Cara Cek Bantuan BSU 2022

Cara Cek Bantuan BSU
Cara Cek Bantuan BSU - Hingga saat ini, pencairan Bantuan Subsidi Upah (BSU) masih dinanti-nanti oleh para pekerja swasta/buruh dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Karena Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah telah menjanjikan jika BSU senilai Rp 1 juta ditargetkan akan cair sebelum Lebaran 2022, namun hingga saat ini belum juga dicairkan.

Alasan BSU belum juga cair berdasarkan informasi dari Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menyebut, jika pihaknya saat ini masih melakukan finalisasi regulasi serta mengecek data calon penerima.

"Pihak ami masih memfinalkan regulasi serta mengecek data para calon penerima, semoga prsesnya cepat selesai, agar kami bisa langsung menyalurkan daba BSU tersebut. Karena kami ingin perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya sesuai dengan tata kelola yang baik," kata Anwar.

Ketika ditanya terkait kapan kepastian BSU akan dicairkan, maka pihaknya belum bisa memastikan, namun pihaknya tetap berharap agar penyaluran bisa segera dilakukan.

Bila Anda termasuk dalam persyaratan sebagai penerima BSU yakni pekerja swasta dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta per bulan dan anggota aktif BPJS Ketenagakerjaan, maka bisa mengecek apakah terdaftar sebagai penerima bantuan tersebut atau tidak.

Sedangkan cara cek bantuan BSU bisa dilakukan dengan beberapa cara dan berikut ini ulasannya.


Cara Cek Bantuan BSU


1. Cara Cek Bantuan BSU dengan Mengecek Kepesertaan di Aplikasi BPJSTK Mobile

Cara Cek Bantuan BSU
Cara Cek Bantuan BSU dengan Mengecek Kepesertaan di Aplikasi BPJSTK Mobile
Sebelum mengecek bantuan BSU, maka pastikan terlebih dahulu jika Anda sudah terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

Karena salah satu syarat penerima BSU Rp 1 juta adalah Anda terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk cara cek bantuan BSU melalui aplikasi BPJSTK Mobile seperti berikut ini:
  • Terlebih dahulu unduh dan install aplikasi yang dibutuhkan dengan mengakses tautan berikut ini (Download Aplikasi BPJSTK).
  • Kemudian buka aplikasinya setelah selesai diinstall.
  • Lalu masukkan KPJ (ada di kartu BPJS Ketenagakerjaan).
  • Masukkan juga NIK e-KTP Anda lalu tuliskan tanggal lahir.
  • Selanjutnya masukkan nama (cara cek BPJS Ketenagakerjaan dengan KTP)
  • Setelah terdaftar dan login, nantinya Anda bisa mengetahui status kepesertaan BPJAMSOSTEK dengan cara pilih menu "Kartu Digital". Di bagian bawah di dalam menu tersebut, akan ditampilkan status kepesertaan cek BPJS Ketenagakerjaan aktif atau tidak.


2. Cara Cek Bantuan BSU melalui Laman BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Bantuan BSU
Cara Cek Bantuan BSU melalui Laman BPJS Ketenagakerjaan
Laman BPJS Ketenagakerjaan adalah laman yang bisa diakses, bila ingin mengecek apakah data Anda terdafter sebagai penerima bantuan BSU atau tidak.

Adapun cara cek bantuan BSU melalui laman BPJS Ketenagakerjaan seperti berikut ini:
  • Untuk langkah pertama, silahkan masuk ke laman BPJS Ketenagakerjaan melalui link berikut ini (https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/).
  • Setelah laman terbuka dan di bagian "Cek apakah Anda termasuk penerima BSU?", silahkan tuliskan Nomor NIK KTP, nama serta tanggal lahir sesuai dengan yang ada di KTP.
  • Kemudian cek bagian verifikasi lalu klik "Lanjutkan" dan hasil akan ditampilkan.
  • Bila Anda terdaftar sebagai calon penerima BSU, maka akan muncul pernyataan yang bertuliskan "Anda lolos verifikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi berikutnya akan dilakukan oleh pihak Kemnaker. Proses verifikasi dan validasi tersebut biasanya akan dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021".
  • Tetapi, bila Anda tidak terdaftar sebagai penerima bantuan BSU, maka akan muncul pernyataan atau teks yang bertuliskan: "Mohon maaf, Anda belum termasuk sebagai kriteria calon penerima BSU sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2022".


3. Cara Cek Bantuan BSU melalui Laman Resmi Kemnaker

Cara Cek Bantuan BSU
Cara Cek Bantuan BSU melalui Laman Resmi Kemnaker
Selain laman BPJS Ketenagakerjaan, cara lain yang bisa diterapkan, bila ingin mengecek penerima BSU 2022 adalah dengan mengunjungi laman resmi Kemnaker.

Untuk cara cek bantuan BSU melalui laman resmi Kemnaker seperti berikut ini:
  • Kunjungilah laman Kemnaker melalui link berikut ini (www.kemnaker.go.id).
  • Setelah laman terbuka, Anda bisa daftar akun bila belum mempunyai akun.
  • Bila sudah mempunyai akun, maka lakukan login ke akun yang Anda miliki kemudian lengkapi profil biodata diri seperti foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.
  • Selanjutnya cek pemberitahuan untuk mendapatkan notifikasi sebagai penerima bantuan BSU atau bukan.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, bila ingin mengecek apakah Anda terdaftar sebagai penerima bantuan BSU atau tidak.

Sebelum mengecek bantuan BSU, pastikan terlebih dahulu apakah Anda terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau tidak.

Bila tidak terdaftar sebagai perserta BPJS Ketenagakerjaan, kemungkinan Anda tidak terdaftar sebagai penerima BSU.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara cek bantuan BSU 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel