Cara Mengedit File PDF di Laptop 2022

Cara Mengedit File PDF di Laptop
Cara Mengedit File PDF di Laptop - PDF (Portable Document Format) yang merupakan salah satu format dokumen yang paling banyak digunakan.

PDF ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan fomat teks lainnya karena lebih fleksibel dan bisa dibuka diberbagai perangkat.

Apabila anda menggunakan format PDF maka dokumen anda tidak akan berubah isinya ketika dikirimkan ke orang lain melalui internet seperti Email, Web, chat.

Karena dengan menggunakan format PDF tidak akan bisa diedit secara langsung, maka penting untuk anda gunakan apabila anda membuat dokumen seperti skripsi, tugas, maupun dokumen lainnya.

Pada dasarnya dokumen PDF tidak bisa diedit, akan tetapi ada cara yang bisa dilakukan apabila anda ingin mengedit isi PDF baik itu teks maupun gambar.

Anda bisa dengan menggunakan tool editor yang sekarang ini sudah banyak tersedia, pada artikel ini akan kami berbagi trik cara mengedit file PDF di laptop.


Cara Mengedit File PDF di Laptop



Cara Mengedit File PDF di Laptop Menggunakan Tool Editor

Cara Mengedit File PDF di Laptop
Cara Mengedit File PDF di Laptop Menggunakan Tool Editor
Untuk anda yang ingin mengetahui cara mengedit file PDF di laptop menggunakan tool editor, anda bisa dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Langkah pertama silahkan anda pastikan laptop anda terkoneksi ke internet, lalu silahkan anda buka aplikasi browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan lainnya. Klik Disini
  • Setelah itu silahkan anda mengakses halaman https://www.sejda.com/pdf-editor pada browser anda.
  • Langkah berikutnya silahkan anda mengupload file PDF yang ingin diedit ke situs editor.
  • Lalu di halaman situs editor silahkan anda klik pada tombol "Upload PDF File", silahkan anda pilih file PDF yang ingin diedit, lalu anda klik "Open".
  • Apabila file sudah berhasil diupload, selanjutnya silahkan anda mengedit file PDF tersebut sesuai keinginan anda.
  • Dibagian menu bar atas, anda akan melihat berbagai tool yang bisa digunakan untuk mengedit dokumen, mulai dari text, link, image, shape, dan lainnya yang bisa digunakan sesuai kebutuhan.
  • Apabila pada file PDF anda ada teks yang ingin diedit maka bisa menggunakan cara ini.
  • Silahkan anda mengklik pada toolbar yang bernama text, setelah itu anda kemudian mengklik teks yang ingin diedit.
  • Lalu anda bisa mengedit teks tersebut seperti biasa menggunakan ketikan keyboard.
  • Anda juga bisa menambah gambar baru ke dalam dokumen, maupun menimpa gambar lama dengan yang baru apabila terdapat kesalahan yang ingin diperbaiki.
  • Pada toolbar silahkan anda mengklik menu "Images", lalu anda mengklik "New Image", kemudian anda pilih gambar yang ingin digunakan dari laptop anda.
  • Selanjutnya anda bisa memilih di mana gambar akan diletakkan, silahkan anda klik satu kali, kemudian anda atur ukurannya.
  • Anda juga bisa menambahkan anotasi, komentar, garis, lingkaran, dan tanda lain yang diperlukan pada file PDF.
  • Pada menu bar silakan anda mengklik pada tool yang bernama Annotate untuk memberikan anotasi seperti garis bawah, coret tengah, tulisan tangan, dan lain sebagainya.
  • Untuk membuat garis, persegi, dan lingkaran silakan anda pilih pada tool "Shapes", lalu untuk memberikan signature atau tanda tangan silahkan anda megklik pada tool "Sign".
  • Jika anda sudah selesai mengedit file PDF sesuai keinginan, maka selanjutnya silahkan anda menyimpannya kembali ke laptop dengan cara anda klik pada menu "Apply Changes".
  • Lalu silahkan anda tunggu sampai proses selesai, kemudian anda mengklik tombol "Download" untuk menyimpan file ke laptop.
  • Selesai.


Selain menggunakan situs yang sudah digunakan di atas, ada beberapa situs PDF Editor lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengedit file PDF di laptop tanpa aplikasi yaitu:

Anda bisa menggunakan situs di atas sebagai alternatif apabila situs pertama sudah tutup atau sedang down.

Cara mengedit PDF pada situs-situs tersebut langkah-langkahnya sama saja dengan yang sudah kami jelaskan di atas.



Akhir Kata

Di atas adalah penjelasan langkah-langkah untuk mempermudah anda dalam mengedit file PDF di laptop.

Jangan lupa anda membagikan pengetahuan yang anda dapatkan dalam artikel ini mengenai cara untuk mengedit file PDF di laptop.

Semoga dengan adanya ulasan tentang cara untuk mengedit file PDF di laptop ini berguna untuk anda semua.

Demikian langkah-langkah cara mengedit file PDF di laptop yang dapat kami jelaskan, selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel