5+ Aplikasi Cek NISN Siswa 2024

Daftar Isi
Aplikasi Cek NISN Siswa
Aplikasi cek NISN siswa perlu digunakan, mengingat NISN termasuk data penting yang harus disimpan oleh siswa-siswi.

Namun, pada kenyataannya banyak dari mereka yang lupa berapa NISN (Nomor Induk Siswa Nasional)-nya.

Dengan adanya aplikasi mencari NISN siswa ini akan mempermudah siapa pun yang ingin melihat NISN-nya tersebut.

Seperti yang diketahui bahwa setiap siswa atau pelajar yang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tanah air baik jenjang SD, SMP atau SMA memiliki NISN.

Dalam beberapa kasus, saat mengisi sebuah formulir atau dokumen biasanya diharuskan untuk mengisi Nomor Induk Siswa Nasional sebagai salah satu poin dalam kotak isian formulir.

Namun ternyata banyak yang lupa atau bahwa tidak mengetahui berapa nomor NISN yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

Lalu, apa saja nama aplikasi cek NISN siswa yang bisa digunakan? Simak selengkapnya dalam ulasan dibawah ini.


1. Cetak Kartu NISN

Aplikasi Cek NISN Siswa
Cetak Kartu NISN
Aplikasi cek NISN siswa pertama yang akan kami rekomendasikan dan bisa anda coba gunakan adalah Cetak Kartu NISN.

- Download Aplikasi Cetak Kartu NISN Play Store

Ada saatnya ketika siswa sudah mempunyai kartu NISN namun pada bagian yang tertera, NISN tidak bisa dilihat dengan jelas.

Hal tersebut bisa saja disebabkan karena sudah tergores atau terpotong sehingga tidak bisa dibaca lagi.

Karena itulah, beberapa siswa bisa memanfaatkan Barcode yang ada di atas kartu tersebut melalui aplikasi cetak kartu NISN ini.

Disana pengguna dapat melakukan scan pada Barcode dan setelah itu menunggu beberapa saat untuk mendapatkan hasilnya.

Kalau prosesnya sudah selesai, maka akan langsung ditampilkan informasi atau data dari siswa tersebut yang sesuai dengan kartunya.

Selain itu, para siswa juga dapat mencetak kartu NISN mereka melalui aplikasi ini dengan memanfaatkan bantuan komputer dan printer.


2. Cek NISN Siswa yang Akurat

Aplikasi Cek NISN Siswa
Cek NISN Siswa yang Akurat
Pengguna tidak perlu heran kalau menggunakan aplikasi cek NISN siswa yang satu ini, karena namanya memang sengaja dibuat seperti itu.

Sesuai namanya, aplikasi ini akan menampilkan NISN dari berbagai siswa-siswi yang sudah tidak ingat lagi dengan Nomor Induk Siswa Nasional mereka.

Setiap NISN siswa tidaklah sama, semuanya bersifat unik sehingga tidak mungkin atau kebetulan mirip dengan milik siapa pun.

Walaupun aplikasi ini tidak di garap oleh Kemendikbud, namun tetap bisa dipakai sebagai alternatif dalam mengeck NINS siswa.

Ukuranya sedikit lebih besar dari aplikasi lainnya yaitu berkisar 7,2MB, namun aplikasi ini masih bisa di unduh pada perangkat pengguna dengan mudah.


3. Kemendikbud

Aplikasi Cek NISN Siswa
Kemendikbud
Untuk bisa menjalankan aplikasi cek NISN siswa satu ini anda harus mengunjungi dahulu website Kemendikbud melalui link berikut.

(Kunjungi Situs Resmi Kemendikbud)

Setelah mengakses situs tersebut maka akan muncul beberapa kolom seperti nama, tanggal dan tempat lahir serta nama orang tua.

Semua kolom tersebut harus di isi dengan benar untuk memunculkan NISN tersebut.

Pengguna hanya perlu memastikan sudah mencentang "Saya Bukan Robot" dan dilanjutkan dengan pencarian data.

Kalau koneksi tidak stabil, biasanya NISN akan langsung muncul namun jika sebaliknya koneksi buruk maka pengguna harus sabar menunggu.


4. Cek NISN New

Aplikasi Cek NISN Siswa
Cek NISN New
Sebenarnya aplikasi Cek NISN siswa ini termasuk aplikasi untuk mencari NISN siswa yang sudah lama dibuat oleh POPSI.

Aplikasi ini tidak akan memenuhi perangkat penyimpanan anda karena ukurannya yang sangat kecil dan ringan yaitu hanya 2,9MB.

- Download Aplikasi Cek NISN New Play Store

Aplikasi ini siap membantu para siswa yang membutuhkan NISN sehingga mereka bisa menemukan NISN hanya dnegan memasukkan nama lengkapnya.

Setelah semua tahapan selesai dilakukan, nanti akan muncul Nomor Induk Siswa Nasional di layar perangkat anda.


5. Dapodik All in One

Aplikasi Cek NISN Siswa
Dapodik All in One
Semua data sudah dirangkum dalam aplikasi cek NISN siswa bernama Dapodik All in One ini lengkap, data yang dimaksud adalah seperti data siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Petunjuk yang diberikan oleh aplikasi Dapodik ini sangat mudah sehingga para guru dan siswa dapat menemukan sendiri tanpa meminta bantuan orang lain.

Untuk menjalankannya anda tidak perlu menggunakan Laptop karena bisa diakses pada Android anda.

Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi ini dari PlayStore dan masuk ke aplikasinya dengan sangat mudah.

- Download Aplikasi Dapodik All in One Play Store

Setelah mengunduh aplikasinya dan saat berada di menu pencarian NISN, masukkan data yang diminta oleh aplikasi dan tunggu sampai NISN pengguna muncul di layar.


Penjelasan dan Fungsi NISN

Aplikasi Cek NISN Siswa
Penjelasan dan Fungsi NISN
NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) merupakan kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik dan berlaku sepanjang masa.

Kode inilah yang membedakan antara satu dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang mempunyai NPSN dan terdaftar di referensi Kemdikbud.

Bagi anda yang belum mengetahui atau mungkin lupa, NISN terdiri atas 10 digit angka dengan format xxxyyyyyyy.

Dilansir dari laman Kemdikbud, setelah mengetahui beberapa aplikasi cek NISN siswa berikut kegunaan atau fungsi dari NISN dalam tiga poin yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut:
  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (Peserta Didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengeloaan nomor induk siswa secara online bagi Unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah sampai Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya.

Baik di tingkat pusat, provinsi, kota, kebupaten sampai sekolah seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.


Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan untuk anda seputar aplikasi cek NISN siswa dan fungsi dari NISN itu sendiri.

Selain menggunakan aplikasi, anda juga bisa melakukan pengecekan melalui situs resmi Kemdikbud langsung.

Dengan hadirnya beberapa aplikasi diatas sekarang anda tidak perlu hawatir dan panik lagi kalau lupa NISN.

Anda bisa mengunduh salah satu dari aplikasi yang kami rekomendasikan untuk digunakan, semuanya berfungsi sama yaitu untuk mengetahui NISN siswa baik SD, SMP maupun SMA. Sekian dan semoga bermanfaat.