Cara Cek Coverage Apple 2022

Cara Cek Coverage Apple
Cara Cek Coverage Apple
sangatlah berguna ketika anda ingin membeli iPhone bekas atau mungkin iPhone anda mengalami kerusakan.

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni mengecek status coverage atau garansi iPhone yang dimiliki sebab garansi yang masih aktif akan sangat membantu bila terjadi apa-apa di iPhone.

Yang anda miliki untuk meminimalisir kekhawatiran akan keluar banyak uang, namun bila kasusnya membeli iPhone bekas dan status garansi masih aktif akan menjadi asurasi.

Namun jika iPhone tersebut ternyata digunakan dengan tidak baik-baik oleh pengguna pertama sampai menyebabkan kerusakan akan tetapi untungnya Apple menyediakan beberapa cara yang bisa dilakukan.

Untuk dapat mengecek status dukungan teknis lewat telepon dari Apple dan juga AppleCare, untuk lebih jelasnya langsung saja simak cara cek Coverage Apple sebagai berikut.


Cara Melihat Nomor Seri iPhone

Cara Cek Coverage Apple
Cara Melihat Nomor Seri iPhone
Sebelum menggunakan cara cek coverage Apple ini pastikan anda sudah mengetahui nomor seri yang ada di HP iPhone miliknya.

Cara melihat nomor seri di HP iPhone yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni buka Settings.
  • Setelah itu sentuh menu General.
  • Kemudian sentuh menu About.
  • Nantinya akan melihat nomor serinya dibagian Serial Number.
Jika sudah mendapatkan nomor seri dari iPhone ini sehingga disaat memasukkan nomornya di situs Apple dengan langkah selanjutnya.


Cara Cek Coverage Apple Lewat Website

Cara Cek Coverage Apple
Cara Cek Coverage Apple Lewat Website
Cara cek Coverage Apple lewat website yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka halaman web melalui link berikut ini (checkcoverage.apple.com).
  • Setelah itu masukkan nomor seri yang didapatkan sebelumnya ke dalam kotak Enter Your Serial Number.
  • Lalu anda masukkan kode captcha.
  • Selanjutnya klik tombol Continue.
  • Selesai.
Bukan hanya itu saja, ada cara yang lebih mudah lagi untuk melakukan pengecekkan status coverage iPhone yaitu dengan langsung dari menu Settings.


Cara Cek Coverage Apple Melalui Situs Resmi

Cara Cek Coverage Apple
Cara Cek Coverage Apple Melalui Situs Resmi
Cara cek coverage Apple melalui situs resmi yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu yang harus dilakukan yakni buka Settings.
  • Sentuh menu General setelah itu.
  • Lalu anda setuh kembali menu About.
  • Selanjutnya anda sentuh menu Limited Warranty.
  • Sehingga akan ditampilkan coverage yang masih aktif sekarang ini.
Gimana mudah bukan caranya? Pasalnya cara cek coverage iPhone melalui situs Apple ini lebih berguna ketika anda ingin melakukan pembelian iPhone bekas.

Sebab informasi yang diberikan lebih detail, akan tetapi cara cepat melalui menu setelan didalam iPhone cocok digunakan ketika sedang memegang Handphone seperti saat mengecek langsung kondisinya.


Cara Cek Garansi iPhone

Cara Cek Coverage Apple
Cara Cek Garansi iPhone
Jika anda sudah tahu cara cek coverage Apple ini, selanjutnya anda harus tahu cara melakukan pengecekkan garansi iPhone dengan mudah dan cepat.

Cara cek garansi iPhone yaitu sebagai berikut:


1. Menggunakan Kartu Garansi

Pada setiap kali melakukan pembelian suatu produk biasanya produk tersebut akan menyertakan garansi didalam jangka waktu tertentu tentu saja akan menyediakan kartu garansi.

Kartu garansi ini bisa menjadi tanda bukti kapan dan waktu pembelian, garansi dimulai dan sampai kapan batas garansi itu selesai.

Namun jika anda membeli iPhone di toko resminya bisa dipastikan akan mendapatkan kartu garansi, bila kartu tidak diberikan maka anda dapat mempertanyakan keaslian ponsel tersebut.

Atau sebaiknya ganti toko saja, bahkan anda juga diperbolehkan untuk mengecek keaslian iPhone ketika membeli second wajib memperhatikan untuk selalui menyesuaikan informasi di ponsel.

Itulah sebabnya cara cek Coverage Apple ini bisa digunakan untuk mengecek seperti IMEI, jenis iPhone, warna dan berbagai macam informasi lain yang ada didalam kartu.

Tetapi metode seperti ini tidak dapat digunakan jika pengguna lama sudah kehilangan kartu tersebut, maka mengharuskan untuk mengecek garansi iPhone yang lain guna memastikan keasliannya.


2. Menggunakan Settingan Bawaan

Pengaturan digunakan untuk mengatur ponsel secara keseluruhan, jadi jangan heran jika pengaturan di iPhone sedikit lebih rumit dibandingkan dengan ponsel Android.

Tidak itu saja pengaturan di iPhone juga mempunyai fungsi yang tidak terlalu penting, bahkan pengguna iPhone juga sangatlah dibatasi dalam berbagai macam hal dengan alasan keamanan.

Cara melakukan pengecekan garansi iPhone yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke menu Settings terlebih dahulu jika sudah masuk ke dalam menu General.
  • Setelah itu pilih About dan catat serial number yang ditampilkan.
  • Jika sudah silahkan buka halaman melalui link berikut ini (https://checkcoverage.apple.com/id/in/).
  • Masukkan serial number yang dicatat barusan.
  • Lalu anda masukkan kode negara lokasi iPhone di beli.
  • Kemudian anda masuk ke bagian menu Service and Repair.
  • Selanjutnya pilih bagian See your service and support coverage.
  • Jika sudah maka informasi garansi iPhone akan di tampilkan secara detail.
Catatan: Informasi yang ditampilkan oleh situs tadi sangatlah detail dan terperinci, disana anda akan mendapatkan informasi jenis iPhone, tanggal garansi, kapan dimulai, waktu pembelian, kapan garansi berakhir, IMEI dan lain sebagainya.


3. Informasi yang Muncul Saat Cek Apple Coverage

Jika anda sudah tahu cara cek coverage Apple ini, disana anda akan melihat layar menunjukkan setiap perangkat yang terkait dengan ID Apple tersebut.

Beserta catatan yang menyebutkan apakah perangkat tersebut saat ini dicakup oleh Applecare atau AppleCare+, tidak itu saja akan ada beberapa informasi yang muncul disaat melakukan cek coverage.

Ada beberapa informasi pada saat melakukan pengecekkan coverage Apple yaitu sebagai berikut:
  • Jenis perangkat : Biasanya dibagian ini untuk informasi apakah info garansi yang muncul sudah cocok dengan perangkat yang digunakan atau tidak.
  • Tanggal pembelian apakah valid atau tidak: Bila anda membeli produk iPhone second, sebaiknya tanyakan kepada penjual kapan HP tersebut dibeli demi kebutuhan garansi.
  • Sebab pihak Apple juga akan memberikan telepon gratis pada tech-support Apple ketika pertama kali membeli ponsel tersebut. Bila status yang tertera sudah melewati batas, namun jika menghubungi teknisi Apple akan dikenakan biaya per panggilan.
  • Paling penting ialah status garansi perangkat dan waktu pertanggungannya.
  • Status iPhone ini apakah memenuhi syarat untuk memperpanjang masa garansi lewat Apple Care atau tidak disesuaikan dengan kebijakan pihak Apple.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek coverage Apple yang bisa anda gunakan dalam melakukan pengecekan terhadap HP iPhone yang dimiliki.

Dengan adanya informasi ini memudahkan anda dalam melakukan pengecekkan nomor seri atau lain sebagainya pada saat ingin melakukan pembelian iPhone.

Jadi hal ini berguna untuk mengetahui informasi HP iPhone anda, jika informasi menurut anda berguna silahkan share ke media sosialnya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel