Cara Membuat Google Form Kuesioner 2022

Cara Membuat Google Form Kuesioner
Cara Membuat Google Form Kuesioner
- Sebab membuat Kuesioner online saat ini banyak di cari oleh semua orang untuk berbagai macam keperluan, apa lagi semenjak pandemi Covid-19 melanda.

Termasuk kuesioner online menjadi alternatif untuk keperluan penting, sebab kuesioner online umumnya disebarkan oleh mahasiswa yang sedang mengerjakan karya ilmiah.

Baik itu sekedar evaluasi pembelajaran sampai dengan masukkan data, ada berbagai macam platform yang juga menyediakan bagaimana cara membuat kuesioner online pada situs tersebut.

Salah satunya termasuk termasuk Survey Monkey, Typeform, Survey Planet dan Google Form sebab Google Form adalah platform yang banyak dipergunakan untuk membuat kuesioner online.

Bahkan data yang didapatkan lewat Google Form bisa anda olah secara gampang, tidak itu saja anda juga dapat mendownload data kuesioner dan mengelolahnya lewat aplikasi lainnya.

Untuk lebih jelasnya lagi, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara membuat Google Form Kuesioner dan simak ulasan sebagai berikut.


Cara Membuat Google Form Kuesioner



Cara Membuat Google Form Kuesioner

Cara Membuat Google Form Kuesioner
Cara Membuat Google Form Kuesioner
Bahkan anda tidak perlu lagi kesulitan untuk membuat kuesioner online, anda juga bisa memakai Google Form dengan gampang.

Kalau anda ingin memakai layanan dari Google tersebut, sehingga anda harus mempunyai akun Gmail apa bila anda belum punya akun Gmail maka anda dapat membuatnya.

Berikut cara membuat Google Form Kuesioner:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni anda masuk ke dalam halaman Google Form, silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (https://docs.google.com/forms/u/0/?pli=1).
  • Jika sudah selesai, maka anda tinggal pilih opsi model yang akan dipergunakan disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan sebab Google menyediakan berbagai macam model yang dapat anda pilih. Lalu dihalaman awal kuesioner akan terbuka langsung.
  • Silahkan anda masukkan saja judul kuesioner di kolom "Untitled Form" dengan mencantumkan juga pengantar serta penjelasan singkat tentang kuesioner pada kolom Form Description, jika sudah anda bisa langsung membuat isian kuesioner.
  • Apa bila pilih opsi jenis respons yang anda inginkan dari kuesioner, sebab Google menyediakan banyak pilihan untuk pertanyaan terbuka atau tertutup.
  • Pasalnya anda juga dapat memilih jenis respons yang cukup berbeda untuk setiap pertanyaan kuesioner lalu anda pilih salah satu di antara jawaban pendek, jawaban paragraf, pilihan ganda, kotak centang, pilihan ke bagian bawah, upload berkas, skala linear, tanggal atau waktu.
  • Sebab ketika pertanyaan atau pertanyaan yang ingin diberikan kepada responden lewat kuesioner, dimana anda dapat mengajukannya secara langsung pada kolom Untitled Question.
  • Selanjutnya anda pilih kewajiban respons kuesioner khusus nomor yang sedang dibuat, maka anda dapat melakukan langkah ini dengan pilihan opsi "Required". Kalau mengaktifkan pilihan tersebut, sehingga anda mewajibkan responden kuensioner untuk menjawab pertanyaan yang diberikan.
  • Maka anda membuat pertanyaan baru dengan klik + lalu anda kembali ulangi langkah 5, 6 dan 7 pada tampilan layar dimulai dari langkah 6 hingga 8 terlihat.
  • Selanjutnya anda perlu ulangi langkah 5, 6, 7 dan 8 dari tips-tips misalnya kuesioner Google Form untuk pertanyaannya selanjutnya. Maka anda dapat mengubah jenis respons yang diinginkan di setiap nomor yang anda inginkan.
  • Jika sudah selesai pertanyaan dan pertanyaan yang diberikan, silahkan anda atur Google Form lewat Settings pilihlah tersebut terdapat di pojok kanan atas layar.
  • Ada beberapa pengaturan penting yang harus anda tentukan, contohnya saja apakah respon bisa merevisi jawaban yang dikirim apakah kuesioner ini berupa penilaian dan apakah pengisian dapat melihat hasil kuesioner mereka.
  • Tahap terakhir, silahkan anda mengirim formulir lewat surel atau tautan lakukan dengan menggunakan klik Send pada pojok kanan atas.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, pasalnya dengan informasi ini anda bisa lebih mudah membuat Google Form Kuesioner.

Anda tinggal mengikuti setiap langkah-langkah yang telah kami sampaikan buat anda, supaya anda berhasil didalam membuat Kuesioner di Google Form.

Jika menurut anda informasi ini berguna dan bermanfaat, langsung saja anda bagikan link artikel ini ke media sosial anda punya anda.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara membuat Google Form Kuesioner. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel