Cara Mengirim Tugas di Google Classroom 2022

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom
Cara Mengirim Tugas di Google Classroom - Tak bisa dipungkiri, jika pandemi mengalihkan berbagai kegiatan yang biasanya dilakukan secara tatap muka ke ranah digital, termasuk kegiatan belajar mengajar.

Mau tidak mau, masyarakat, khususnya para pelajar dan pengajar harus beradaptasi dengan kebiasaan baru tersebut, agar proses belajar mengajar tetap berjalan lancar.

Selain kegiatan belajar yang memanfaatkan platform konferensi video, namun instansi pendidikan juga menggunakan platform online untuk pengiriman serta pengumpulan tugas.

Salah satu platform yang bisa digunakan dalam aktivitas ini adalah Google Classroom, yang dapat dimanfaatkan oleh pengajar untuk memberikan tugas serta mengunggah pengumuman terkait kegiatan pembelajaran kepada siswa.


Pembahasan Cara Mengirim Tugas di Google Classroom

Penggunaan platform ini mungkin termasuk hal baru bagi sebagian orang tua yang harus mendampingi anaknya selama kegiatan belajar daring diberlakukan.

Tak heran, jika para orang tua sering merasa bingung ketika harus memeriksa dan mengirimkan tugas melalui Google Classroom.

Sedangkan untuk para pelajar, mungkin tidak terlalu kesulitan karena mereka sudah terbiasa menggunakan berbagai aplikasi di smartphone mereka.

Walaupun begitu, masih saja ada pelajar yang merasa kesulitan saat mengirimkan tugas yang diberikan oleh gurunya.

Bila Anda adalah salah satu dari mereka, maka kami sarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai.

Karena kami akan membagikan cara mengirim tugas di Google Classroom yang bisa dipelajari serta diterapkan dan berikut ini ulasannya.


Cara Mengirim Tugas di Google Classroom


Cara Mengirim Tugas di Google Classroom dengan Mudah

Cara Mengirim Tugas di Google Classroom
Cara Mengirim Tugas di Google Classroom dengan Mudah
Untuk mengirim tugas di Google Classroom, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan guys.

Selain itu, perhatikan jam berapa batas tugas tersebut bisa dikirimkan, karena jika melewati batas waktu yang ditetapkan oleh guru, maka Anda tidak bisa mengirimnya karena dianggap telah terlambat dan tidak akan mendapatkan nilai.

Oleh karena itu, kirimkanlah tugas tepat pada waktunya, sesuai dengan yang ditetapkan oleh guru guys.

Adapun cara mengirim tugas di Google Classroom dengan mudah seperti berikut ini:
  • Ketik dan akses alamat Google Classroom melalui peramban atau melalui link berikut ini (Google Classrom)
  • Selanjutnya klik Kartu Kelas lalu pilih tugas yang terdapat pada daftar tugas di kartu di sebelah kiri halaman, atau bisa juga dengan melihat tab Classwork atau Tugas.
  • Setelah memilih tugas yang dimaksud, Anda bisa klik Tambah atau Buat di kartu yang tersemat di sisi kanan layar.
  • Yang perlu diketahui, mengklik tombol tersebut akan menampilkan daftar format file yang kompatibel untuk diunggah. Silahkan pilih File untuk mengunggah tugas berupa dokumen atau gambar, atau pilih Dokumen, Slide, Spreadsheet dan Gambar bila dikerjakan di aplikasi produktivitas milik Google.
  • Mengklik File akan menampilkan jendela yang meminta Anda untuk menarik dokumen dari folder di komputer yang sudah dibuka, atau membuka folder kemudian memilih dokumen.
  • Jika dokumen sudah terunggah, klik tombol Serahkan atau Turn In di bagian bawah kartu.
  • Dengan demikian, maka tugas Anda sudah dikirimkan kepada guru pemberi tugas. Tetapi, bila mengalami kesalahan terkait dokumen yang diunggah, maka Anda bisa mengklik tombol Batalkan pengiriman atau Resubmit dan mengganti dokumen dengan dokumen yang benar.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mengirim tugas di Google Classroom.

Cara atau langkah yang kami bagikan bisa diterapkan di semua perangkat, baik itu Android ataupun iOS.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara mengirim tugas di Google Classroom 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel