Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris 2022

Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris
Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris - LCD merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display yang dimana tampilan dengan menggunakan bahan kristal yang cair.

Panel dari LCD tersebut menggunakan layar kristal yang mempunyai sinar neon ataupun fluorescent yang bisa memancarkan cahaya putih.

Pastinya anda tidak akan merasa nyaman jika anda memonton tv dengan keadaan tv yang mempunyai garis.

Yang diaman pastinya akan sangat mengganggu pada saat anda menonton channel favorite anda, karna dihalangi oleh garis-garis yang muncul pada layar.

Banyak juga dari para pengguna TV LCD yang mengeluhkan akan hal tersebut, karna mereka merasa kesal pada saat menonton di ganggu oleh garis-garis di layar.

Tapi anda tidak perlu khawatir, karna pada kesempatan kali ini kami akan memberikan anda cara yang bisa anda lakukan untuk bisa memperbaiki masalah tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak cara memperbaiki tv lcd bergaris yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!


Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris


1. Penyebab di Balik Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris

Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris
Penyebab di Balik Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris
Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris mempunyai penyebab di balik itu semua yang sudah terjadi atau masalah dari layar lcd yang bergaris.

Pada saat TV LED ataupun LCD yang sudah menunjukkan kerusakan yang berupa garis-garis yang bermunculan pada layar.

Kabel flat yang tidak terhubung dengan baik pada board T-Con bisa terjadi dikarenakan kerusakan tersebut.

Bahkan untuk bisa mengeceknya anda bisa saja langsung mencoba untuk mengetuk pada bagian belakang TV yang berada di bawah.

Mungkin saja garis tersebut bisa hilang atau tampilan tv kembali menjadi normal kembali.

Walaupun demikian, anda bisa memastikan bahwa kerusakan yang ada hanyalah pada kabel longgar yang berada pada bagian board T-Con.


2. Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris

Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris
Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris
Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris terkadang suka timbul garis-garis vertical terkadang juga normal, kerusakan panel lcd merupakan salah satu kerusakan yang sudah sering dialami.

Walaupun dalam bentuk ataupun porsi yang sudah berbeda, misalnya ada sebagian atau sepertiga dari panel, akan tetapi seumber kerusakan yang dimilki hampir sama.

Anda bisa coba untuk memodifikasi source tegangan yang menspply pada bagian rownya, (out tegangan Ic scan MAX 17108).

Supaya suplai dari tegangan tersebut bisa mendekati normal kembali, seperti yang sudah anda ketahui, bawah panel seperti itu tidak mempunyai FPC untuk Raw drivernya (scan driver).

Di bawah ini sudah ada beberapa langkah-langkah yang akan anda lakukan untuk bisa mengembalikan lcd seperti semula lagi, sebagai berikut:
  • Sebelum anda membongkar semua casing panel untuk bisa memastikan bahwa tidak ada jalur FPC atau (column) yang terbakar.
  • Silahkan anda cek semua tegangan output Ic power Tcon koreksi jika anda kekurangan dari semua system tegangan yang ada.
  • Biasanya ada permasalahan yang muncul disini, IC scan Driver MAX17108 tersebut.
  • Apabila semua tegangannya berjalan dengan normal, tapi pada saat flickernya muncul.
  • Nantinya akan ada level tegangan output pada pin 13-22 yang akan mengalami penurunan, namun masih bisa konstan pada output Ic power (24V).
  • Coba anda putuskan jalur untuk pin out 21 yang langsung menuju ke FPC ataupun panel.
  • Anda juga ukur ulang tegangan dalam kondisi tanpa beban (tv on), biasanya akan kembali konstan pin 21(+/_24v).
  • Dan juga terdapat dua alternatif atau option yang bisa ic nya rusak dan (diganti), atau memangnya panelnya yang sudah terlanjur rusak.
  • Jika panel tersebut yang sudah rusak anda bisa melakukan jumper langusng antara tegangan out IC power dengan menggunakan jalur in pada FPC ataupun panel yang sudah anda putuskan tadi.
  • Jumper dengan r 10 ohm digunakan sebagai couple atau pengaman.
  • Anda bisa mencobanya sebentar, lalu matikan kembali, apabila sudah tidak ada jalur FPC yang terbakar.
  • Dan untuk semua ic yang ada pada Tcon dalam suhu yang normal berarti sudah berhasil.
  • Namun ada kemungkinannya setelah anda memodifikasi semua jalur yang ada pada FPC yang sudah terbakar, itu artinya panelnya sudah parah (gagal).


Akhir Kata

Demikainlah informasi yang bisa kami berikan untuk anda mengenai cara untuk memperbaiki tv lcd yang bergaris.

Silahkan anda pahami apa penyebab yang membuat lcd tersebut bisa menimbulkan garais, apabila anda sudah mengetahui penyebabnya.

Anda bisa mencegah supaya hal tersebut tidak bisa terulang kembali, dan dilanjutkan dengan anda menerapkan cara untuk bsia menormalnyakanya kembali.

Tapi kami tidak bisa menjamin bawah cara yang sudah kami berikan bisa berhasil 100%, sebaiknya anda langsung membawanya ke ahlinya.

Itulah seluruh pembahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara memperbaiki tv lcd bergaris, sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel