Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis 2022

Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis
Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis - Korps Lalu Lintas Polri akan segera menerapkan pelat nomor putih tulisan hitam untuk kendaraan pribadi.

Dirregent Korlantar Polri, Bridjen Pol Yusri Yunus menjelaskan bahwa penerapakan kebijakan pelat nomor putih ini akan diberlakukan mulai juni 2022.

Walau begitu, rupanya belum semua kendaraan pribadi akan mendapatkan pelat nomor putih tersebut.

Bahkan, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya mengatakan penerapan pertama pelat nomor putih akan diberlakukan secara bertahap.

Korlantas Polri mengutamakan kendaraan yang baru diregistrasikan dan kendaraan yang sudah waktunya berganti plat nomor atau pajak lima tahunnya sudah habis.

Untuk informasi yang lebih jelas tentang cara mendapatkan pelat nomor putih gratis, silahkan simak selengkapnya dalam pembahasan dibawah ini.


Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis


1. Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis dengan Mudah

Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis
Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis dengan Mudah
Seperti yang dijelaskan diatas, untuk tahap awal pemberlakuan pelat nomor putih akan diutamakan bagi kendaraan yang baru diregistrasi.

Termasuk juga bagi mereka yang hendak memperpanjang pajak lima tahunan dapat menikmati pelat nomor putih.

Dikutip dari kompas.com. Yusri Yunus turut memastikan setiap pergantian pelat nomor putih tidak akan dikenakan biaya tambahan alas gratis.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kasubdit STNK Ditregident Korlantas Polri, Kombes pol Taslim Chairuddin.

"Pemilik kendaraan hanya membayar pajak lima tahunan seperti biasa dan nanti akan mendapatkan pelat nomor putih".

Tidak hanya itu, pergantian pelat nomor putih juga akan dilakukan secara bertahap.

Jadi, untuk kendaraan pelat hitam yang masanya belum berlakunya belum habis ditahun ini, tidak perlu melakukan pergantian pelat putih.

Mengapa? Karena pergantian pelat tidak dapat serempak dikarenakan adanya perbedaan masa berlaku Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Taslim juga pernah mengatakan, ketika penerapan pelat nomor putih, semua pemilik mobil dan sepeda motor yang masih menggunakan pelat nomor warna hitam bukanlah suatu tindkan Ilegal.

Semua jenis TNKB yang terdaftar masih tetap berlaku pada awal kebijakan terkait, jelas Taslim.

Dengan syarat, pemilik kendaraan melakukan seluruh kewajiban yang berkaitan dengan kepemilikan suatu kendaraan bermotor, seperti bayar pajak.

Bisa jadi di pertengahan tahun ini, TNKB dijalan masih belang-belang dan itu mohon di maklumi, bukan karena tidak konsisten melainkan itu adalah masa-masa transisi penggunaan TNKB berwarna dasar putih.

Nah, salah satu cara mendapatkan pelat nomor putih gratis adalah dengan melakukan pergantian pajak tahunan. Semoga bermanfaat.


2. Alasan Warna Pelat Diganti

Cara Mendapatkan Pelat Nomor Putih Gratis
Alasan Warna Pelat Diganti
Sebelumnya, Brigjen Pol Yusri Yunus pernah mengungkap berbagai manfaat dari peralihan pelat nomor kendaraan bermotor dari hitam ke putih.

Satu diantaranya adalah mendukung sistem tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) berbasis kamera sampai parkir elektronik.

"Tujuan pelat putih ke depannya yaitu agar Automatic Number Plate Recognition (ANPR) yang ada dalam ETLE bisa menyorot secara tepat tanpa kesalahan".

Itu karena hasil penelitian ANPR ini lebih mengenal kepada yang dasarnya putih tulisan hitam, ungkap Yusril di Gedung NTMC Polri, Jakarta Selatan, Jumat (21/1/2022).

Dibenarkan juga terkait adanya penggunaan chip bertekhnologi Radio Frequency Identification )FRID), Chip tersebut mempunyai banyak kegunaan bermanfaat bagi masyarakat.

"Chip tersebut memang akan ada untuk kedepannya, terlebih kini sudah revolusi 4.0, jadi chip ini mempunyai kegunaan yang banyak".

"Chip ini akan memuat data kendaraan pribad dan juga data penindakan bukti pelanggaran dan lainnya, anda juga bisa pakai untuk E-Toll dan parkir elektronik"

Terakhir kata, Yusril mengungkapkan bahwa pihaknya akan berkolaborasi dengan pihak tol untuk pelayanan e-Toll.

Kalau nantinya kendaraan ingin masuk tol, namun jenis kendaraan tersebut dengan pelat tidak sesuai maka gerbang tol tidak akan terbuka.

Itu semua tidak membebani masyarakat, karena tanpa ada biaya tambahan lainnya, hanya saja pihak meminta dukungan agar berjalan bersama perlahan di tahun untuk bersosialisasi.

Sebagai informasi, Korlantas Polri mencanangkan peralihan pelat kendaraan dengan berbasis penggunaan FRID.

Karena di beberapa negara maju, penggunaan FRID pada pelat nomor bukanlah hal yang baru, sistem ini dianggap tepat karena bisa terintegrasi dengan sistem lain.

Beberapa diantaranya adalah seperti pembayaran parkir tol, sampai memantau elanggaran pengemudi.


Akhir Kata

Itulah sedikit informasi seputar pelat nomor putih dan cara mendapatkannya dengan gratis, ini hanya berlaku pada juni saja.

Bagi para pengendara yang pelat motornya sudah memasuki masa tenggat waktu pergantian pajak tahunan, segera lakukan dan dapatkan nomor pelat putih dengan gratis.

Anda bisa membagikan informasi ini kepada teman atau kerabat yang belum mengetahui informasi ini.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini tentang cara mendapatkan pelat nomor putih gratis. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel