Cara Mengurutkan Nomor di Excel 2022

Cara Mengurutkan Nomor di Excel
Cara Mengurutkan Nomor di Excel - Saat hendak membuat sebuah tabel data, membuat nomor urut adalah sesuatu yang lazim dilakukan.

Untuk membuat nomor urut dapat dilakukan dengan mengetikkan angka satu-persatu pada sel yang anda inginkan.

Cara membuat nomor urut seperti itu sangat mudah, namun bagaimana jika tabel data yang anda buat mempunyai ribuan baris atau record?

Ada banyak cara selain dengan mengetikkan angka satu-persatu secara manual seperti keterangan diatas.

Setidaknya ada 4 cara mengurutkan nomor di Excel yang dapat dilakukan, dibawah akan kami bagikan informasinya untuk anda.


Cara Mengurutkan Nomor di Excel


1. Cara Mengurutkan Nomor di Excel Secara Manual

Cara Mengurutkan Nomor di Excel
Cara Mengurutkan Nomor di Excel Secara Manual
Cara mengurutkan nomor di Excel pertama yang kami bagikan adalah dengan menuliskan urutan angka satu-persatu secara manual.

Mengetikkan angka seperti itu dapat dikatakan cara yang paling dasar dan mudah.

Walau begitu, cara ini termasuk yang paling sering di hindari. Mengapa? Bisa dibayangkan kalau nomor urut data yang anda buat berjumlah ribuan.

Karena itulah, cara membuat nomor secara manual ini alangkah baiknya di hindari dan anda bisa menggunakan cara kedua dibawah ini.



2. Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Menu Fill Excel

Cara Mengurutkan Nomor di Excel
Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Menu Fill Excel
Kalau Record atau baris tabel data yang akan dibuat berjumlah ribuan, disarankan menggunakan cara ini untuk membuat nomor secara otomatis.

Lalu, bagaimana langkah-langkah cara mengurutkan nomor di Excel dengan menu Fill Excel ini? Berikut tahapan yang bisa anda ikuti:
  • Pertama, tuliskan secara manual nomor awal (Pertama) penomoran yang akan dibuat, misalnya menuliskan angka 1 pada Cell A2, kemudian pilih atau Select Cell A2 tersebut.
  • Selanjutnya pilih "Tab Home > Group Editing > Fill > Series" dan akan muncul "Option Box Series".
  • Kalau penomoran otomatis yang anda buat ke arah bawah atau dalam satu kolom, pilihlah "Coloums", sebaliknya pilihlah "Rows" kalau penomoran yang anda buat ke arah kanan.
  • Lalu pada bagian Type, pilih "Linear", dan pada bagian "Step Value", isilah penambahan di setiap urutan penomoran, Defaultnya adalah 1.
  • Kemudian pada bagian "Stop Value", isi nomor terakhir yang anda inginkan, misalnya 1000 dan tekan "OK", lihat hasilnya.

Menggunakan cara ini, maka membuat penomoran sampai ribuan atau jutaan sangatlah mudah dan lebih efektif daripada menggunakan Autofill.



3. Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Autofill Excel

Cara Mengurutkan Nomor di Excel
Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Autofill Excel
Cara mengurutkan nomor di Excel yang terakhir ini adalah menggunakan fitur Autofill,.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu membuat satu dua (1, 2) nomor sebagai awalan dan anda tinggal men-dragging ke bawah atau ke arah yang diinginkan.

Metode seperti ini sering digunakan oleh pengguna Excel dalam membuat penomoran otomatis di Microsoft Excel.



4. Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Rumus Excel

Cara Mengurutkan Nomor di Excel
Cara Mengurutkan Nomor di Excel dengan Rumus Excel
Selain menggunakan ketiga cara mengurutkan nomor di excel diatas, masih ada cara lain untuk membuat penomoran otomatis di Microsoft Excel, yaitu menggunakan rumus-rumus Excel.

Rumus Excel yang sering digunakan untuk penomoran otomatis antara adalah Fungsi IF, Count, Counta, Row dan lainnya sesuai kebutuhan.

Fungsi-fungsi dari Excel tersebut bisa dimanfaatkan untuk membuat sebuah penomoran otomatis berdasarkan kriteria tertentu, misalnya di Kolom A akan muncul kalau Kolom B ada isinya.

Sebagai contoh, silahkan masukkan rumus Excel berikut pada Cell A2 anda.

Rumus Excel: =IF(B2="";"";ROW()-1)

Silahkan anda copy-paste rumus tersebut ke sel-sel lain yang dibawahnya.

Menggunakan rumus diatas maka kolom A akan secara otomatis terisi nomor urut kalau kolom B ada isinya atau anda tuliskan data tertentu (Nama seseorang misalnya).



Akhir Kata

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk membuat nomor excel secara otomatis? Anda bisa pilih salah satu cara yang ingin digunakan.

Jika anda memiliki alternatif lain atau mengalami masalah dengan penomoran otomatis Excel ini, silahkan tanyakan pada kolom komentar dibawah.

Jangan lupa membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat lainnya agar sama-sama mengetahuinya, simpan juga agar anda bisa membukanya sewaktu dibutuhkan.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara mengurutkan nomor di excel. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel