahwa NISN ini bukanlah nomor sembarangan dan berperan penting terhadap elektabilitas setiap siswa untuk menempuh pendidikan lebih tinggi.