Cara Agar Tulisan Bagus 2022

Cara Agar Tulisan Bagus
Cara agar tulisan bagus
banyak di cari karena ketidak percayaan kepada tulisan diri sendiri karena tulisan tangan terbilang tidak rapi, jangan khawatir ada cara agar tulisan anda terlihat bagus dan rapi yang bisa anda pelajari.

Kami telah menghabiskan beberapa waktu untuk menguji dan menganalisis beberapa cara agar tulisan bagus, dan dalam posting ini anda akan melihat hasil dari tes-tes tersebut dan apakah cara agar tulisan bagus benar-benar bisa dilakukan dan yang paling penting apakah aman untuk diterapkan.

Dengan begini, anda jadi bisa lebih percaya diri saat hendak menulis dengan tangan sendiri, namun bukan hanya anda saja yang mungkin memiliki tulisan tangan yang buruk atau tidak rapi.

Banyak orang berjuang dengan tulisan tangan mereka dan ingin meningkatkan tulisan tangan sebagai orang dewasa, karena memiliki tulisan yang bagus merupakan idaman banyak orang.

Meski banyak yang menyebutkan bahwa tulisan tangan yang berantakan menandakan anda memiliki intelegensi yang tinggi, namun anda pasti tetap ingin memiliki tulisan tangan yang bagus bukan?

Memperbaiki tulisan tangan sebenarnya tidak hanya akan membuat tulisan anda terbaca jelas, tetapi juga akan membawa kepercayaan diri anda dalam pekerjaan, alhasil bisa dianggap lebih serius.

Meningkatkan tulisan tangan memang membutuhkan banyak latihan terutama latihan yang terfokus, yang terpenting anda tetap berusaha meski harus perlahan-lahan, seperti kaligrafi saja membutuhkan lebih banyak waktu untuk dibuat.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara agar tulisan bagus tanpa basa-basi, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Analisis Tulisan Tangan Sendiri

Cara Agar Tulisan Bagus
Analisis Tulisan Tangan Sendiri
Sebelum anda mengetahui cara agar tulisan terlihat bagus, anda harus terlebih dahulu melakukan analisis penuh atas tulisan yang dibuat, tulis satu atau dua paragraf di atas kertas dengan menyalin beberapa teks dari buku atau dari smartphone.

Semakin banyak menulis yang anda tulis, maka semakin anda dapat melihat pola baik dan buruk untuk bisa anda analisis dari tulisan yang telah anda tulis tersebut guna mengetahui baik dan buruknya.

Kemudian luangkan waktu untuk memperlambat tulisan, tetapi juga cobalah untuk menulis dengan kecepatan normal, setelah itu anda bisa menganalisis beberapa hal tentang tulisan yang ingin ditingkatkan sebagai cara agar tulisan terlihat bagus.

Simak cara agar tulisan bagus dan menganalisis beberapa hal tentang tulisan yaitu sebagai berikut:
  • Spasi: Spasi antar huruf harus konsisten dan spasi antar kata harus sesuai.
  • Miring: Apakah kemiringan huruf sudah cocok atau di semua tempat selalu miring ke kiri lalu miring ke kanan?
  • Gaya: Apakah huruf-huruf terbentuk sama atau apakah gaya menulis anda menyebar ke mana-mana?
  • Tinggi huruf: Ketinggian huruf kecil semua harus cocok dan sama tinggi dengan huruf besar.
  • Setelah tangan menulis terlalu banyak coba anda tulis bagian yang sama lagi, dan perhatikan apa yang ingin anda tingkatkan, tentu akan butuh banyak waktu untuk latihan dan membiasakannya.


2. Pilih Pena dan Kertas yang Tepat

Cara Agar Tulisan Bagus
Pilih Pena dan Kertas yang Tepat
Pena dan kertas juga bisa menjadi kunci cara agar tulisan bagus dan rapi, jadi sebelum anda menulis sebuah kata pikirkan tentang pena dan kertas yang akan anda gunakan untuk menulis.

Anda perlu memilih pena yang tidak menyiksa tangan ketika dipegang atau yang terlalu licin, pastikan juga tinta yang digunakan tidak mudah bocor yang membuat tulisan anda terlihat buruk.

Anda bisa mencoba menggunakan banyak jenis pena berwarna, namun pastikan untuk memilih pena yang membuat tangan jadi lebih rileks ketika mulai menulis agar tulisaan anda telihat bagus dan rapi.

Sebab dengan menggunakan pena tepat, huruf-huruf akan mengalir melintasi halaman tanpa terasa berat, sementara untuk kertas yang tepat pilih lembar halaman yang garisnya tidak terlalu sempit.


3. Menulis Lebih Banyak

Cara Agar Tulisan Bagus
Menulis Lebih Banyak
Sebagai masyarakat digital anda cenderung menggunakan komputer dan telepon saat menulis catatan dan e-mail, yang di ketahui bahwa otot tangan untuk menulis dan menggambar jadi tidak terpakai.

Memori otot penting untuk apa pun yang dilakukan bahkan menulis dengan pena dan kertas, jika anda tidak berlatih secara teratur, maka anda akan kesulitan menulis dengan rapi.

Oleh karena itu, anda harus mengambil 10-15 menit setiap hari untuk menulis dengan rapi dan perlahan merupakan cara agar tulisan bagus atau terlihat rapi dan mudah untuk di baca oleh semua orang.

Jadi, jadwalkan waktu untuk menulis satu atau dua halaman dan tulislah serapi mungkin tentang apa saja agar otot tangan anda tidak kaku dan secara perlahan tulisan bisa menghasilkan yang di harapkan.


4. Tetap Konsisten

Cara Agar Tulisan Bagus
 Tetap Konsisten
Konsistensi merupakan salah satu kunci cara agar tulisan bagus, tidak peduli gaya apa yang anda praktikkan dari tulisan tangan sendiri dan anda akan menemukan serangkaian gaya huruf yang disukai untuk ditulis dan terlihat bagus bersama-sama.

Berlatihlah dengan berbagai macam teknik kemiringan dan sudut, ketinggian huruf, kebulatan huruf, dan lebih banyak lagi yang bisa membuat tulisan anda terlihat menarik.

Setelah mulai melihat pola gaya dalam tulisan tangan, latih huruf yang sama berulang-ulang sampai anda mulai merasa nyaman dengan tulisan yang akan anda gunakan sebagai panduan menulis.


5. Tentukan Waktu Menulis yang Tepat

Cara Agar Tulisan Bagus
Tentukan Waktu Menulis yang Tepat
Untuk menghasilkan tulisan yang rapi dan bagus, anda juga harus menentukan kapan waktu untuk menulis yang tepat, tentukan terlebih dahulu kapan waktu produktif untuk menulis dalam satu hari tersebut.

Karena produktivitas setiap orang akan berbeda-beda, misalnya anda lebih efisien dan cepat menulis pada pagi hari, itulah waktu terbaik untuk menulis, tetapi saat anda merasa tulisan lebih produktif dan efisien saat malam hari, maka anda lakukanlah pada malam hari.

Kemudian cobalah menulis di waktu terbaik tersebut agar anda mendapatkan tulisan yang bagus dan rapi, juga bisa menyelesaikan target waktu menulis dengan baik tanpa terganggu banyak hal yang memungkinkan tulisa tidak selesai sesuai target.

Meski sudah memiliki waktu yang tepat untuk menulis, anda tetap harus mencoba di waktu lainnya, karena hal ini dilakukan agar saat memiliki waktu luang kapan saja, anda bisa menyelesaikan tulisan dengan baik.

Menentukan waktu menulis yang tepat merupakan salah satu cara agar tulisan bagus, dan sangat penting untuk anda terapkan agar target tulisan anda terselesaikan tanpa ada kendala.


6. Buat Kerangka Tulisan

Cara Agar Tulisan Bagus
Buat Kerangka Tulisan
Untuk mendapatkan tulisan yang bagus, rapi, dan cepat, sebagai penulis anda harus memahami instruksi apa yang harus dilakukan saat menulis agar tulisan anda terlihat bagus.

Misalnya anda akan menulis sebuah esai, pahami dulu poin-poin yang harus ditulis di dalam esai tersebut kemudian kembangkan poin tersebut menjadi kerangka tulisan.

Pentingnya membuat kerangka tulisan agar tulisan yang anda tulis sesuai atau tidak keluar dari jalur, karena kerangka tersebut dibuat untuk memberi rambu-rambu tulisan dan juga memudahkan penulis untuk tetap fokus menulis hal yang ditulis.

Selanjutnya, di dalam kerangka tersebut anda harus menuliskan sub-poin atau sub-bab di dalam kerangka tersebut guna untuk memudahkan penulis agar tidak terlalu banyak mengedit, menghapus, atau bahkan menuliskan hal yang tidak perlukan.

Simak cara agar tulisan bagus dari poin dalam kerangka tulisan yang bisa anda buat untuk memulai sebuah tulisan yaitu sebagai berikut:
  • Pada poin utama artikel, anda akan menulis mengenai “Pengaruh Media Sosial pada Anak Remaja” dan “Bahaya Penggunaan Media Sosial”.
  • Pada poin pertama anda masukkan sub-poin, misalnya "Pengertian Media Sosial", "Peran Media Sosial untuk Remaja", "Pola Perilaku Remaja".
  • Kemudian pada sub-poin dari poin utama kedua misalnya "Pengertian Media Sosial", "Pengaruh Media Sosial".
  • Setelah itu, anda lakukan riset yang mendalam mengenai poin dan sub-poin yang sudah ditentukan, hal ini dilakukan untuk menghemat waktu saat menulis.
  • Jangan lupa masukkan sumber dalam kerangka tersebut, bila anda akan menambahkan pernyataan tidak perlu mencari ulang sumber tersebut.
  • Setelah tiga poin tersebut dilakukan, jangan lupa menulis draf pertama dengan cepat untuk dapat melihat kecepatan menulis dan kemampuan anda dalam memahami makna tulisan.
  • Jangan buru-buru mengedit tulisan, lakukan sesuai alur penulisan dan lihat ketika tulisan atau draf sudah benar-benar jadi sebelum anda akan mengeditnya.
  • Perhatikan juga detail kecil saat menulis, misalkan ketika anda buntu menulis berhenti dulu sejenak dan tengok kerangka tulisan yang akan jadi acuan ke mana lagi harus menulis dengan tepat dan juga baik.


7. Pelajari Kaligrafi Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Tulisan Tangan

Cara Agar Tulisan Bagus
Pelajari Kaligrafi Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Tulisan Tangan
Cara agar tulisan bagus selanjutnya adalah memahami atau mencoba gaya kaligrafi dan meningkatkan tulisan tangan anda, awalnya ini memang seperti menyuruh anda berlari sebelum bisa berjalan.

Namun, akan ada peningkatan besar soal tulisan tangan yang anda buat berkat mempelajari kaligrafi tradisional yangn merupakan salah cara agar tulisan anda terlihat bagus dan menarik.

Mempelajari cara membentuk huruf secara tradisional juga membantu anda memahami konsistensi dan anatomi yang bisa anda gunakan menjadi acuan tulisan yang bagus dan mudah terbaca.


8. Latihan, Latihan, dan Latihan

Cara Agar Tulisan Bagus
Latihan, Latihan, dan Latihan
Latihan dan konsistensi merupakan salah satu hal yang sangat penting sebagai cara agar tulisan anda terlihat bagus dan bisa terbaca secara jelas yang bisa meningkatkan gaya tulisan.

Jika meningkatkan tulisan tangan terdengar seperti tugas maka cobalah untuk membuatnya menyenangkan agar anda tidak terbebani dengan tugas tersebut.

Ada beberapa cara agar tulisan bagus yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:
  • Misalnya: Tulis buku harian setiap hari dengan pena dan kertas.
  • Tulis surat kepada teman dan sesungguhnya semua orang akan senang menerima surat dengan tulisan tangan asli.
  • Tulis daftar belanjaan anda serapi mungkin.
  • Tinggalkan catatan tulisan tangan di meja makan atau makan siang anak.
  • Buat catatan bahkan catatan sketsa saat mendengarkan podcast maupun menonton video YouTube yang mendidik.
Bahkan jika anda tidak dapat mendedikasikan waktu khusus untuk latihan sehari-hari, maka pastikan untuk menulis dengan rapi untuk semua hal yang anda tulis mulai dari catatan di tempat kerja atau sekolah, atau saat mengisi formulir.


Akhir Kata

Itulah beberapa cara agar tulisan bagus 2022 yang bisa anda perhatikan karena dalam menginginkan tulisan yang bagus dan menarik tidaklah mudah, membutuhkan beberapa tahapan yanng harus anda lakukan.

Seperti yang telah kami ulaskan di atas beberapa tahapan atau langkah yang bisa anda gunakan untuk bisa menghasilkan tulisan yang bagus dan unik agar mudah terbaca oleh orang lain.

Terlebih anda harus memastikan waktu yangn tepat untuk bisa menulis dengan rapi, dan sebisa mungkin anda menulis catatan di tempat kerja, sekolah ataupun kegiatan sehari-hari secara rapi.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, jangan lupa bagikan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel