Cara Pasang Set Top Box 2022

Cara Pasang Set Top Box
Cara Pasang Set Top Box - Seperti yang diketahui, saat ini perangkat set top box dibutuhkan untuk TV analog baik yang masih tabung ataupun TV LCD dan TV LED.

Karena beberapa waktu lalu, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) mulai menghentikan siaran TV analog yang pada 30 April 2022.

Kurang lebih 116 Kabupaten/Kota masuk dalam wilayah yang dihentikan siaran televisinya untuk tahap pertama.

Sehingga, para pengguna atau pemilik TV lama atau TV analog tetap bisa menikmati siaran TV digital tanap perlu membeli televisi baru.

Mereka cukup dengan menambahkan perangkat set top box (STB) TV digital, maka bisa langsung migrasi ke TV digital.

Begitu juga dengan Antena UHF juga tak perlu diganti, kareba masih bisa digunakan ketika akan migrasi ke siaran TV digital.

Sedangkan STB sendiri berfungsi untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara yang bisa ditampilkan pada TV analog biasa.

Nah, berikut ini kami bagikan cara pasang Set Top Box yang bisa dipelajari, bila ingin migrasi ke TV digital.


Cara Pasang Set Top Box


1. Hal Penting Terkait Cara Pasang Set Top Box

Cara Pasang Set Top Box
Hal Penting Terkait Cara Pasang Set Top Box
Sebelum cara pasang Set Top Box dilakukan, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal penting pada perangkat yang akan digunakan, diantaranya:

Pastikan STB yang digunakan sudah lengkap dan mempunyai Unit set top box (STB), kabel antena, charger atau adaptor, kabel RCA atau kabel audio video, kabel LAN atau WLAN, kabel HDMI (ada juga yang dijual secara terpisah), remote, baterai dan buku petunjuk.

Biasanya di dalam STB terdapat beberapa port atau slot diantaranya, Port ANT IN dan ANT OUT, Port adaptor, Port RCA, Port HDMI, Port USB, Port LAN, Slot microSD (namun tidak semuanya ada).



2. Cara Pasang Set Top Box pada TV Tabung atau TV Analog

Cara Pasang Set Top Box
Cara Pasang Set Top Box pada TV Tabung atau TV Analog
Setelah semua perlengkapan tersedia dengan lengkap, maka Anda bisa langsung terapkan cara pasang Set Top Box pada TV tabung atau TV analog berikut ini:
  • Persiapkan kabel antena terlebih dahulu.
  • Kemudian sambungkan satu ujung antena dan ujung lainnya ke port ANT IN pada Set Top Box, sedangkan port ANT OUT/loop juga bisa tidak digunakan, karena tidak terlalu bermasalah.
  • Tetapi, bila Anda masih menggunakan TV analog, maka sebaiknya sesekali port antena pada TV disambungkan saja pada port ANT OUT.
  • Setelah itu, siapkan kabel RCA pada unit Set Top Box, karena kabel tersebut biasanya mempunyai tiga soket dengan warna merah, putih, dan kuning.
  • Lalu pasangkan soket tersebut pada lubang RCA yang ada di bagian belakang Set Top Box sesuai dengan warnanya.
  • Pastikan juga untuk mengecek lubang AC pada TV analog, kemudian pasang kabel RCA sesuai dengan warnanya. Karena beberapa merek TV mempunyai lubang jack yang banyak, artinya mempunyai mode AV yang lebih dari satu.
  • Selanjutnya pasangkan jack kabel adaptor pada Set Top Box dan biasanya terdapat keterangan pada lubangnya, kemudian pasang adaptor ke stop kontak.
  • Setelah adaptor terpasang, silahkan tekan tombol Power pada Set Top Box dan biasanya Set Top Box mempunyai dua tombol power, yang ada di belakang dan depan.
  • Nyakan TV, kemudian pindahkan ke mode AV seperti menggunakan DVD player. Bila tidak bisa, kemungkinan ada kesalahan pada pemasangan kabel RCA dan harus diperiksa ulang.


3. Cara Pasang Set Top Box pada TV LED dan LCD

Cara Pasang Set Top Box
Cara Pasang Set Top Box pada TV LED dan LCD
Cara pasang Set Top Box pada TV LED dan LCD hampir sama dengan TV analog, tetapi prosesnya lebih mudah karena bisa menggunakan kabel HDMI.

Karena dengan kabel HDMI, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan kabel RCA.

Selain itu, kabel HDMI juga bisa menghasilkan kualitas gambar yang lebih jernih dan nyaman untuk dipandang.

Untuk TV LED, setelah semuanya terpasang dan dinyalakan, Anda bisa pindahkan ke mode HDMI, jika HDMI 1 tidak muncul, maka cobalah HDMI 2 dan seterusnya.



Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin memasangSet Top Box pada TV analog(tabung), TV LCD dan LED.

Agar proses pemasangan berhasil, maka siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan dan perhatikan hal penting seperti yang telah kami sebutkan di atas.

Lakukan juga setiap langkah dengan baik dan benar, karena jika salah satu kabel dipasang tidak sesuai pada tempatnya, maka bisa dipastikan proses yang dilakukan akan gagal dan harus diulangi dari awal.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara pasang Set Top Box 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel