Cara Menghemat Listrik 2022

Cara Menghemat Listrik
Cara Menghemat Listrik - Tak bisa dipungkiri kini listrik adalah salah satu kebutuhan utama yang menunjang masyarakat dalam beraktivitas.

Mulai dari belajar, bekerja bahkan sampai menikmati hiburan dari perangkat elektronik.

Dengan begitu ketersediaan listrik sangat berpengaruh pada kelancaran kegiatan yang dilakukan masyarakat sehari-hari khususnya dirumah.

Jadi hampir semua aktivitas yang dilakukan sehari-hari sangat bergantung pada penggunaan daya listrik.

Penggunaan daya listrik untuk menunjang kegiatan sehari-hari menjadikan konsumsi listrik menjadi hal yang patut dicermati.

Dengan banyaknya alat atau perangkat elektronik sebagai penunjang kegiatan sehari-hari yang menggunakan daya listrik menjadikan penggunaan daya semakin tinggi.

Walau terlihat sederhana tapi ternyata banyak konsumsi listrik yang tidak disadari turit berkontribusi dalam meningkatnya penggunaan daya listrik setiap hari.

Karena itulah alangkah baiknya jika akan lebih memperhatikan setiap penggunaan listrik khususnya di rumah agar tidak hanya menghindari pemborosan energi listrik, namun juga mengurangi tagihan daya listrik yang harus dibayar.

Untuk lebih jelasnya tentang cara menghemat listrik, silahkan simak pembahasan di bawah ini sampai selesai.


Cara Menghemat Listrik


Cara Menghemat Listrik

Cara Menghemat Listrik
Cara Menghemat Listrik
Banyak perangkat atau alat elektronik sehari-hari yang terus-menerus menggunakan daya listrik.

Tanpa disadari beberapa alat elektronik tersebut ternyata tetap menggunakan daya listrik walau sedang tidak digunakan.

Anda bisa bayangkan bagaimana jika daya listrik yang terus terpakai tanpa disadari terakumulasi setiap harinya.

Karena itu anda perlu memperhatikan mulai dari hal sederhana agar daya listrik yang digunakan selalu hemat dan sesuai kebutuhan anda.

Jadi, tidak ada salahnya jika anda dapat menerapkan beberapa cara menghemat listrik yang kami uraikan berikut ini.


1. Nyalakan Lampu Seperlunya

Menyalakan lampu sepanjang hari walaupun tidak dibutuhan adalah salah satu kebiasaan yang banyak orang tidak disadari dan membuat konsumsi listrik meningkat.

Selain konsumsi listriki yang terus meningkat, membiarkan lampu terus menyala saat tidak dibutuhkan juga membuat listrik yang digunakan terbuang percuma.

Jadi mulai biasakan diri sendiri dan keluarga untuk mematikan lampu utama dan lampu tambahan setiap kali ruangan tersebut tak digunakan, khususnya di jangka waktu yang lama.


2. Ganti Lampu Biasa dengan Lampu LED

Cara menghemat listrik yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mengganti lampu biasa dengan lampu LED.

Walau harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu bohlam biasa, ternyata lampu LED 7 watt merek tertentu setara dengan bohlam 60 watt.

Bahkan sekarang sudah ada lampu LED yang dilengkapi dengan tekhnologi pengoperasian nirkabel yang bisa di aktifkan sesuai dengan pengaturan yang diinginkan.

Jadi walaupun anda harus merogoh kocek lebih, tapi anda bisa mendapatkan pencahayaan yang terang dengan konsumsi listrik yang hemat dibandingkan dengan lampu bohlam biasa.


3. Cabut Kabel dari Stop Kontak Ketika Tidak Digunakan

Salah satu kebiasaan banyak orang adalah tidak sadar menggunakan listrik secara terus-menurus dan membiarkan kabel dari alat atau perangkat elektronik tetap terhubung di stop kontak.

Walau sedang tidak digunakan, ternyata kabel yang terhubung di stop kontak seperti kabel Charger tetap mengalirkan arus listrik.

Hal tersebut dapat mengakibatkan daya listrik tetap digunakan secara percuma.

Jadi mulai biasakan untuk mencabut kabel dari stop kontak ketika tidak digunakan agar daya listrik tidak terbuang percuma.


4. Atur Penggunaan Alat Elektronik yang Membutuhkan Daya Listrik Besar

Perhatikan berapa banyak alat elektronik di tempat tinggal anda yang membutuhkan daya besar untuk pengoperasiannya.

Seperti pendingan ruangan, penanak nasi sampai mesin cuci.

Sebagai cara menghemat listrik, maka besarnya daya listrik yang dibutuhkan setiap alat elektronik perlu anda perhatikan agar bisa lebih bijak dalam mengatur penggunaannya sesuai kebutuhan.


5. Atur Ventilasi Udara agar Sirkulasi Udara Lebih Baik

Mengatur ventilasi udara agar sirkulasi udara ruangan lebih baik juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat listrik yang bisa dilakukan.

Dengan mengatur ventilasi udara dan memastikan surkulasi udara ruangan lebih baik bisa mengurangi penggunaan pendingin ruangan.

Dengan begitu anda tidak hanya bisa menghemat penggunaan listrik sesuai kebutuhan, namun juga membuat tempat tinggal menjadi lebih sehat dengan sirkulasi udara yang lebih baik.


Akhir Kata

Bagi anda yang ingin mulai menghemat penggunaan listrik, anda bisa menerapkan beberapa trik yang kami bagikan diatas.

Dengan melakukan beberapa cara menghemat diatas, maka biaya penggunaan daya listrik anda bisa sedikit ringan.

Untuk mendadapatkan informasi terbaru dan terkait lainnya, silahkan bagikan informasi ini kepada teman anda yang belum tahu.

Itulah seluruh isi artikel kita pada pembahasan kali ini mengenai cara menghemat listrik. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel