Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara Mencuci Tangan yang Benar
Cara Mencuci Tangan yang Benar - Salah satu cara perilaku untuk hidup bersih dan sehat yang selalu dilakukan sejak lama untuk menjaga kesehatan dan kebersihan pribadi yaitu dengan mencuci tangan.

Perilaku ini merupakan suatu kebiasaan yang sangat baik, karena selain untuk menjaga kesehatan dan kebersihan, agama juga mengajarkannya.

Tangan adalah media yang sangat ampuh untuk berpindahnya penyakit, karena tangan digunakan untuk memegang benda-benda yang seringkali tidak anda ketahui atau sadari terdapat bakteri atau virus.

Salah satu contoh yaitu saat anda memegang handle pintu atau pegangan dalam kendaraan, tanpa disadari bahwa disana terdapat virus atau bakteri yang menempel.

Siapa tahu sebelumnya pernah dipegang oleh orang yang batuk atau bersin dan orang tersebut menutup mulutnya menggunakan tangannya.

Lalu tangan anda yang sudah memegang handle pintu tersebut menutup mulut sendiri yang menguap atau langsung memegang makanan.

Hal ini sudah terjadi proses perpindahan bakteri atau virus disana, apalagi jika saat itu daya tahan tubuh anda sedang lemah, dalam masa inkubasi maka anda akan mengalami gejala yang sama.

Mencuci tangan ini sangat diutamakan pada waktu-waktu penting, seperti sebelum makan, setelah buang air besar, setelah beraktivitas, sebelum menyusui atau menyiapkan susu bayi, dan lainnya.

Mencuci tangan merupakan suatu hal yang baik, untuk mencuci tangan agar benar-benar bersih maka anda harus mengetahui cara mencuci tangan yang benar.


Cara Mencuci Tangan yang Benar



1. Cara Mencuci Tangan yang Benar

Cara Mencuci Tangan yang Benar
 Cara Mencuci Tangan yang Benar
Agar anda terhindar dari berbagai macam penyakit menular, maka anda harus rajin mencuci tangan, terutama sebelum makan, minum obat, atau melepas dan memasang lensa kontak.

Mencuci tangan juga harus dilakukan setelah membuang air kecil dan buang air besar, menyentuh binatang peliharaan, membuang sampah, saat merawat luka, dal lainnya

Cara mencuci tangan juga harus anda perhatikan agar tangan anda benar-benar bersih dari kuman dan kotoran.

Silahkan anda mengikuti panduan di bawah ini untuk cara mencuci tangan yang benar diantaranya:
  • Pertama silahkan anda membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir, baik air hangat atau air dingin.
  • Setelah itu silahkan anda menuang sabun ke telapak tangan dan anda gosok sampai berbusa.
  • Lalu anda harus memastikan seluruh bagian tangan terkena sabun, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, dan kuku, silahkan anda melakukannya selama 20 detik.
  • Apabila seluruh tangan dibersihkan, silahkan anda membilas tangan anda di bawah air mengalir sampai busa sabun hilang.
  • Kemudian silahkan anda mengeringkan kedua tangan dengan menggunakan tisu atau handuk bersih.
  • Selesai.

Dengan anda rajin mencuci tangan dengan cara yang benar merupakan salah satu perilaku hidup bersih dan sehat.

Tidak hanya sekedar orang dewasa yang harus mengetahui cara untuk mencuci tangan yang benar ini, namun anak-anak juga harus mengetahuinya.

Apalagi anak-anak sering sekali melakukan sesuatu diluar sana saat mereka bermain, maka anda juga harus mengajari anak-anak cara untuk mencuci tangan yang benar agar terhindar dari infeksi.

Apabila anda mengalami gejala infeksi akibat jarang mencuci tangan, seperti demam, diare, sakit perut, muntah, atau bahkan sesak napas, maka segera periksakan kedokter untuk mendapatkan penanganan.


Akhir Kata

Di atas telah dijelaskan cara untuk mencuci tangan yang benar, silahkan anda membiasakan diri untuk mencuci tangan dengan benar tersebut agar anda terhidar dari penyakit (virus atau bakteri).

Silahkan anda membagikan informasi yang anda dapatkan pada artikel ini mengenai cara untuk mencuci tangan yang benar ini agar mereka juga tidak gampang terkena virus atau penyakit.

Semoga dengan adanya ulasan tentang cara untuk mencuci tangan yang benar ini berguna untuk anda semua dan menambah wawasan anda.

Itulah seluruh isi dari pembahasan artikel kali ini yang dapat kami jabarkan mengenai cara mencuci tangan yang benar.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel