Yandex Ru Rusia 2022

Yandex Ru Rusia
Yandex Ru Rusia - Rusia Ru Yandex adalah perusahaan berbasis teknologi terbesar di Rusia yang menyediakan layanan mesin pencari atau search engine pesaing Google.

Nama Yandex memang masih asing di telinga masyarakat Indonesia, tetapi Yandex sudah sangat populer bagi masyarakat Rusia.

Hal ini pastinya terbilang wajar, karena sebagian besar masyarakat di dunia hanya mengetahui Google sebagai mesin pencari yang sering digunakan di internet dan sangat jarang mendengar istilah mesin pencari bernama Yandex.

Sama seperti Google, Yandex adalah sebuah mesin pencari yang membuat para penggunanya bisa mengakses pencarian sesuai dengan kata kunci yang diberikan melalui internet.

Pasalnya, smartphone berbasis Android sebagai pengusung Google memang banyak digunakan, sehingga sangat wajar bila smartphone tersebut mempunyai aplikasi bawaan seperti Google, Play Store, dan lainnya.

Hal ini dikarenakan Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan tersebut tanpa perlu repot mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan lainnya.

Namun saat ini Yandex sudah mulai bisa menyaingi Google dengan berbagai fitur-fitur yang terdapat di dalamnya.


Pembahasan Yandex Ru Rusia

Yandex sendiri didirikan pada tahun 1990 ketika Arkady Volozh dan Arkady Borkovsky mendirikan Arkadia, sebuah perusahaan yang mengembangkan perangkat lunak MS-DOS untuk digunakan dalam klasifikasi paten dan barang.

Kemudian pada tahun 1993, Arkady Volozh bersama temannya Ilya Sagalovich memutuskan bekerja sama untuk mengembangkan sebuah mesin pencari di internet.

Akhirnya mereka menggunakan nama Yandex yang berasal dari kata 'Yet Another iNDEXer' dan resmi diperkenalkan kepada khalayak pada September 1997 yang pertama kali dipamerkan di pameran Softool di Moskwa.

Menariknya, Yandex juga menciptakan berbagai produk teknologi, seperti aplikasi navigasi, periklanan online, E-Commerce, mesin pencarian internet, dan lainnya.

Tidak heran jika produk-produk ciptaan Yandex di bidang teknologi sudah sangat dikenal bagi masyarakat Rusia dan menjadi mesin pencari paling populer di Rusia, bahkan telah mengalahkan Google.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, Yandex bahkan telah digunakan oleh lebih dari 50 persen pengguna di Rusia.

Pada tahun 2017 lalu, Yandex juga semakin populer di Rusia setelah Smartphone Android di Rusia memutuskan untuk tidak lagi menjadikan Google sebagai mesin pencari default pada perangkat mereka.

Sehingga masyarakat Rusia sangat mengerti tentang nasionalisme dengan menggunakan produk buatan negeri sendiri, yaitu mesin pencarian Yandex dan pastinya juga didasari oleh kebijakan politik serta ekonomi pemerintahan di sana.

Selain di Rusia, Yandex juga telah digunakan di beberapa negara lain seperti Belarusia, Kazakhstan, Tajikistan, dan negara lainnya.

Hal tersebutlah yang membuat Yandex menjadi salah satu mesin pencari terbesar kelima di dunia setelah Google, Bing, Yahoo, dan Baidu.

Nah, berikut ini kami bagikan informasi tentang Yandex Ru Rusia dengan lebih lengkap.


Yandex Ru Rusia


1. Fitur Unggulan Yandex Ru Rusia

Yandex Ru Rusia
Fitur Unggulan Yandex Ru Rusia
Sebagai sebuah mesin pencarian, pastinya Yandex juga memiliki fitur unggulan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggunanya.

Berikut ini kami bagikan beberapa fitur unggulan dari Yandex Ru Rusia yang perlu diketahui:


1. Yandex Browser

Yandex Browser adalah sebuah layanan browsing untuk mencari dan mendapatkan berbagai informasi dengan cara mengaplikasikan mesin pencariannya.

Fitur ini memiliki fungsi yang mirip seperti Google, tetapi ada kelebihan dan kekurangannya yang menjadi pembeda.

Seperti dari penampilan situs pencariannya di internet yang menggunakan bahasa Rusia dan teknologi yang digunakan dirancang seperti Google Chrome, yaitu berdasarkan Chromium, sehingga perbedaannya akan diketahui ketika Anda merasakannya sendiri.


2. Yandex Connect

Sebuah layanan B2B dari Yandex yang lebih mengutamakan konektivitas di jaringan internet, sehingga bermanfaat untuk banyak orang, namun fitur ini tidak terlalu dibutuhkan.


3. Yandex DNS

Yandex DNS adalah sebuah layanan DNS publik gratis yang dirilis Yandex dan diperuntukkan bagi semua penggunanya tanpa terkecuali yang bisa digunakan secara gratis.


4. Yandex Disk

Sama seperti Google Drive, Yandex juga mempunyai fitur atau layanan penyimpanan digital dalam versi Yandex.


5. Yandex Images

Yandex Images adalah sebuah mesin pencari khusus gambar dari Yandex dan Anda bisa mencari gambar sesuai dengan yang diinginkan dengan mengetikkan keyword atau kata kunci tertentu ataupun menggunakan gambar.


6. Yandex Mail

Sebuah layanan email atau surat elektronik yang tidak mempunyai batasan penyimpanan dan bisa digunakan secara gratis bagi seluruh pengguna Yandex dan fitur ini mirip dengan Google Mail atau Gmail.


7. Yandex Money

Adalah sebuah layanan pembayaran digital dari Yandex antar penggunanya, sehingga para pengguna yang menggunakan fitur ini bisa mentransfer uang dalam jumlah tertentu, bahkan tanpa ada biaya tambahan atau gratis.


8. Yandex Taxi

Sebuah layanan transportasi dari yandex yang bisa menghubungkan pengguna dengan perusahaan jasa taksi di Rusia dan konsep ini mirip dengan taksi online dengan perantara pihak ketiga.


9. Yandex Translate

Layaknya Google Translate, Yandex juga mempunyai layanan terjemahan teks secara online.


10. Yandex Video

Sebuah layanan pencarian video oleh Yandex yang bisa diakses oleh para penggunanya.


2. Kelebihan dan Kekurangan Yandex Ru Rusia

Yandex Ru Rusia
Kelebihan dan Kekurangan Yandex Ru Rusia
Setelah mengenal lebih dekat mesin pencari asal Rusia yang bernama Yandex ini, Anda juga harus mengetahui jika search engine ini juga mempunyai kekurangan dan kelebihan.

Karena pada dasarnya, setiap aplikasi yang diciptakan manusia pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan, begitu juga dengan Yandex.

Adapun kelebihan dan kekurangan Yandex Ru Rusia seperti berikut ini:


1. Kelebihan Mesin Pencari Yandex

  • Kemampuan mesin pencariannya terbilang cukup bagus, meskipun masih kalah dengan Google.
  • Tampilan beranda cukup menarik, karena gaya yang ditampilkan seperti majalah yang memiliki banyak halaman.
  • Pengguna Yandex di wilayah Eropa, terutama di negara Rusia dan sekitarnya sangat tinggi, sehingga Yandex bisa menjadi saingan berat untuk Google atau browser lainnya di Eropa.
  • Menu navigasi di mesin pencariannya cukup lengkap dan sangat mudah dipelajari bagi para pengguna pemula, sehingga bisa dipelajari dengan lebih cepat.
  • Mesin pencarian Yandex mempunyai sistem algoritma yang bagus, sehingga bisa menampilkan informasi dengan lebih lengkap dan akurat untuk para penggunanya.


2. Kekurangan Mesin Pencari Yandex

  • Untuk sekelas mesin pencari, oading yang dimuat oleh Yandex terlalu lama. Namun lama tidaknya loading dalam sebuah sistem aplikasi juga ditentukan oleh kestabilan jaringan internet yang digunakan
  • Sebagian besar pengguna merasa kesulitan ketika menjalankan navigasinya. Bagi masyarakat yang tidak berada di Rusia dan belum mengerti bahasa pengantar Rusia, kemungkinan akan sulit untuk memahaminya.
  • Alat pencari ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan perangkat dengan spesifikasi rendah. Sedangkan Yandex sangat direkomendasikan bila Anda menggunakan perangkat dengan spesifikasi menengah ke atas.
  • Tidak menutup kemungkinan akan ada virus, spam, atau Malware di dalam mesin pencarian Yandex ini. Sehingga sangat disarankan untuk memindai dengan antivirus terbaik dan terupdate ketika melakukan proses download dan penginstalan file aplikasinya di perangkat Anda
  • Algoritma yang dimiliki oleh Yandex belum bisa menyaingi Google.
  • Cakupan index data serta informasi yang dimiliki oleh Yandex juga belum sedetail Google. Sehingga Yandex bisa dikatakan belum bisa mengalahkan Google.


Akhir Kata

Demikian informasi lengkap tentang Yandex sebagai mesin pencari yang berasal dari Rusia.

Ada banyak sekali fitur yang bisa digunakan dalam pesin pencari Yandex ini, sehingga Anda tidak akan kesulitan saat menggunakannya.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai Yandex Ru Rusia 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel