Cara Cas Aki

Daftar Isi
Cara Cas Aki
Cara cas aki
ini sangatlah mudah dilakukan, pasalnya aki dikendaraan termasuk jenis mobil sering kali membutuhkan pengisian ulang secara mandiri hal seperti ini dapat terjadi.

Dikarenakan beberapa hal mulai dari masalah di charging system, aki mobil tekor, mesin mobil sudah lama tidak dipanasi dan berbagai macam kendala lainnya.

Oleh sebab itu, supaya kondisi aki mobil dapat kembali ke keadaan semula perlu dilakukan charging yuk simak saja cara cas aki dengan benar sebagai berikut.


1. Cara Cas Aki dengan Melepaskan Aki dari Mobil

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Melepaskan Aki dari Mobil
Cara cas aki pertama yakni dengan melepaskan dan mengeluarkan aki dari dalam mesin mobil, sebab hal seperti ini diharuskan berhati-hati sebab beberapa jenis mobil tertentu memerlukan reset ECU.

Jika melepaskan aki sebelum melakukan charging bertujuan untuk menjaga keamanan pada saat proses mengecas berlangsung dikarenakan pada saat proses charging berlangsung biasanya air aki mobil.

Akan mendidih, maka dapat membuat gelembung air yang terciprat keluar dari vertilasi accu jika cipratan air ini mengenai bodi mobil sehingga dapat menyebabkannya korosi.

Tetapi bila air akumulator tersebut terkena permukaan kulit, biasanya akan menimbulkan rasa gatal oleh sebab itu kami sarankan untuk melepaskan aki ketika ingin dilakukan pengecasan.


2. Cara Cas Aki dengan Buka Tutup Aki

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Buka Tutup Aki
Jika melepaskannya dari mobil, cara cas aki yang bentul selanjutnya ialah dengan membuka tutup ventilasi di baterai mobile tersebut.

Hal seperti ini perlu dilakukan buat memeriksa ukuran air accu sebelum dicas, jika air yang ada didalamnya kurang sehingga anda dapat menambahkannya dengan air suling atau air aki.

Yang mempunyai kemasan botol biru, namun usahakan dalam penambahan ini tidak sampai penuh melainkan hanya mengisi air aki hingga menyisakan 1/3 dari batas minimal level ketinggian air accu.

Dikarenakan pada saat air akumulator tersebut dicas biasanya akan mengakibatkan elemen dan selnya mengembang, hal seperti ini akan mempengaruhi volume air tersebut secara keseluruhan.

Biasanya jika sudah dicas aki akan mempunyai level ketinggian yang sama dengan batas maksimun di bodi aki tidak itu saja pada saat aki di cas juga akan mendidih dan akan menciptakan tekanan.

Didalam tabung akumulator, oleh sebab itu dalam melakukan pengisian usahakan tidak terlalu penuh serta pastikan pula tutup ventilasi aki sudah terbuka dengan sempurna.

Namun bila penutup aki tetap terpasang, maka tekanan dan uap air yang terjadi saat pengisian daya akan terjebak didalamnya maka hal seperti ini memungkinkan akin yang di cas dapat meledak.


3. Cara Cas Aki dengan Pasang Kabel Charfer ke Aki

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Pasang Kabel Charfer ke Aki
Cara cas aki selanjutnya adalah dengan memasang kabel charger ke aki, pasalnya langkah ini dapat dilakukan jika sudah melepas tutup ventilasi dan selesai menambahkan air aki.

Dalam hal ini, pastikan pemasangan urutan kabel pengisian daya dengan benar setelah itu letak kabel positif terlebih dahulu dan disusul memang kabel negatif.

Tidak itu saja pastikan pula posisi jepitan dikabel charger yang ada di kutub aki sudah terpasang dengan kuat dan tepat sebab bila pemasangan jepit ini kurang kuat dan mudah bergerak.

Kemungkinan akan menimbulkan percikan api, oleh sebab itu untuk menghindari hal yang berbahaya sebelum melakukan pengecasan perhatikan lebih dahulu posisi jepitan kabel charger tersebut.


4. Cara Cas Aki dengan Menghidupkan Charger dan Atur Saklar ke Posisi yang Tepat

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Menghidupkan Charger dan Atur Saklar ke Posisi yang Tepat
Jika kabel pengisian daya sudah terpasang dengan kuat dan benar, selanjutnya anda hidupkan alat charger accu tersebut.

Lalu anda atur saklar pengisian daya ke posisi yang tepat, biasanya di alat charger aki yang khusus ada dibengkel mobil tidak hanya mempunyai tombol on dan off saja.

Akan tetapi biasanya ada juga tiga saklar pengaturan untuk mengisi daya baterai mobil tersebut, sebab diantara saklar ini ialah pengatur arus pengisian, pengaturan tegangan dan pengaturan waktu isi daya.

Pasalnya disetiap alat pengisian aki ini mempunyai pengaturan yang berbeda-beda satu sama lainnya, sehingga didalam hal ini ada baiknya mengikuti panduan penggunaan alat pengisian yang ada.

Dibuku petunjuk, hal seperti ini penting dilakukan untuk menghindari kesalahan pada saat pengisian dan sebagai salah satu cara cas aki dengan benar.


5. Cara Cas Aki dengan Menunggu Sampai Proses Pengisian Aki Selesai

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Menunggu Sampai Proses Pengisian Aki Selesai
Bila semua proses persiapan untuk melakukan pengisian aki sudah dilakukan dengan benar, silahkan anda tunggu sampai proses charging accu selesai.

Umumnya waktu yang dibutuhkan melakukan pengisian aki ada berbagai macam, sebab hal seperti ini tergantung kapasitas dan pengaturan alat cas aki.

Seperti penjelasan cara cas aki sebelumnya, didalam melakukan pengecasan aki anda dapat menentukan pengendaliannya seperti slow ataupun fast charging.

Biasanya, bila menggunakan mode pengisian lambat maka arus maksimal yang dipakai hanya 10% dan waktu yang akan dibutuhkan untuk melakukan pengisian sampai penuh sekitar 7 jam.

Sementara untuk mode fast charging, biasanya akan memerlukan waktu sekitar 3 jam saja pasalnya menggunakan arus maksimal yang lebih besar yakni sampa 40%.

Akan tetapi perlu dingatkan, bila waktu pengisian aki mobil ini tergantung dari kapasitas aki tersebut yang dimiliki.


6. Cara Cas Aki dengan Matikan Alat Charger dan Lepas Kabelnya

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Matikan Alat Charger dan Lepas Kabelnya
Jika proses pengisian air aki ini selesai dilakukan, sehingga cara cas aki yang benar selanjutnya ialah dengan melepaskan alat charging dari badan akumulator.

Namun sebelum melepaskan kabel yang tersambung di kutub aki, sebaiknya matikan saja terlebih dahulu saklar charger lalu dilanjutkan dengan mencabut stop kontak alat pengisi daya dari arus listrik.

Hal seperti ini penting dilakukan untuk bisa menghindari munculnya percikan api, dengan begitu anda akan terhindari dari munculnya percikan api.


7. Cara Cas Aki dengan Memasang Tutup Aki Kembali

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Memasang Tutup Aki Kembali
Ketika anda sudah selesai melakukan pengisian di aki dan sudah melepaskan semua kabel dari alat charging, selanjutnya cara cas aki yaitu dengan memasang kembali tutup ventilasi air akumulator.

Pasalnya dalam hal ini usahakan penutup terpasang dengan kuat dan sempurna, tidak itu saja jangan sampai lupa untuk membersihkan sisa air aki yang ada disekitar lubang dan tutup ventilasi.

Untuk penutupan ini dilakukan dengan hati-hati dan perlahan, namun usahakan pula cairan aki tidak sampai tumpah jika sampai air tersebut mengenai mobil bisa menyebabkan korosi.

Jika smapai tertumpah di kulit, biasanya akan menimbulkan rasa gatal dibagian tubuh yang terkena dan itulah salah satu alasan mengapa harus membersihkan sekitar lubang dan menutupnya dengan hati-hati.


8. Cara Cas Aki dengan Memasang Aki ke Mobil

Cara Cas Aki
Cara Cas Aki dengan Memasang Aki ke Mobil
Cara cas aki terakhir yakni dengan memasang kembali aki tersebut ke tempat dan posisi semula, pada saat pemasangan ini diharuskan memperhatikan urutan yang benar.

Pertama-tama pasangkan terminal positif lalu dengan memasang kutub negatif, akan tetapi sebelum memasangkan dan mengecangkan terminal positif dan negatif.

Ada hal yang harus dilakukan diantaranya yaitu meletakkan dan pasang aki tepat diposisinya, dalam hal ini pastikan aki yang akan dipasang sesuai dengan ukuran.

Baik itu tegangan, ampere hour dan letak terminalnya lalu pasang dan kencangkan besi penyanggah aki tersebut kembali.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cas aki dengan aman yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan jika ingin mengecas aki tersebut.

Jika anda mengikuti sesuai dengan tahapan yang kami sampaikan, sehingga resiko kerusakan ataupun bahaya yang mungkin saja ditimbulkan selama proses pengisian akan sedikit berkurang.

Dikarenakan bila terjadi kesalahan sekecil apapun itu biasanya akan memicu munculnya percikan api bahkan sampai menimbulkan ledakan besar.