Cara Agar Laptop Tidak Lemot 2022

Cara Agar Laptop Tidak Lemot
Cara Agar Laptop Tidak Lemot - Mengatasi laptop lemot menjadi ilmu dasar yang wajib diketahui bagi seseorang yang menghabiskan waktu pekerjaannya bersama alat canggih tersebut.

Terutama, di masa pandemi COVID -19 seperti saat ini, mewajibkan kita untuk lebih sering bekerja di rumah atau WFH, sehingga mengatasi laptop lemot harus bisa dilakukan sendiri di rumah.

Karena mengatasi laptop lemot bukanlah perkara sulit, mengingat ada banyak cara mudah dan sederhana yang bisa diterapkan untuk mengatasinya.

Anda juga harus mengetahui jika laptop lemot kemungkinan disebabkan karena terlalu banyak program yang dijalankan.

Hal ini pastinya memakan banyak daya pemrosesan, sehingga mempengaruhi kinerja dan kecepatan laptop tersebut.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena ada banyak juga tips mengatasi laptop lemot agar hal tersebut tidak terulang lagi dan menganggu aktivitas pekerjaan Anda yang bisa diterapkan.

Nah, berikut ini kami bagikan cara agar laptop tidak lemot yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Agar Laptop Tidak Lemot


1. Cara Agar Laptop Tidak Lemot pada PC Windows

Cara Agar Laptop Tidak Lemot
Cara Agar Laptop Tidak Lemot pada PC Windows
Bila Anda menjalankan Windows 10, 8, atau 7 dan bertanya pada diri sendiri ‘Mengapa laptop saya lemot dan bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ini adalah sesuatu yang harus dipahami, terkait cara agar laptop tidak lemot yang bisa diterapkan:


1. Identifikasi Program yang Membuat Laptop Lemot

Jika Anda mempunyai program yang menggunakan banyak memori, maka ini saat yang tepat untuk memutuskan apakah program tersebut sesuai dengan sumber daya yang digunakan.

Ini juga bisa berupa aplikasi Third Party yang dimulai secara otomatis dan sebenarnya tidak digunakan.

Atau bisa juga program yang dibuka sebelumnya dan telah dilupakan dan menghapus program ini bisa menjadi salah satu cara tepat agar laptop tidak lemot.



2. Tutup Program yang Tidak Perlu

Cara agar laptop tidak lemot pada PC Windows selanjutnya yaitu dengan mengurangi atau menutup aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan atau terbuka namun tidak sedang anda gunakan.

Agar bisa mempercepat komputer yang lambat, maka disaranakn untuk menutup program yang tidak perlu dengan cara, tekan Ctrl, Alt, dan Delete kemudian pilih Task Manager dan pada Processes tab.

Nantinya, Anda bisa melihat apa yang terbuka dan berapa banyak CPU serta memori yang digunakannya, kemudian tutup program yang tidak digunakan.

Komputer atau laptop pastinya sering mempunyai program yang diaktifkan ketika kita menyalakan komputer.

Ada juga program yang dibutuhkan di awal start-up, namun tidak dibutuhkan lagi dan menonaktifkannya bisa menjadi solusi untuk mengatasi laptop lemot.


3. Periksa Browser Web dan Koneksi Intermet

Mungkin Anda sering melihat laptop mulai lemot, maka pastikan untuk memeriksa browser yang digunakan apakah sudah up to date atau tidak.

Akan ada pilihan About untuk menunjukkan nomor versi yang digunakan dan jika ada opsi untuk menginstal versi baru secara otomatis, silahkan diaktifkan.

Selain itu, mempunyai terlalu banyak Add-On dan Extensions juga bisa memperlambat browser di laptop.



4. Defrag Hard Disk Drive

Defragmenting atau defragging hard disk drive (HDD) bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan oleh sistem untuk menemukan setiap bagian data yang diperlukan saat menjalankan program dan aplikasi.

Metode ini bisa diterapkan agar laptop tidak lemot dengan cara mendefrag disk yang bisa dipakukan dengan klik menu Start atau tombol Windows> Control Panel> System and Security.

Di bawah Administrative Tools, silahkan klik Defragment your Hard Drive.


2. Cara Agar Laptop Tidak Lemot pada Mac

Cara Agar Laptop Tidak Lemot
Cara Agar Laptop Tidak Lemot pada Mac
Bila Anda pengguna Mac, maka perlu memperhatikan perangkat lunak dan program yang baru diinstal, karena keduanya kemungkinan bisa menjadi penyebab laptop menjadi lemot.

Bahkan, hal tersebut bisa menjadi masalah utama dari laptop Mac yang lemot, sehingga mengidentifikasi file atau program yang korup itu penting, namun Finder yang lambat biasanya mempunyai asal yang jauh lebih buruk.

Berikut ini kami bagikan cara agar laptop tidak lemot pada Mac yang bisa diterapkan:


1. Restart

Sangat mudah untuk membiarkan sistem Mac hidup tanpa mematikannya dan hal ini bisa membuat laptop Mac sudah siap ketika akan bekerja.

Tetapi, merestart ulang laptop Mac bisa menjasi salah satu untuk cara mengatasi laptop lemot, karena akan membuat laptop menyimpan informasi atau memberi ruang baru untuk memori (RAM).

Sedangkan cara mengatasi laptop lemot ini bisa menghilangkan aplikasi atau proses yang tidak digunakan dan berjalan di latar belakang.



2. Batasi Aplikasi yang Dibuka

Cara agar laptop tidak lemot di Mac selanjutnya yaitu dengan membatasi jumlah aplikasi yang anda buka secara bersamaan.

Membuka banyak aplikasi secara sekaligus pastinya membutuhkan sumber daya RAM yang besar.

Ketika Anda melakukan banyak tugas, maka RAM yang tersedia tersebar di antara seluruh program yang terbuka dan operasi yang terjadi di dalamnya.


3. Batasi Jumlah Tab Browser

Penjelajahan web khususnya dengan banyak tab yang terbuka, bisa membuat laptop menjadi lemot terutama bila Anda tidak mempunyai memori yang cukup.

Karena setiap tab baru pada dasarnya seperti membuka browser baru dan saat Anda membuka lebih dari sepuluh tab, maka memori dan sumber daya sistem di Mac akan terkuras.


3. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Bila laptop Mac masih menggunakan hard drive (HDD) alih-alih solid state drive (SSD) dan hampir penuh, maka untuk mengatasi laptop lemot yang terbaik bisa dilakukan dengan mengosongkan memori kemudian menghapus aplikasi yang tidak digunakan.


4. Kurangi Jumlah Aplikasi di Dock

Setiap aplikasi yang ada di Dock membutuhkan data yang diambil dari sumber daya sistem, sehingga bisa diakses lebih cepat daripada dari jendela Finder.

Cara agar laptop Anda tidak lemot, bisa dilakukan dengan memberinya lebih banyak ruang untuk bernapas yakni buka System Preferences > Dock, kemudian hapus centang Animate opening applications dan Automatically hide and show the Dock.



5. Hapus Screen Saver

Kita semua pastinya memamerkan foto yang dijadikan sebagai wallpaper desktop atau screen saver, kemudian menyesuaikan pengaturan sehingga gambar berubah setiap 5 atau 15 menit.

Namun, untuk memungkinkan hal ini terjadi, maka sistem Anda harus mengalokasikan sumber daya untuk mengakses foto, mengubah latar belakang desktop, serta memuat screen saver.

Akibat dari aktivitas ini adalah bisa memperlambat sistem.

Tetapi Anda bisa menghapus screen saver tersebut, agar laptop tidak lemot dengan cara buka System Preferences > Desktop & Screen Saver, lalu klik tab Desktop kemudian hapus centang pada opsi Change picture.

Selanjutnya , klik tab Screen Saver, klik menu drop-down di sebelah Start after lalu pilih Never.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, bila ingin menjaga atau mengatasi agar laptop tidak lemot.

Cara yang kami bagikan sangat mudah diterapkan, baik oleh pemula ataupun orang yang ahli di bidang IT.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara agar laptop tidak lemot 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel