Cara Cek Sertifikat Vaksin 2022

Cara Cek Sertifikat Vaksin
Cara Cek Sertifikat Vaksin
- Seperti yang kita ketahui, bahwasannya seiring membaiknya kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia dimana pemerintah sudah melakukan beberapa penyesuaian.

Termasuk salah satunya dengan mengganti beberapa syarat untuk perjalanan memakai transportasi udara, sebab perubahan paling signifikan yakni ada dipelaku perjalanan yang telah melakukan vaksin.

Baik itu kedua atau ketiga tidak perlu lagi menunjukkan hasil negatif tes rapid antigen ataupun PCR, meskipun begitu pelaku perjalanan masih sangat membutuhkan aplikasi PeduliLindungi.

Karena aplikasi ini bisa membuktikan bahwasannya seseorang sudah pernah mendapatkan vaksin kedua dan ketiga, hal itu sangatlah penting buat masyarakat untuk mengetahui cara melakukan pengecekan.

Sebab sertifikat vaksinasi Covid-19 pada saat ini dibutuhkan untuk mengakses sejumlah layanan, fasilitas dan tempat publik.

Kkalau anda tidak dapat menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19, anda tidak akan memperoleh izin untuk masuk ke dalam fasilitas publik tersebut seperti halnya restoran, mall dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan cara cek sertifikat vaksin dan simak saja ulasan sebagai berikut.


Cara Cek Sertifikat Vaksin


1. Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat SMS

Cara Cek Sertifikat Vaksin
Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat SMS
Berikut cara cek sertifikat vaksin lewat SMS:
  • Pertama-tama, kalau anda sudah melakukan vaksin Covid-19 anda akan mendapatkan SMS dari nomor 1199 yang dimana menyatakan bahwasannya anda sudah berhasil mengikuti vaksinasi tahap pertama.
  • Pasalnya SMS ini berisikan nama lengkap, nomor NIK, nomor tiket vaksin dan jadwal vaksin dosis kedua lengkap dengan tanggal beserta lokasi vaksinasi.
  • Sebab di dalam pesan singkat tersebut, dimana akan tercantum link untuk melihat sertifikat vaksin digital sebagai bukti bahwasannya anda telah selesai melakukan vaksin tahap pertama.


2. Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat Situs PeduliLindungi

Cara Cek Sertifikat Vaksin
Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat Situs PeduliLindungi
Berikut cara cek sertifikat vaksin lewat situs PeduliLindungi:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (https://pedulilindungi.id/).
  • Jika sudah masuk ke dalam situs tersebut, maka dihalaman utama silahkan anda pilih opsi "Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi".
  • Setelah itu, anda klik dimana anda akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel yang telah di daftarkan untuk bisa melaksanakan program vaksinasi.
  • Kemudian anda tinggal masukkan kode OTP yang telah dikirim lewat SMS untuk melakukan proses verifikasi.
  • Jika sudah berhasil masuk, maka anda tinggal klik menu "Sertifikat Vaksin" yang terdapat disamping kiri.
  • Pada tahap ini, nantinya akan muncul sertifikat vaksin Covid-19 pada tahap pertama ataupun tahap kedua.


3. Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp

Cara Cek Sertifikat Vaksin
Cara Cek Sertifikat Vaksin Lewat WhatsApp
Berikut cara cek sertifikat vaksin lewat WhatsApp:
  • Pasalnya pengguna bisa masuk ke dalam aplikasi WhatsApp yang terdapat di Smartphone-nya.
  • Silahkan anda langsung hubungi ke nomor chatbot WhatsApp.
  • Maka sertifikat PeduliLindungi maka akan mengeluarkan ucapan dengan tulisan "Selamat Datang di WhatsApp Resmi Kemenkes RI" sedangkan untuk memulainya anda tinggal klik Menu Utama dan pilih saja layanan kemudian anda klik paad opsi Menu Utama.
  • Setelah itu, anda tinggal centang di opsi Sertifikat Vaksin lalu anda klik Kirim.
  • Oleh sebab itu, maka pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor telepon yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.
  • Jika sudah, silahkan input 6 digit OTP yang dikirim ke dalam Smartphone dan masukkan kode OTP yang diterima.
  • Kalau ingin mengunduh sertifikat vaksinasi, silahkan anda klik di kolom yang dibutuhkan kemudian akan muncul sertifikat vaksinasi.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, dimana informasi ini berguna untuk anda yang ingin melakukan pengecekkan sertifikat vaksin.

Anda tinggal pilih salah satu yang cocok untuk anda gunakan dan juga mudah, silahkan anda ikuti setiap langkah-langkah dengan cermat.

Jika menurut informasi ini berguna dan bermanfaat, langsung saja anda bagikan link artikel ini ke media sosial anda milik bahkan anda bisa mendapatkan informasi terupdate dari Cara1001.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek sertifikat vaksin. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel