Cara Menggunakan Mendeley 2022

Cara Menggunakan Mendeley
Cara Menggunakan Mendeley
- Pasalnya menggunakan Mendeley di Word sangatlah berguna untuk bisa menyusun jurnal, skripsi atau sekedar membuat laporan.

Sebab Mendeley sendiri menyediakan plugin yang secara otomatis dapat dipergunakan pada Microsoft Word baik untuk Windows atau Mac sehingga bisa dengan mudah memakai Mendeley di Ms Word.

Melainkan anda akan lebih mudah untuk memasukkan referensi baik itu didalam kutipan atau Bibliografi tanpa harus menulisnya satu persatu.

Itulah sebabnya referensi ini sangat dibutuhkan ketika melakukan teknik menulis buku karena penulis memakai referensi seperti halnya ide, gambaran dan hasil yang sudah dicapai oleh penulis sebelumnya.

Hanya untuk mendukung isi tulisannya, dimana referensi dicantumkan didalam bentuk sitasi atau daftar pustaka pada saat melakukan tehnik menulis.


Pembahasan Cara Menggunakan Mendeley

Dimana referensi nantinya akan dicantumkan pada saat penulisan secara manual, dikarenakan penulis akan mengetik huruf demi huruf per kalimat yang dikutipnya.

Walaupun hal seperti ini tidak begitu efisien, ditambah jumlah kutipan atau referensi yang di cantumkan juga tidak sedikit lalu ketidakcermatan pada saat mengetik.

Biasanya dalam hal ini berakibat dikesalahan penulisan referensi dalam hal ini untuk mengantisipasi penulisan bisa memakai cara alternatif supaya penulisan referensi, sitasi atau daftar pustaka.

Terlebih lagi kemudahan menulis referensi juga didukung oleh pesatnya perkembangan teknologi, sebab saat ini banyak sekali vendor software yang berbasiskan comercial software atau freeware.

Untuk lebih jelasnya lagi, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara menggunakan Mendeley dan simak ulasan sebagai berikut.


Cara Menggunakan Mendeley


Cara Menggunakan Mendeley

Cara Menggunakan Mendeley
Cara Menggunakan Mendeley
Pasalnya cara memakai Mendeley pada Word bertujuan untuk bisa menyusun jurnal, skripsi atau laporan selanjutnya yakni cara menggunakan aplikasi Mendeley pada Word.

Berikut cara menggunakan Mendeley:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni anda unduh software Mendeley di laman resminya dan install aplikasi Mendeley atau silahkan anda kunjungi melalui link Aplikasi Mendeley. Jika sudah aplikasi Mendeley telah terinstall, anda tinggal klik Tools dan pilih opsi Install Ms Word Plungin. Pasalnya Mendeley bisa mendeteksi aplikasi apa saja yang anda pakai seperti halnya Miscrosoft Word atau LibreOffice, maka opsi yang tersedia akan berbeda-beda pula.
  • Apa bila sudah, maka Plugin telah terinstall untuk anda pengguna dari Word pada Mac sehingga Plugin ini akan segera muncul sebagai panel yang terpisah. Sedangkan buat pengguna Windows, dikarenakan Plugin Mendeley ada pada tab Reference berikutnya anda bisa masukkan referensi yang akan dipergunakan. Pasalnya caranya pun, anda tinggal menarik dokumen ke dalam desktop Mendeley.
  • Sehingga Mendeley secara otomatis akan mengidentifikasi jenis dokumen baik itu buku, jurnal dan lain sebagainya bukan itu saja judul dokumen, tahun terbit dan lainnya. Bahkan anda dapat menambahkan sitasi di akhir kalimat yang telah ditulis, caranya pun anda arahkan kursor di tempat yang akan ditulis sitasi atau kutipan kemudian anda klik Insert Citation dan pilih opsi dokumen yang ingin dikutip.
  • Setelah itu, daftar pustaka akan tersusun pada setiap anda menambahkan kutipan dengan gaya tulisan yang cukup seragam dengan sitasi. Apa lagi anda juga dapat klik "Insert Bibliography" maka dokumen referensi anda secara otomatis nantinya akan tersusun disesuaikan dengan citation style yang sudah dipilih. Kemudian anda ubah gaya kutipan dan daftar pustaka disesuaikan dengan keinginannya.


Akhir Kata

Nah, begitulah kira-kira penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda mengenai cara menggunakan aplikasi Mendeley tersebut dengan mudah.

Anda tinggal mengikuti setiap langkah-langkah yang kami berikan dengan cermat, maka anda bisa menggunakan dengan mudah aplikasi Mendeley tersebut.

Jika informasi ini berguna, silahkan anda bagikan link artikel ini ke media sosial anda bahkan anda bisa mendapatkan informasi terupdate dari Cara1001.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara menggunakan Mendeley. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel