Cara Belanja di Alibaba 2024

Daftar Isi
Cara Belanja di Alibaba
Cara belanja di Alibaba
sangatlah mudah dilakukan lho, Alibaba adalah layanan e-commerce yang sudah didirikan oleh Jack Ma orang terkaya kelima di China Melansir dari laman Forbes.

Kekayaan dari Jack Ma sudah mencapai USD 41.4 miliar atau setara dengan Rp 588 triliun (kurs Rp 14.193) apa lagi kebanyakan dari penjual yang terdapat di Alibaba adalah penjual berskala besar.

Pada umumnya mereka menyediakan produk dengan kuantitas besar atau tidak melayani pembelian satuan, bila anda ingin membeli produk satuan sehingga Aliexpress lebih direkomendasikan.

Namun berbeda dengan marketplace lain, Alibaba memang tidak menyediakan layanan order diwebsite secara langsung dengan kata lain anda harus menghubungi penjual melalui fitur chat atau telepon.

Apa bila anda ingin melakukan transaksi, untuk lebih jelasnya silahkan anda ikuti dan simak cara belanja di Alibaba sebagai berikut.

Perbedaan Alibaba dan AliExpress

Cara Belanja di Alibaba
Perbedaan Alibaba dan AliExpress
Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan cara belanja di Alibaba anda harus mengetahui perbedaan dari Alibaba dan AliExpress dibawah ini.

Ada beberapa perbedaan Alibaba dan AliExpress yaitu sebagai berikut:
  • Alibaba melayani pembelian grosir dan kebanyakan penjual ialah para supplier besar berskala pabrik, sementara AliExpress memberikan layanan retail atau eceran secara langsung kepada para pembeli.
  • Sedangkan untuk transaksi pada website Alibaba penjual dan pembeli harus saling berkomunikasi untuk bisa menentukan sebuah kesepakatan dan juga melakukan transaksi diluar sistem website Alibaba itu sendiri. Sementara itu untuk AliExpress proses pembelian dan pembayaran akan langsung dilakukan melalui website AliExpress tersebut.
  • Ada beberapa ketentuan minimun Order Quantity (MOQ) yang biasanya akan bernilai besar atau grosiran di Alibaba sementara untuk AliExpress tanpa MOQ.
  • Pembayaran di Alibabab sendiri dapat menggunakan berbagai macam cara seperti transfer antarbank (telegraphic transfer/TT), PayPal, Down Payment (Uang Muka), Documentary Collection atau dengan Letter of Credit (LC) sebab transaksi dapat dilakukan diluar sistem Alibaba itu sendiri. Sedangkan untuk transaksi di AliExpress menggunakan sebuah metode yang telah tersedia di sistem websitenya contohnya saja Alipay atau Doku.

Cara Membuat Akun Alibaba

Cara Belanja di Alibaba
Cara Membuat Akun Alibaba
Sebelum kita bahasan cara belanja di Alibaba, anda harus memastikan mempunyai akun Alibaba terlebih dahulu baru dech bisa berbelanja.

Cara membuat akun Alibaba yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://www.alibaba.com/).
  • Jika sudah anda pilih menu "Join Free" disamping atas pada halaman utama.
  • Pada saat muncul halaman untuk melakukan pengisian data diri, langsung saja anda lengkapi terlebih dahulu jika sudah maka klik Agree and Register.
  • Lalu masukkan kode verifikasi di kolom yang sudah tersedia dan bila sudah klik Submit.
  • Selesai, sekarang akun Alibaba sudah bisa dipergunakan seperti biasa.

Cara Belanja di Alibaba

Cara Belanja di Alibaba
Cara Belanja di Alibaba
Alibaba sendiri melayani pembelian grosir dan kebanyakan penjual merupakan para supplier besar berskala pabrik, untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara belanja di Alibaba yaitu sebagai berikut:

1. Membuat Akun Alibaba

Sebelum ketahap cara belanja di Alibaba, pastikan anda sudah mempunyai akun Alibaba terlebih dahulu jika belum anda simak penjelasan diatas.

2. Memilih Produk

Namun sebelum cara belanja di Alibaba dilakukan, anda harus bisa memilih produk yang diinginkan melalui beberapa menu yang sudah disediakan yaitu sebagai berikut:

Menu Categories : Alibaba sendiri menyediakan berbagai macam pilihan kategori produk, silahkan anda klik menu Categories dan memilih sub kategori produk yang diinginkan.

Menu My Market : Ketika anda masuk ke dalam halaman depan Alibaba, nantinya akan melihat menu My Market dan daftar rekomendasi produk untuk dibeli.

Search Box : Tidak menemukan produk pada My Market dan bingung harus memilih kategori mana? Eits tenang saja, anda hanya perlu mengetikkan nama produk yang diinginkan sehingga daftar produk akan muncul.

Alibaba sendiri juga memungkinkan penggunanya untuk mencari produk dengan gambar, tinggal klik icon kamera dan upload gambar produk yang ingin dicari.

3. Melakukan Order

Jika sudah menentukan produk yang ingin dibeli, maka anda dapat langsung menghubungi supplier buat melakukan pemesanan.

Lalu anda tanyakan kepada para supplier hal-hal apa saja yang berhubungan dengan transaki seperti jasa pengiriman dan harga produk.

4. Memilih Metode Pengiriman Barang

Cara belanja di Alibaba selanjutnya, biasa di Alibaba sudah menyediakan beberapa pilihan jasa eskpedisi seperti Fedex. DHL dan EMS (Express Mall Service).

Untuk pengiriman ke Indonesia sendiri, ada baiknya anda memilih jasa EMS atau DHL akan lebih dipermudahkan dalam pengiriman ke Indonesia.

5. Membayar Transaksi

Bila anda ingin membayar dengan rupiah langsung saja pilih Western Union yang dapat melayani di Alfamart, POS Indonesia, Pegadaian dan Indomaret.

6. Menunggu Barang Sampai di Rumah

Cara belanja di Alibaba terakhir ini, dimana proses pengiriman barang akan memakan waktu yang cukup lama disebabkan barang tersebut dikirimkan langsung dari China.

Bukan itu saja, produk juga akan langsung diperiksa terlebih dahulu oleh pihak dari Bea Cukai bila anda mengalami kendala selama proses transaksi.

Maka anda bisa langsung menghubungi customer service Alibaba pada laman melalui link berikut ini (https://service.alibaba.com/page/home?pageId=12).

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara belanja di Alibaba, cara membuat akun Alibaba dan perbedaan Alibaba dan AliExpress yang sudah kami sampaikan diatas.

Jika anda ingin berbelanja di Alibaba silahkan anda buat langsung akun Alibaba yang sudah kami sampaikan dipenjelasan sebelumnya.

Alibaba sendiri menjual barang grosiran yang lumayan terjangkau dan langsung datang dari China, bahkan para suplier cukup terkenal ada disana.

Tunggu apa lagi jika anda mencari barang grosiran yang kualitas oke dan murah, langsung saja anda gunakan Alibaba tersebut.