Aplikasi BOP 2021

Aplikasi BOP 2021
Aplikasi BOP 2021 - Mungkin anda pernah mendengar sepintas atau tidak sengaja mendengarkan para tenaga pendidik PAUD membicarakan tentang BOP.

BOP memang aplikasi yang khusus untuk para guru PAUD, anda pasti mengetahui bahwa PAUD adalah singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini, lebih jelasnya PAUD ini merupakan pendidikan prasekolah.

Sistem pendidikan pada PAUD sangat menyenangkan karena perpaduan antara belajar dan bermain untuk anak balita, sehingga bisa membantu perkembangan otak pada anak didik.

Pendidik di jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Kesetaraan pasti sudah mengenal dengan aplikasi BOP PAUD (Bantuan Operasional Penyelenggaraan).

Aplikasi BOP ini sangat penting untuk digunakan, apalagi sebagai pegawai PAUD harus mengetahui cara kerja BOP 2021 ini.

Apabila anda belum mengetahui apa-apa tentang aplikasi ini, maka anda bisa menyimak pembahasan kali ini dengan baik tentang aplikasi BOP 2021.


Aplikasi BOP 2021



1. Sekilas Tentang Aplikasi BOP 2021

Aplikasi BOP 2021
Sekilas Tentang Aplikasi BOP 2021
Aplikasi BOP 2021 adalah versi terbaru dan aplikasi Bantuan Operasional Penyelenggaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) untuk PAUD dan Pendidikan Kesetaraan.

Dengan menggunakan BOP 2021ini, anda bisa membuat data untuk hal-hal seperti merekap proposal, keputusan nominatif, pencairan uang, dan laporan Bantuan Operasional.

Oleh karena itu aplikasi BOP 2021 sangat penting, apabila anda belum mengetahui cara menggunakan BOP 2021, silahkan anda menyimak ulasan selanjutnya sampai selesai.


2. Download Aplikasi BOP 2021 Kemdikbud

Aplikasi BOP 2021
Download Aplikasi BOP 2021 Kemdikbud
BOP 2021 tidak hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa dipasang di ponsel, akan tetapi aplikasi BOP ini hadir dalam bentuk website yang bisa anda membukanya melalui browser.

Sehingga anda bisa mengakses BOP 2021 versi terbaru melalui komputer, laptop, tablet, atau ponsel anda.

Anda dapat mengakses aplikasi Kemdikbud ini di website Kemdikbud resmi yaitu https://bop.kemdikbud.go.id/.

Untuk anda yang memiliki wewenang mengelola data di BOP harus mengetahui cara menggunakan aplikasi BOP 2021 ini dengan benar.


3. Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2021

Aplikasi BOP 2021
Cara Menggunakan Aplikasi BOP 2021
Cara untuk mengisi laporan BOP 2021 ini sangat mudah menggunakannya, apabila anda baru pertama kali menggunakan aplikasi BOP, anda mungkin akan sedikit bingung.

Agar anda tidak kebingungan menggunakan aplikasi BOP 2021, berikut ini tutorial BOP 2021 yaitu:
  • Pertama silahkan anda membuka browser, kemudian anda login ke situs https://bop.kemdikbud.go.id/bop/login.php.
  • Langkah selanjutnya silahkan anda mengklik "SSO", kemudian silahkan anda login ke aplikasi BOP dengan memasukkan username dan password anda.
  • Dalam aplikasi BOP ini anda bisa menggunakan menu Data Perencanaan dan Data Laporan.
  • Lalu silahkan anda mengklik menu "Data Perencanaan" dan klik "Rencana Penggunaan", lalu anda menggulir ke bawah.
  • Setelah itu akan muncul form Rencana Kegiatan dan Anggaran Satuan yang dapat anda gunakan, apabila anda sudah mengisi silahkan anda klik "Simpan".
  • Selanjutnya silahkan anda mengklik menu "Data Laporan", lalu tap "Data Pelaporan", kemudian anda bisa melihat dan mengelola Rincian Penggunaan Data.
  • Selesai.


Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang BOP 2021, dengan menggunakan BOP 2021 anda bisa membuat data seperti merekap proposal, keputusan nominatif, pencairan uang, dan laporan Bantuan Operasional.

Jika anda belum bisa menggunakan BOP 2021, maka anda bisa mengikuti panduan yang telah dijelaskan di atas dengan baik dan benar agar berhasil.

Jangan lupa anda membagikan informasi yang anda dapatkan mengenai BOP 2021 untuk cara menggunakannya, termasuk kepada keluarga atau teman anda yang bekerja sebagai pegawai PAUD.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan pada artikel kali ini mengenai aplikasi BOP 2021 tersebut.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel