Cara Menghitung Skor UTBK 2022

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Menghitung Skor UTBK - Tidak terasa, jika pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 sudah semakin dekat.

Bila Anda salah satu peserta UTBK SBMPTN 2022, maka persiapan akan semakin sempurna, jika Anda mengetahui tentang cara untuk menghitung skor UTBK.

Namun, sebelum kita membahas cara menghitung nilai atau skor UTBK secara lebih detail, maka ada beberapa informasi yang harus Anda pahami terlebih dahulu.

Salah satunya adalah sistem penilaian yang digunakan dalam UTBK SBMPTN dan kami telah merangkum sistem penilaian dan tahapan-tahapannya yang bisa langsung di baca pada artikel ini.

Nah, berikut ini kami bagikan cara menghitung skor UTBK yang perlu diketahui dan bisa dipelajari.


Cara Menghitung Skor UTBK


1. Cara Menghitung Skor UTBK dengan Mengetahui Sistem Penilaian dalam UTBK SBMPTN

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Menghitung Skor UTBK dengan Mengetahui Sistem Penilaian dalam UTBK SBMPTN
Sebelum membahas cara menghitung skor UTBK, tentunya Anda mengetahui dari mana nilai UTBK SBMPTN yang Anda dapatkan setelah melakukan ujian.

Nilai ini sebenarnya didapatkan dari sebuah sistem penilaian dan di dalam UTBK dinamakan IRT Scoring atau Item Response Theory (IRT).

Tidak seperti sistem penilaian yang biasanya dilakukan di sekolah, maka sistem penilaian ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:


1. Tahap 1

Pada tahap ini, seluruh soal yang dijawab oleh para peserta UTBK akan diberi skor 1 dan yang tidak dijawab akan diberi skor 0.


2. Tahap 2

Berdasarkan tahap 1, maka soal-soal nantinya akan dianalisis kembali kemudian diurutkan sesuai dengan tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya.

Contoh: Misalnya, jika soal nomor 3 pada mata pelajaran Kimia tidak dijawab oleh sebagian peserta, karena tingkat kesulitan soal cukup tinggi.


3. Tahap 3

Berdasarkan skor masing-masing soal di tahap kedua akan dihitung total skor (nilai) yang berhasil dikumpulkan oleh masing-masing peserta UTBK.

Melalui sistem ini, artinya semakin banyak soal dengan tingkat kesulitan tinggi yang bisa Anda jawab, maka semakin besar pula skor UTBK yang akan didapatkan.

Oleh karena itu, Anda membaca dan memahami informasi ini, agar bisa mengetahui cara untuk menghitung skor UTBK dan memprediksi lebih awal seberapa besar peluang Anda untuk lolos di antara peserta lainnya.


2. Cara Menghitung Skor UTBK

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Menghitung Skor UTBK
Setelah mengetahui sistem skoring yang digunakan dalam penilaian UTBK, maka selanjutnya Anda bisa mempelajari tentang cara menghitung skor UTBK.

Merujuk pada referensi nilai di channel Youtube LTMPT, nilai di SBMPTN dibagi berdasarkan beberapa kelas, diantaranya : nilai minimum, nilai maksimum, kuartil 1, median, kuartil 3, dan mean (rata-rata).

Nilai minimum adalah diambil dari nilai terendah, sedangkan nilai maksimum adalah nilai tertinggi, dan median adalah nilai tengah.

Sedangkan, kuartil 1 adalah nilai tengah dari nilai terkecil, kuartil 3 adalah nilai tengah dari nilai terbesar dan mean adalah rata-rata nilai.

Jadi, jika diurutkan dari kelompok nilai terkecil ke nilai yang terbesar adalah seperti berikut ini:
  • Nilai Minimum
  • Nilai Kuartil 1
  • Nilai Median
  • Nilai Kuartil 3
  • Nilai Maksimum

Karena penentuan kelas nilai ini juga dipengaruhi oleh skor tertinggi dan terendah dari para peserta dan jumlah populasi (peserta yang mengikuti kelompok soal) tertentu.

Nah, karena Anda sudah mendapatkan informasi mengenai kelompok nilai di UTBK SBMPTN, maka informasi ini bisa menjadi acuan untuk menghitung nilai UTBK.

Misalnya, jika menemukan nilai Anda dan temen berbeda, padahal jumlah soal yang dijawab dan tidak dijawab adalah sama.

Untuk menjawab kami ambil contoh pada kelompok soal saintek mata pelajaran Kimia, Roni dan Dewi menjawab dan tidak menjawab soal dengan jumlah sama.

Keduanya juga menjawab benar 7 soal, 3 soal salah dan total soal dijawab 10. Namun mempunyai kombinasi dengan tingkatan nilai yang berbeda seperti ini di bawah ini:
  • Roni: 7 soal benar (4 soal dengan nilai maksimum, 3 soal dengan nilai kuartil 3), 3 soal salah (3 soal minimum), 5 soal tidak dijawab (3 soal median, 2 soal kuartil 1).
  • Dewi: 7 soal benar (4 soal nilai maksimum, 3 soal minimum), 3 soal salah (3 soal median), 5 soal tidak dijawab (3 soal nilai kuartil 3, 2 soal kuartil 1).

Bila dilihat dari komposisi soal yang bisa dijawab, kira-kira nilai UTBK siapakah yang lebih tinggi?

Ya, nilai Roni karena berhasil mengumpulkan 4 soal nilai maksimum dan 3 soal untuk nilai kuartil 3.

Cara ini tidak hanya bisa digunakan untuk menghitung skor UTBK saja, namun juga bisa untuk membandingkan hasil nilai Anda selama mengikuti try out UTBK.


3. Cara Menghitung Skor UTBK untuk Nilai Rata-Rata

Cara Menghitung Skor UTBK
Cara Menghitung Skor UTBK untuk Nilai Rata-Rata
Sekarang Anda sudah memahami tentang sistem penilaian, tingkatan nilai dan cara menghitung skor UTBK dan selanjutnya, Anda bisa menghitung nilai rata-rata UTBK.

Untuk bisa menghitung nilai rata-rata, Anda harus mengunduh sertifikat hasil UTBK SBMPTN 2022 terlebih dahulu melalui akun LTMPT di portal.ltmpt.ac.id.

Jika sudah, silahkan perhatikan dan lihat baik-baik nilai yang Anda dapatkan di kelompok soal TKA (Tes Kemampuan Akademik) dan TPS (Tes Potensi Skolastik).

Karena di TKA, nilai akan dibagi menjadi empat kelompok, jika Anda milih TKA Saintek artinya ada nilai Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Tetapi, jika Anda milih TKA Soshum, artinya ada nilai Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi.

Sedangkan untuk yang campuran, artinya ada delapan nilai di sertifikat hasil UTBK Anda yang merupakan antara gabungan TKA Soshum dan TKA Saintek.

Untuk di kelompok TPS juga akan ada empat nilai, yakni nilai kemampuan pemahaman umum (PU), kemampuan membaca dan menulis (PBM), pengetahuan dan pemahaman umum (PPU) dan pengetahuan kuantitatif (PK).

Bila di sertifikat hasil UTBK Anda sudah lengkap dan sesuai dengan kelompok soal yang dipilih, maka tahap yang ketiga yang harus dilakukan adalah memisahkan nilai TKA dan TPS, karena keduanya mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Di bagian ini, kami akan memberikan informasi terkait cara menghitung nilai rata-rata UTBK namun Anda harus menghitung rata-rata nilai per-kelompok soal seperti di ulasan bawah ini:


1. Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal Saintek)

  • Nilai rata-rata TKA Saintek = Nilai dari 4 mata pelajaran (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Sains) ditambahkan lalu dibagi 4.
  • Nilai rata-rata TPS Saintek = Nilai dari 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) ditambahkan lalu dibagi 4.
  • Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Saintek + Nilai rata-rata TPS dibagi 2.


2. Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal Soshum)

  • Nilai rata-rata TKA Soshum = Nilai dari 4 mata pelajaran (Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi) ditambahkan selanjutnya dibagi 4.
  • Nilai rata-rata TPS Soshum = Nilai dari 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) ditambahkan lalu dibagi 4.
  • Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Soshum + Nilai rata-rata TPS dibagi 2.


3. Menghitung Nilai Rata-Rata UTBK (Kelompok Soal Campuran)

  • Nilai rata-rata TKA Saintek = Nilai dari 4 mata pelajaran (Biologi, Fisika, Kimia, Matematika Sains) ditambahkan lalu dibagi 4.
  • Nilai rata-rata TKA Soshum = Nilai dari 4 mata pelajaran (Sejarah, Sosiologi, Geografi, Ekonomi) ditambahkan lalu dibagi 4.
  • Nilai rata-rata TPS = Nilai dari 4 jenis soal TPS (PU, PBM, PBU, PK) ditambahkan lalu dibagi 4.
  • Nilai rata-rata total = Nilai rata-rata TKA Saintek + Nilai rata-rata TKA Soshum + Nilai rata-rata TPS dibagi 3.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin menghitung nilai atau skor UTBK.

Menghitung dan mengetahui nilai atau skor yang akan didapatkan perlu dilakukan, agar Anda bisa mengetahui sampai mana kemampuan dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

Oleh karena itu, pelajari informasi yang kami berikan dengan baik, agar nilai yang didapatkan juga semakin tinggi.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara menghitung skor UTBK 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel