Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS 2022

Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS
Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS - Anda ingin menjadi live streamer game di YouTube seperti streamer PewDiePie atau streamer yang ngetop lainnya? Tetapi masih bingung bagaimana cara bisa live streaming game di YouTube?

Tenang anda tidak perlu khawatir, karena kami punya caranya yakni live streaming dengan menggunakan sofware yang bernama Open Broadcaster atau OBS.

OBS Studio adalah sebuah software video recording dan live streaming Open Source yang bisa anda download secara gratis lho.

Dan software ini mempunyai fitur yang lengkap untuk berbagai macam kebutuhan live streaming yang bisa anda gunakan langsung.

Selain OBS Studio sebenarnya ada software lainnya yang bisa anda gunakan untuk live streaming, seperti XSplit Gamecaster.

Namun, fitur yang bisa anda gunakan di XSplit sangat terbatas jika anda menggunakan versi gratisnya.

Jadi, kami lebih merekomendasikan untuk menggunakan OBS atau Streamlabs OBS (SLOBS). Meskipun gratis, fitur yang ditawarkan sangat lengkap dan anda bisa memodifikasinya layout streaming anda.

Dimana cara menggunakan OBS dan SLOBS ini hampir sama, namun untuk pemula kami lebih merekomendasikan OBS karena aplikasi tersebut masih lebih simple.

Nah, sebelum kami membahas cara menggunakan OBS untuk live streaming di YouTube. Maka yang harus anda lakukan terlebih dahulu ialah mempunyai channel YouTube sendiri.

Setelah itu, anda buka youtube.com/live_dashboard  untuk mengaktifkan akun anda untuk live streaming.

Perlu diketahui, akun anda akan di aktifkan untuk live streaming dalam waktu 24 jam dan setelah di aktifkan baru anda bisa go live dengan mudah.

Bagi anda yang penasaran bagaimana cara live streaming game di YouTube menggunakan OBS, maka anda bisa langsung menyimak ulasan dibawah ini sampai selesai.


Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS


Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS

Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS
Cara Live Streaming Game di YouTube Menggunakan OBS
Untuk menggunakan OBS ini, anda harus mendownload dan install OBS di PC atau Laptop yang anda gunakan ya guyss. Silahkan download melalui link berikut ini (https://download.id/obs-studio/)

OBS adalah software yang ringan, jadi jika spesifikasi PC atau Laptop anda kurang maka masih bisa menggunakan software ini.

Setelah OBS terinstall dan channel YouTube anda sudah siap untuk digunakan live streaming, langsung saja anda ikuti langkah-langkah cara live streaming game di YouTube menggunakan OBS dibawah ini:
  • Langkah pertama, silahkan kunjungi YouTube di browser PC anda dan login ke akun YouTube anda. Lalu masuk ke halaman Live Dashboard.
  • Copy atau salin Stream Key dan untuk menampilkan Stream Key. Maka anda klik saja Reveal kemudian blok kode tesebut serta klik kanan pada mouse dan copy.
  • Kemudian, buka OBS dan klik Setting yang terdapat dikanan bawah.
  • Klik Stream, lalu masukkan Stream Key dan klik OK. Yang dimana, anda jangan lupa atur kolom Service menjadi YouTube atau YouTube Gaming.
  • Setelah itu, anda harus memasukkan game yang akan ditampilkan. Klik kanan pada mouse dilayar hitam, klik Add dan Game Capture.
  • Dimana anda juga bisa melakukan step diatas dengan mengklik simbol + pada kolom Sources disebelah bawah OBS.
  • Silahkan anda klik Create New dan klik lagi OK. Nah dikolom Mode, pilihlah Capture Specific Window.
  • Pada kolom Window, pilihlah game yang ingin anda tampilkan di live streaming. Jika gamenya sudah muncul, maka anda bisa klik OK dan jika anda menggunakan Webcam maka klik Video Capture Device serta pilih alat Webcam yang anda gunakan pada kolom Device.
  • Selanjutnya anda bisa mengatur tampilan game dengan menarik garis merah, silahkan sesuaikan dengan yang anda inginkan.
Jangan lupa Setting resolusi video stream anda pada menu Video Setting di OBS. Sesuaikan dengan kecepatan internet yang anda punya, banyak YouTuber mengatur resolusi pada 1080p.
  • Lalu masukkan informasi Live Streaming diYouTube pada kolom Basic Info, anda bisa isi info game apa yang sedang anda mainkan.
  • Terakhir, anda klik saja Start Streaming di OBS untuk memulai live streaming.
  • Selesai.



Akhir Kata

Nah itu dia langkah-langkah yang sudah kami bagikan diatas untuk cara live streaming di YouTube menggunakan OBS.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk anda lakukan? Dimana, anda harus ikuti langkah-langkah yang kami berikan diatas agar anda sukses melakukan live streaming.

Jika menurut anda informasi ini penting, maka langsung saja bagikan ke akun media sosial yang anda punya.

Itulah seluruh isi bahasan kami pada artikel kali ini mengenai cara live streaming game di YouTube menggunakan OBS. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel