Cara Berhenti Ngomong Kasar 2024

Daftar Isi
Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara berhenti ngomong kasar
dapat anda lakukan dengan beberapa tips yang akan kami jelaskan pada artikel ini.

Ngomong kasar merupakan kebiasaan yang mudah dilakukan, akan tetapi sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Karena hal tersebut sudah menjadi kebiasaan anda, tanpa anda sadari juga bahwa baru saja anda sedang ngomong kasar.

Namun jika anda benar-benar sadar bahwa ngomong kasar merupakan hal yang sangat buruk, dan anda berniat untuk tidak ingin mengeluarkan omongan yang kasar lagi.

Maka anda pasti bisa menghilangkan sifat buruk tersebut, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips untuk cara berhenti ngomong kasar.


1. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Mencari Teman yang Bisa Membantu

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Mencari Teman yang Bisa Membantu
Yang pertama untuk cara berhenti ngomong kasar yaitu anda bisa dengan mencari teman yang dapat anda percaya.

Kemudian anda bisa menceritakan masalah atau kesulitan anda kepada teman tersebut, dengan begitu sedikit tidak akan meringankan beban pikiran anda.

Jika anda memiliki teman yang bisa membantu, maka niat anda untuk berhenti ngomong kasar akan menjadi lebih mudah.

Anda juga bisa dengan mencari teman yang memiliki kebiasaan yang sama yaitu berkata kasar, dan silahkan anda mencoba untuk saling mengingatkan ketika ngomong kasar.

Jika dengan cara tersebut merasa kurang pas untuk merubah diri anda, maka anda bisa mencari teman yang tidak pernah ngomong kasar untuk mengingatkan dan menghentikan anda saat ngomong kasar.

Dengan anda mendapatkan pengawasan dan peringatan dari orang lain saat anda ngomong kasar, maka secara perlahan akan membuat anda sadar dan berhenti ngomong kasar.


2. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menghindari Apa yang Menjadi Pemicu Anda

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menghindari Apa yang Menjadi Pemicu Anda
Yang kedua untuk cara berhenti ngomong kasar yaitu dengan menghindari apa yang membuat anda ngomong kasar tersebut.

Semua orang memiliki hal yang menjadi pemicu untuk ngomong kasar, misalnya seperti karena macet, menunggu antrian, atau mungkin karena kalah atau mati dalam suatu permainan game.

Apabil anda mengetahui apa yang menjadi pemicu anda ngomong kasar, maka anda bisa mencari cara untuk menghindari dari pemicu tersebut.

Yaitu anda bisa menjauhi dari segala situasi yang bisa memicu emosi negatif tersebut, jadi secara tidak langsung anda bisa mengendalikan ucapan anda dengan lebih mudah.


3. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menghindari Media atau Konten yang Mengandung Kata-kata Kasar

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menghindari Media atau Konten yang Mengandung Kata-kata Kasar
Yang ketiga untuk cara berhenti ngomong kasar adalah dengan menghindari media atau konten yang mengandung kata-kata kasar.

Banyak sekali kebiasaan yang bisa membuat anda ngomong kasar, terutama pada remaja, hal tersebut karena pengaruh konten publik seperti musik, film, atau TV.

Apabila anda termasuk orang yang sering ngomong kasar karena pengaruh penyanyi rap favorit anda, maka sadarlah anda, karena mereka sendiri juga tidak menggunakan kata-kata itu di dunia nyata.

Apabila anda orang yang mudah terpengaruh, maka silahkan anda mengganti musik yang anda dengarkan, atau mencari lagu rap favorit anda yang sudah disensor.


4. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Membayangkan Orang yang Anda Sayangi atau Takuti Ada di Dekat Anda

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Membayangkan Orang yang Anda Sayangi atau Takuti Ada di Dekat Anda
Selanjutnya untuk cara berhenti ngomong kasar yaitu membayangkan bahwa seorang akan mendengar ucapan anda setiap kali anda berniat ngomong kasar.

Seseorang tersebut bisa siapa saja yang anda takuti atau yang anda sayangi seperti nenek, bos di kantor, atau anggota keluarga yang masih kecil dan polos.

Setiap kali anda berniat ngomong kasar, silahkan anda bayangkan orang tersebut berdiri di samping anda dan ekspresinya yang akan terkejut, sedih, atau takut saat anda ngomong kasar.


5. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menggunakan Kata Lain sebagai Pengganti Kata Kasar

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menggunakan Kata Lain sebagai Pengganti Kata Kasar
Berikutnya untuk cara berhenti ngomong kasar, anda bisa dengan menggunakan kata lain sebagai pengganti kata kasar tersebut.

Jika anda mengidentifikasi kebiasaan ngomong kasar, maka anda bisa mulai menghilangkan kebiasaan ini dari percakapan anda sehari-hari.

Anda mungkin sering menggunakan kata kasar hanya sebagai kata tambahan yang tidak penting, tidak hanya untuk mengekspresikan kemarahan .

Akan tetapi, daripada anda menggunakan kata kasar, maka anda bisa menggantinya dengan kata lain yang tidak kasar dan menyinggung perasaan.

Untuk melakukannya anda bisa mengubah kata-kata kasar dengan kata lain yang memiliki huruf awal yang sama.

Pertama-tama mungkin anda akan merasa aneh mengucapkannya, namun lama kelamaan anda akan terbiasa., sehingga anda bisa menghilangkah kebiasaan anda ngomong kasar tersebut.


6. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Berpikir Positif

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Berpikir Positif
Hal yang penting untuk anda lakukan juga untuk cara berhenti ngomong kasar yaitu anda berpikir positif.

Karena orang biasanya lebih sering ngomong kasar saat mengeluh dengan suatu hal, berada dalam mood yang jelek, atau memang sering berpikir negatif.

Dengan berpikir positif, maka anda bisa menghilangkan alasan untuk ngomong kasar itu sendiri, walaupun memang untuk belajar berpikir positif tidaklah mudah.

Namun tidak ada salahnya untuk anda mencobanya, misalnya saat anda dalam keadaan emosi maka silahkan anda menarik nafas dalam-dalam.

Dengan membawa segala situasi ke sudut pandang yang lebih positif bisa membantu anda untuk tenang dan menghindari emosi negatif.

Selain itu, berpikir positiflah bahwa anda bisa untuk berhenti ngomong kasar, karena apabila anda pesimis dan merasa bahwa kebiasaan anda tidak akan hilang, maka kebiasaan itu tidak akan hilang.

Perlu anda ketahui bahwa orang lain bisa melakukan hal yang lebih sulit seperti berhenti merokok atau menurunkan puluhan kilo berat badannya.

Dan untuk berhenti ngomong kasar juga bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, karena dengan berhenti ngomong kasar akan membuat hidup anda lebih baik juga.


7. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Bersabar pada Diri Sendiri

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Bersabar pada Diri Sendiri
Untuk cara berhenti ngomong kasar membutuhkan kesabaran pada diri sendriri, ngomong kasar mungkin merupakan kebiasaan anda selama bertahun-tahun dan dilakukan setiap hari.

Maka untuk menghilangkannya juga tidak bisa dilakukan dalam semalam, membutuhkan waktu yang panjang, namun anda harus melakukan hal tersebut.

Silahkan anda dengan penuh kesabaran untuk menghilangkan kebiasaan tersebut, silahkan anda membayangkan bagaimana rasanya jika kebiasaan ngomong kasar ini hilang.

Dengan anda berhenti ngomong kasar, mungkin akan mememberikan kesan yang bagus di tempat kerja, dan tidak memberi contoh yang buruk pada anak anda.

Jangan mudah menyerah untuk berubah menjadi yang lebih baik, anda harus selalu berusaha dan yakin bahwa anda bisa melakukan apa yang benar-benar anda inginkan dengan cara penuh kesabaran.


8. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Meyakinkan Diri Sendiri Bahwa Ngomong Kasar Adalah Hal Buruk

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Meyakinkan Diri Sendiri Bahwa Ngomong Kasar Adalah Hal Buruk
Selain itu anda bisa melakukan cara berhenti ngomong kasar dengan meyakinkan diri sendiri bahwa ngomong kasar adalah hal yang buruk.

Orang biasanya mengeluarkan kata kasar disaat mengekspresikan amarah, memberi penekanan pada sebuah hal, atau sebagai lelucon.

Namun apapun alasan, jangan anda melakukannya karena merupakan hal yang buruk, dengan begitu anda bisa saja terlihat bodoh atau tidak terdidik.

Selain itu ngomong kasar dapat menyinggung orang lain, dan bisa juga membuat orang lain tidak menghargai anda.


9. Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menyadari Kebiasaan Ngomong Kasar Anda

Cara Berhenti Ngomong Kasar
Cara Berhenti Ngomong Kasar dengan Menyadari Kebiasaan Ngomong Kasar Anda
Yang terakhir untuk cara berhenti ngomong kasar yaitu silahkan anda sadari dengan kebiasaan ngomong kasar anda.

Mengucapkan kata kasar sekali kapanpun mungkin tidak masalah, tetapi alangkah lebih baiknya anda jangan sampai ngomong kasar.

Dan lebih parah lagi jika ngomong kasar anda jadikan sebagai kebiasaa, maka hal ini harus anda hilangkan.

Hal yang harus anda lakukan untuk menghilangkah kebiasaan ngomong kasar tersebut ialah anda harus sadar dan kenal akan kebiasaan itu sendiri.

Kepada siapa saja anda ngomong kasar? Omongan kasar apa yang sering anda ucapkan? Ketahui alasan dari kata-kata anda dan fungsi dari kata itu sendiri pada kalimat yang anda ucapkan.

Apabila anda sadar dan mengenalinya, maka anda mungkin akan kaget dengan kebiasaan buruk tersebut.

Sehingga anda akan menyadari bahwa ngomong kasar itu tidak enak untuk didengar dan akan menimbulkan kesan yang buruk.


Akhir Kata

Demikian yang dapat kami sampaikan pada artikel ini mengenai cara berhenti ngomong kasar, silahkan anda menjadi contoh yang baik untuk anak-anak.

Disaat anda sedang emosi, silahkan anda mengenadalikan emosi anda untuk jangan sampai ngomong kasar, karena hal tersebut adalah suatu yang buruk.

Semoga dengan ulasan artikel kali ini mengenai cara agar berhenti ngomong kasar berguna untuk anda semua.