Download Android Online Emulator PC 2024

Daftar Isi
Android Online Emulator
Android Online Emulator PC adalah sebuah aplikasi manajer yang memungkinkan penggunanya bisa menangani file APK yang dijalankan dengan platform emulator android ApkOnline.

Ekstensi ini adalah pengelola untuk menangani APK untuk emulator online Android yang disediakan oleh ApkOnline.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengunggah APK yang bisa dikelompokkan dalam folder yang berbeda, diganti namanya, disalin, dihapus, dan bahkan dieksekusi menggunakan integrasi API dengan ApkOnline.

Dampak dari hal tersebut adalah ekstensi ini mempercepat manajemen dan eksekusi APK menggunakan emulator online android ApkOnline.

Sama seperti aplikasi sejenis lainnya, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik yang akan membuatnya semakin canggih saat digunakan.

Nah, berikut ini kami akan bagikan informasi tentang Android Online Emulator PC yang perlu diketahui sebelum digunakan.

Fitur Android Online Emulator

Android Online Emulator
Fitur Android Online Emulator
Seperti yang telah dijelaskan di awal, jika Android Emulator Onlino Apk dibekali dengan berbagai fitur menarik yang pastinya sulit ditemukan pada aplikasi sejenis lainnya.

Untuk fitur Android Online Emulator yaitu sebagai berikut:
  • Perangkat Virtual Android (AVD).
  • Konfigurasi kulit tablet dengan Oreo 8.0, walaupun Anda bisa meminta versi yang lebih tinggi.
  • Uji aplikasi android Anda tanpa akses ke perangkat keras nyata hanya menggunakan browser web Anda.
  • Akses internet dari emulator Android.
  • Aplikasi Google Play Store sudah diinstal sebelumnya.
  • Aplikasi lain seperti Chrome, Email, ... juga sudah terpasang sebelumnya.
  • Fitur emulasi dasar untuk pengembangan APK: rotasi perangkat.
  • Mempunyai koneksi jaringan ke Internet.
  • Mampu memutar audio dan menyediakan beberapa tombol dan tindakan seperti Beranda, Kembali, Trackball, Roda.
  • Telah dimuat sebelumnya dengan aplikasi untuk Email, Interber saat browsing, Google Play Store, file browser.

Berdasarkan fitur yang dimiliki dan dari perspektif teknis, maka bisa disimpulkan jika ekstensi ini menyediakan Perangkat Virtual Android (AVD) yang berjalan di server kami.

AVD ini nantinya akan memungkinkan Anda untuk menguji aplikasi tanpa akses ke perangkat keras sebenarnya hanya menggunakan browser web saja.

Anda bisa memperhatikan bahwa antarmuka pengguna grafisnya bisa dikontrol dengan mouse dan ini juga menyediakan akses ke tombol melalui menu di sisi kanan.

ApkOnline ini juga terintegrasi dengan pengelola file yang bisa digunakan untuk mengunggah dan menjalankan APK Android secara online.

Sehingga APK yang diunggah tersebut dabisa at dijalankan dengan mudah dan cepat menggunakan ekstensi ini.

Cara Menggunakan Android Online Emulator

Cara Menggunakan Android Online Emulator
Cara Menggunakan Android Online Emulator
Cara menggunakannya Android Emulator Online ini sebenarnya sangatlah sederhana, karena Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah saja.

Untuk lebih jelasnya, cara menggunakan Android Online Emulator yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan akses link berikut ini (Kunjungi Situs Free Android Online).
  • Setelah laman terbuka, Anda bisa klik tombol “Run Online”.
  • Kemudian proses masuk ke emulatornya lalu klik tombol “Start” untuk melanjutkannya.
  • Ada satu langkah lagi yang harus dilakukan yakni Anda bisa masuk ke emulatornya dengan cara mengklik tombol “Enter”, jika jika default emulatornya sudah memberikan keterangan “Emulator started successfully!!”
  • Jika sudah, maka browser web Anda akan menampilkan UI tablet Android yang menjalankan Android 8.0 Oreo. Anda bisa menggunakan Android ini seperti menggunakan ponsel atau meja, namun dengan keuntungan besar dan akan bisa menggunakannya dari komputer dan dengan keyboard serta mouse.

Cara Menjalankan aplikasi di Android Online Emulator

Android Online Emulator
Cara Menjalankan aplikasi di Android Online Emulator
Anda bisa menjalankan aplikasi dari project Android Studio, atau menjalankan aplikasi yang telah diinstal di Android Emulator sama seperti menjalankan aplikasi lain di sebuah perangkat.

Hal ini bisa dilakukan karena setiap ADB berfungsi sebagai perangkat independen dengan penyimpanan sendiri untuk data pengguna, kartu SD dan lainnya.

Untuk cara menjalankan aplikasi Android Online Emulator dan menjalankan aplikasi dalam project yaitu sebagai berikut:
  • Di Android Studio, buatlah Perangkat Virtual Android (AVD) yang bisa digunakan emulator untuk menginstal dan menjalankan aplikasi.
  • Di toolbar, silahkan pilih perangkat tempat Anda yang ingin digunakan untuk menjalankan aplikasi dari menu drop-down perangkat target.
  • Klik Run.
  • Jika Anda sudah menerima pesan error atau peringatan di bagian atas dialog, silahkan klik link untuk memperbaiki masalah atau mendapatkan informasi lebih lanjut.
  • Beberapa error harus diperbaiki terlebih dahulu sebelum Anda bisa melanjutkannya, seperti error Hardware Accelerated Execution Manager (Intel HAXM).
  • Untuk macOS, jika Anda melihat error Warning: No DNS servers found saat memulai emulator, maka periksalah apakah Anda mempunyai file /etc/resolv.conf. Jika tidak mempunyai file ini, maka masukkan perintah berikut di jendela terminal:
ln -s /private/var/run/resolv.conf /etc/resolv.conf

Kelebihan Android Online Emulator

Android Online Emulator
Kelebihan Android Online Emulator
Android Online Emulator Apk adalah sebuah emulator android yang sepenuhnya gratis dan fungsional untuk digunakan.

Hal ini datang dengan semua aplikasi Google yang sudah diinstal sebelumnya dan tidak ada akun Google yang dikonfigurasi, sehingga Anda bisa membuat akun Google alternatif untuk menggunakannya.

Untuk menjaga privasi dan keamanan akun google, maka disarankan untuk tidak menggunakan email pribadi namun gunakanlah email alternatif.

Intinya Anda masih tetap bisa mengakses ke Google Play Store prainstal, namun bisa menjalankan APK dengan cara yang berbeda.

Unduh APK nya langsung dengan browser Web dan gunakan pemasang emulator Android untuk menjalankannya.

Kekurangan Android Online Emulator

Android Online Emulator
Kekurangan Android Online Emulator
Dibalik kelebihan pasti ada kekurangan dan begitu juga dengan Android Online Emulator.

Walaupun dibekali dengan fitur yang mumpuni, namun fitur yang dimiliki oleh Android Emulator Online dirasa masih kurang, sehingga para penggunanya memiliki keterbatasan saat menggunakannya.

Selain itu, versi baru emulator ini akan diperbarui hampir setiap 2 minggu dan jika penggunanya tidak memperbarui aplikasinya, maka pastinya akan memperlambat kinerjanya.

Meskipun begitu, aplikasi tetap berfungsi dengan baik hanya saja para penggunanya kurang bebas dalam melakukan sesuatu saat menggunakannya.

Akhir Kata

Demikian informasi lengkap tentang Android Online Emulator PC yang perlu diketahui dan bisa dijadikan pertimbangan sebelum digunakan.

Apk ini bisa menjadi pilihan praktis untuk pengguna kelas atas yang mengharapkan emulator yang dirancang secara profesional.

Karena Apk ini kompatibel dengan banyak aplikasi dan game Android dan mempunyai antarmuka yang intuitif yang bisa meniru aplikasi Android dari mana saja.

Selain itu, emulator ApkOnline memberdayakan pengguna untuk menguji aplikasi Android tanpa akses ke perangkat keras yang sebenarnya.