Cara Test Printer 2022

Cara Test Printer
Cara Test Printer - Printer merupakan salah satu peralatan yang digunakan untuk mencetak tulisan atau gambar.

Printer tersebut alat elektromekanis yang bisa merubah teks maupun gambar atau apapun yang dikerjakan di personal komputer dari bentuk digital ke bentuk fisiknya.

Jika anda berkeinginan untuk membeli printer, maka ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan agar mendapatkan produk printer yang sesuai kebutuhan.

Salah satunya ialah dengan melakukan pengecekkan atau test printer yang akan dibeli, tujuan dari melakukan test tersebut yaitu agar anda mengetahui printer tersebut kondisinya bagus atau tidak.

Selain itu juga dengan cara test printer bertujuan untuk melakukan uji coba semua warna apakah hasilnya sesuai atau tidak.


Cara Test Printer



1. Cara Test Printer Melalui Komputer

Cara Test Printer
Cara Test Printer Melalui Komputer
Apabila anda tidak ingin mendapatkan hasil cetakan printer terbuang sia-sia, maka anda harus pastikan untuk melakukan test printer terlebih dahulu.

Terdapat dua cara untuk melakukan test printer beserta untuk mengecek warnanya yaitu dengan cara memakai tombol printer yang sudah ada disetiap unit atau cara manual,

Dan dengan menggunakan nozzle check di pengaturannya, dengan kedua cara tersebut dimulai dengan cara masuk ke menu setting printer yang sebelumnya sudah tersambung ke perangkat komputer.

Apabila anda belum menyambungkan printer dengan perangkat komputer, maka anda bisa dengan cara mengikuti tutorial cara install printer terlebih dahulu.

Untuk totarial cara test printer ini yaitu menggunakan printer Epson L, namun bagi pengguna printer Canon, Samsung, Brother mupun lainnya bisa dengan cara ini totarialnya karena tidak jauh berbeda.

a. Test warna Printer dengan Nozzle Check


Jika anda ingin melakukan test warna printer, anda bisa menggunakan nozzle check, di bawah ini langkah-langkah yang bisa anda ikuti sebagai berikut:
  • Pertama anda menyalakan kuintal dan pada tray printer anda mempersiapkan kertas kosong berukuran A4, minimal dua lembar kertas.
  • Kemudian pada laptop atau komputer, silahkan anda klik icon "Search" dan anda ketik "Kontrol panel" di kolom pencarian tersebut.
  • Apabila anda sudah masuk ke halaman control panel, anda pilih menu "View device and printer".
  • Di halaman tersebut, silahkan anda pilih printer yang akan dilakukan test warna.
  • Lalu anda klik kanan di bagian icon printer yang dipilih, kemudian anda pilih "Printing preferences".
  • Apabila anda sudah dibawa ke halaman printing preferences, lalu anda klik bagian "Maintenance".
  • Setelah itu anda klik tombol "Nozzle check", maka akan muncul jendela halaman berikutnya, lalu silahkan anda mengklik "Print".
  • Anda tunggu sampai prosesnya selesai dan secara otomatis akan mencetak hasil test warna.
  • Selesai.

Anda harus memperhatikan hasil cetakkan pada kertas, jika warna yang dihasilkan tidak bergaris putus-putus maka catridge printer dalam keadaan baik.

Namun jika hasilnya malah sebaliknya yaitu memiliki garis putus-putus maka keadaan cartridge printernya bermasalah sehingga harus mencoba untuk melakukan cleaning printer.

b. Cara Head Cleaning Printer


Untuk melakukan head cleaning printer, langkah awalnya tidak jauh berbeda dengan cara test warna printer yang menggunakan nozzle check sebelumnya.

Anda bisa mengikuti langkah nomor satu sampai dengan enam yang di atas ( cara test warna printer menggunakan nozzle check).

Setelah anda mengikuti langkah nomr satu sampai enam, selanjutnya anda memilih head cleaning, maka akan muncul jendela pop-up halaman, lalu anda pilih "Start" untuk memulai prose head cleaning.

maka anda tinggal menunggu proses head cleaning sampai selesai, dan apabila sudah, maka anda melakukan test printer dengan mencetak dokumen atau foto yang berwarna dan lihat hasil cetaknya.

Jika hasil cetaknya bagus, berarti head cleaning yang anda lakukan sudah berhasil, akan tetapi jika tidak bagus maka sebaiknya anda harus mengganti cartridge printer dengan yang baru.

Yang perlu anda ketahui adalah, apabila anda melakukan head cleaning maupun nozzle check, anda harus memberi jarak waktu minimum 10 menit sampai 15 menit.

Tujuannya adalah untuk menghindari panasnya bagian cartridge printer, karena bisa menyebabkan kerusakan pada bagian cartridge.



2. Cara Test Printer Tanpa Komputer

Cara Test Printer
Cara Test Printer Tanpa Komputer
Anda juga bisa untuk cara test printer Canon iP27770 tanpa menggunakan komputer sebagai berikut:
  • Pertama silahkan anda menyalakan printer.
  • Lalu anda pasang kertas di printer.
  • Setelah itu anda tekan dan tahan tombol "Resume" sampai lampu power led berkedip atau blink 2x.
  • Kemudian anda lepaskan tombol "Resume", maka printer akan melakukan test print.
  • Selesai.



Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang cara untuk test printer sekaligus untuk melakukan pengecekkan hasil warnanya, anda bisa menggunakannya jika ingin membeli printer supaya tidak asal membeli saja.

Anda juga bisa melakukan cara di atas untuk mengecek printer yang jarang dipakai, bila perlu anda harus melakukan pengecekkan printer satu kali dalam seminggu agar tinta printer tetap lancar diproses.

Semoga dengan pembahasan di atas dapat memberikan manfaat untuk anda dan dapat menambah wawasan anda.

Demikian pembahasan artikel kali ini yang dapat kami sampaikan mengenai cara test printer, sekian dan terimakasih.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel