Cara Review Jurnal yang Benar 2022

Cara Review Jurnal yang Benar
Cara Review Jurnal yang Benar - Anda para mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan tugas mereview jurnal.

Kegiatan ini menjadi salah satu penugasan yang cukup sering diberikan oleh dosen kepada mahasiswa sebagai penilaian untuk menguji pemahaman mereka akan suatu artikel tertentu.

Review jurnal juga menjadi tugas yang diberikan dosen kepada mahasiswa sebagai bahan referensi untuk mempelajari sebuah penelitian.

Dengan mereview jurnal sumber referensi, maka terlebih dulu anda akan lebih mudah untuk memahami rujukan yang akan digunakan dalam penelitian.

Kegiatan mereview jurnal kerap dianggap sepela oleh kebanyakan mahasiswa dan menyebutnya sebagai kegiatan yang mudah.

Beberapa dari mereka yang menyamakan antara kegiatan mereview jurnal dan meringkas jurnal, padahal kegiatan review tidak hanya sekedar meringkas jurnal.

Review jurnal lebih membutuhkan ketelitian, kejelian dan pemahaman tentang topik dalam artikel jurnal yang di review.

Anda diharuskan untuk menuliskan gagasan anda sendiri terkait apa yang anda dapatkan dari artikel jurnal yang anda riview.

Agar tidak terjadi kesalahan dalam penulisan review jurnal, dalam ulasan dibawah ini kami akan membagikan anda cara review jurnal yang benar, silahkan simak selengkapnya dalam ulasan dibawah ini.


Cara Review Jurnal yang Benar


1. Cara Review Jurnal yang Benar dengan Mudah

Cara Review Jurnal yang Benar
Cara Review Jurnal yang Benar dengan Mudah
Setelah memahami pentingnya kegiatan review jurnal, anda juga harus memahami tehapan dan langkah penulisan review jurnal.

Sebelum melakukan review jurnal, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait jurnal yang akan di review, diantaranya:


A. Periksa tujuan dan ruang lingkup artikel jurnal yang akan di review

Sebelaum melakukan penulisan review jurnal, anda tentu terlebih dulu harus memilih maka jurnal yang akan di review, bukan?

Dalam melakukan pemilihan jurnal anda harus mengetahui tujuan dan juga ruang lingkupp jurnal yang akan anda pilih, hal ini tentu akan membantu anda agar tak salah dalam memilih jurnal.


B. Pilih jurnal yang relevan

Untuk jurnal yang nanti akan anda pakai sebagai sumber referensi atau bahan rujukan, memilih jurnal yang relevan tentu menjadi hal yang harus diperhatikan.

Jurnal yang anda pilih tentu harus sesuai dengan topik penelitian yang akan anda lakukan.


C. Periksa orisinalitas jurnal

Orisinalitas atau keaslian jurnal menjadi hal penting karena bisa memberikan nilai lebih terkait kredibilitas anda, baik dalam hasil review sampai sumber referensi dalam penelitian anda nantinya.

Memeriksa keaslian jurnal bisa dilakukan dengan memastikan bahwa anda mendapatkan jurnal tersebut dari situs penyedia jurnal yang terpercaya dan pastikan jurnal yang anda review terdaftar secara resmi dan terindeks Scopus.


D. Perhatikan bagian diskusi dan kesimpulan pada jurnal

Dengan memperhatikan bagian ini, anda bisa mendapatkan gambaran tentang hasil yang didapatkan dari penelitian pada artikel jurnal, seperti solusi, metode penelitian yang digunakan dan lainnya.

Gambaran tentang hasil tersebut akan menjelaskan pada anda seberapa baik dan sesuainya jurnal yang akan anda pilih.


2. Tahapan Cara Review Jurnal yang Benar

Cara Review Jurnal yang Benar
Tahapan Cara Review Jurnal yang Benar
Setelah mengetahui dan memahami hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memilih jurnal, berikut langkah-langkah cara review jurnal yang benar yang bisa anda jadikan panduan:


Langkah 1: Baca jurnal secara keseluruhan

Penulisan jurnal kerap menggunakan bahasa yang cukup rumit dan sulit untuk dipahami, karena itu penting untuk dapat membaca keseluruhan jurnal secara teliti, bisa membacanya lebih dari satu kali.

Sambil membaca keseluruhan jurnal anda dapat menggaris bawahi kalimat-kalimat penting dalam jurnal yang menurut anda termasuk pada topik utama jurnal.

Ini akan sangat memudahkan anda dalam melakukan tahap review jurnal selanjutnya.


Langkah 2: Tulis identitas jurnal

Identitas jurnal memuat nama penulis artikel jurnal, judul artikel jurnal, jurnal yang mempublikasikan artikel tersebut, nomor volume dan nomor issue sampai tanggal publikasi dan jumlah halaman jurnal.

Identitas jurnal ini sangat penting untuk ditulis, salah satunya agar nanti anda bisa dengan mudah penulis daftar pustaka atau sitasi.


Langkah 3: Tulis ringkasan isi jurnal sebagai pembuka

Isi jurnal bisa memuat latar belakang, tinjauan pustaka, metode penelitian, teori yang digunakan sampai hasil penelitian.

Sebagai pembuka review jurna, anda dapat menuliskan ringkasan isi jurnal dari hal-hal diatas.

Tidak perlu lengkap menjelaskannya, anda hanya perlu membuat satu sampai tiga paragraf saja tergantung pada panjangnya artikel jurnal.

Sekalipun singkat, ringkasan jurnal ini harus dapat menjelaskan detail artikel, tujuan penulisan dalam menulis artikel dan bagaimana tujuan tersebut dicapai dan seperti apa hasilnya.


Langkah 4: Tulis gagasan atau pendapat pribadi tentang jurnal

Setelah menuliskan ringkasan isi jurnal, anda dapat memberikan gagasan atau opini pribadi anda mengenai jurnal yang sudah anda baca.

Sampai tahap ini, anda dapat memberikan pemahaman anda terkait artikel jurnal, saran atau rekomendasi terkait, limitasi atau keterbatasan penelitian dan lain sebagainya.

Menulis gagasn pribadi tentang jurnal juga dapat dilakukan dengan menuliskan kelebihan dan kekurangan artikel jurnal yang anda review.


Langkah 5: Tulis kesimpulan dari hasil review

Setelah menuliskan pendapat pribadi, tahap berikutnya yaitu menuliskan kesimpulan dari hasil review yang anda tulis.

Kesimpulan hasil review dapat mencakup pemahaman dan juga pendapat anda secara garis besar tentang isi artikel jurnal yang anda review.


Langkah 6: Periksa ulang hasil review

Setelah selesai menuliskan review jurnal, anda dapat memeriksanya kembali dengan membaca kembali hasil review jurnal untuk mencari kesalahan penulisan dan lainnya yang mungkin terlewat.

Dengan memeriksan ulang hasil review jurnal juga bisa memberikan perspektif baru bagi anda dalam melihat hasil review jurnal yang dibuat.


Akhir Kata

Nah, itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan review jurnal, dengan begitu setidaknya anda bisa terhindari dari salah satu resiko.

Setelah mengetahui hal tersebut, anda bisa memperhatikan tahapan atau cara review jurnal dengan benar yang sudah kami bagikan.

Anda bisa membagikan informasi dan tutorial ini kepada teman atau kerabat yang juga membutuhkan tutorialnya.

Itulah seluruh bahasan kita pada artikel kali ini mengenai cara review jurnal yang benar. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel