Cara Secret Chat Telegram 2022

Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram -Sama seperti beberapa aplikasi chatting lainnya, Telegram juga mempunyai fitur yang memungkinkan penggunanya bisa mengirim pesan yang sifatnya hanya sementara atau hilang secara otomatis dalam waktu tertentu.

Fitur yang dimaksud tersebut bernama Secret Chat dan merupakan ruang obrolan rahasia yang akan memberi kemudahan pengguna, jika mereka tidak ingin menyimpan pesan dalam jangka waktu yang lama.

Nantinya, pesan yang dikirim melalui ruang obrolan ini secara default sudah dilindungi enkripsi end-to-end, sehingga tidak ada siapapun yang bisa melihat atau percakapan selain pengirim dan penerima pesan.

Sedangkan isi pesan di Secret Chat juga hanya bisa dibaca oleh perangkat yang digunakan, untuk mengirimkan pesan tersebut.

Artinya, jika pengguna pindah ke perangkat lain walaupun menggunakan akun yang sama, maka isi chat tetap tidak bisa dibaca.

Karena fitur Secret Chat di Telegram hanya berlaku untuk chat pribadi saja dan bukan obrolan grup. Sehingga pengguna bisa mengatur waktu, kapan chat tersebut akan terhapus dengan sendirinya.

Nah, berikut ini kami bagikan cara secret chat Telegram yang bisa diterapkan.


Cara Secret Chat Telegram


1. Cara Secret Chat Telegram dengan Fitur Secret Chat

Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram dengan Fitur Secret Chat
Untuk fitur Secret Chat sangat mudah digunakan guys, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah.

Nah, berikut ini cara Secret Chat Telegram dengan mudah yang bisa diterapkan:
  • Pertama, bukalah aplikasi Telegram melalui smartphone Anda, baik Android ataupun iOS.
  • Di halaman utama, silahkan pilih salah satu chat personal yang dikehendaki dan jika sudah menentukkan, bukalah ruang obrolan (pribadi) tersebut, kemudian klik gambar profil penerima pesan. Pada halaman selanjutnya, untuk membuka menu pengaturan chat, silahkan klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung memilih opsi "Secret Chat" untuk mengirim pesan yang hilang secara otomatis.
  • Selanjutnya, klik tombol "Start" yang muncul melalui jendela pop-up kecil dan nantinya, Anda akan masuk ke dalam ruang obrolan rahasia, di mana Anda dan penerima, bisa saling mengirim pesan secara pribadi (one-on-one). Untuk tampilannya bisa dibilang seperti ruang obrolan pada umumnya, hanya saja, ruang obrolan tersebut sudah dilindungi enkripsi end-to-end secara otomatis.
  • Sehingga Anda bisa mengatur waktu, kapan chat tersebut akan hilang atau terhapus dengan sendirinya. Caranya, klik ikon berbentuk jam kecil yang ada di bagian bawah foto profil. Saat di-klik, maka akan muncul opsi "Self Destruct Timer" dan di sana, Anda bisa memilih durasi waktu yang diinginkan. Contohnya, Anda memilih waktu "15 Minutes". Maka, pesan yang sudah dikirim dan diterima akan hilang setelah 15 menit secara permanen.
  • Sedangkan durasi pesan hilang otomatis yang ditawarkan mulai dari 1 detik sampai 7 hari. Bila ingin menyelesaikan obrolan, maka Anda bisa menghapus riwayat percakapan terlebih dahulu dengan cara menekan opsi "Delete Chat" pada menu yang tersedia.


2. Cara Secret Chat Telegram dengan Fitur Clear History

Cara Secret Chat Telegram
Cara Secret Chat Telegram dengan Fitur Clear History
Selain mengandalkan "Secret Chat", sebagai pengguna Telegram, Anda juga bisa menggunakan fitur hapus obrolan atau Clear History otomatis yang berlaku untuk semua jenis chat, baik pribadi ataupun grup.

Melalui fitur ini, Anda bisa menentukan chat mana yang nantinya akan terhapus dengan sendirinya dalam jangka waktu yang telah ditentukan, mulai dari 24 jam bahkan hingga sebulan.

Adapun cara secret chat Telegram dengan fitur Clear History sebagai berikut:
  • Bukalah aplikasi Telegram melalui smartphone Anda seperti Android ataupun iOS).
  • Lalu , pilih salah satu ruang obrolan yang Anda inginkan, kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan atas.
  • Kemudian, pilih opsi "Clear History" dan antinya, akan muncul opsi "Auto Delete" untuk menghapus pesan secara otomatis. Anda bisa langsung memilih durasi pesan yang dikehendaki, misalnya 24 jam, 7 hari, atau 1 bulan.
  • Bila sudah, Anda tinggal meng-klik tombol "Enable Auto Delete" yang ada di bagian bawah. Sebagai contoh, Anda memilih waktu "1 Month", artinya, pesan yang dikirim dan diterima akan hilang secara permanen setelah 1 bulan.



Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, bila ingin secret chat Telegram.

Fitur ini bisa digunakan, bila Anda menginginkan privasi yang lebih pada ruang obrolan.

Sehingga chat yang sifatnya pribadi atau privasi tidak akan bisa dibaca oleh orang lain.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara secret chat Telegram 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel