Cara Menjadi Agen Gas Elpiji 2022

Cara Menjadi Agen Gas Elpiji
Cara Menjadi Agen Gas Elpiji - Gas elpiji (LPG) atau liquefied petroleum gas yang berukuran 3kg, menjadi bahan bakar alternatif yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk keperluan memasak saat ini.

Tingginya jumlah permintaan khususnya dari kalangan rumah tangga, membuat kebutuhan akan gas elpiji 3kg semakin meningkat.

Maka, usaha menjadi agen penjualan gas elpiji pun dinilai lumayan menjanjikan, bila dibanding dengan menjual eceran.

Bila Anda tertarik untuk menjalani bisnis melalui penjualan gas melon ini, maka pelajari terlebih dahulu syarat, ketentuan dan cara daftar agen gas elpiji 3 kg tersebut.

Tujuannya jelas, agar usaha agen gas elpiji yang akan dijalani berjalan dengan aman, lancar dan pastinya mendapatkan untung sesuai dengan yang diharapkan.

Apalagi, untuk menjadi agen gas elpiji, tidak semudah menjadi pengecer, baik dari segi syarat dan modal yang harus dikeluarkan.

Karena Anda harus menyiapkan dan mematuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, bila ingin menjadi agen gas elpiji tersebut.

Untuk modalnya sendiri, pastinya lebih besar dari pengecer atau sub agen ya guys, jadi Anda harus mempelajarinya langkah-langkahnya terlebih dahulu, untuk menghindari terjadinya kesalahan dan kerugian.

Nah, berikut ini kami akan bagikan cara menjadi agen gas elpiji yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Menjadi Agen Gas Elpiji


Syarat dan Cara Menjadi Agen Gas Elpiji

Cara Menjadi Agen Gas Elpiji
Syarat dan Cara Menjadi Agen Gas Elpiji
Untuk bisa menjalin kemitraan bersama Pertamina, pastinya perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku guys.

Karena jumlah agen gas elpiji 3 kg atau LPG PSO dibatasi sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tidak hanya menyiapkan modal usaha saja, namun Anda sebagai calon mitra LPG PSO juga harus berbentuk Badan Usaha (Perseroan Terbatas atau Koperasi).

Berikut ini kami akan bagikan beberapa persyaratan dokumen dan cara menjadi agen gas elpiji yang perlu dipelajari:


1. Syarat Menjadi Agen Gas Elpiji

  • Scan kartu identitas (KTP) calon mitra.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) perusahaan.
  • Bukti penguasaan lahan.
  • Bukti rekening koran 1 tahun terakhir untuk dilampirkan.Akta mendirikan perusahaan seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) dan TDP (Tanda DaftarPerusahaan) bagi Badan Hukum.
  • Bukti rekening atas nama badan usaha.
  • Fotokopi kepemilikan usaha sejenis (bila ada)
  • Fotokopi bukti kerja sama dengan PT. Pertamina (bila ada). Misalnya: Bukti sebagai Pangkalan LPG NPSO termasuk sumber Agen penyuplai, Agen LPG PSO, SPBE dan lainnya.
  • Selain syarat dokumen, Anda sebagai calon mitra juga harus memenuhi kualifikasi terkait sarana atau fasilitas tempat usaha gas elpiji tersebut, seperti lahan, kendaraan dan lainnya.

2. Cara Daftar Agen Gas Elpiji

Bila semua syarat dan dokumen yang dibutuhkan telah siap, baik dari segi administrasi ataupun sarana dan fasilitas, maka Anda bisa langsung mendaftar menjadi agen gas elpiji 3 kg.

Adapun cara daftar agen gas elpiji 3 kg sebagai berikut:
  • Untuk langkah pertama, lakukan pendaftaran secara online dengan mengunjungi link pendaftaran agen gas elpiji 3 kg berikut ini (https://kemitraan.pertamina.com/).
  • Kemudian log in agar bisa membuka akun.
  • Setelah berhasil login, Anda harus menjalani proses input data yang meliputi pendaftar mengisi informasi detail mengenai data perusahaan, data pribadi dan lokasi pengajuan kemitraan Pertamina.
  • Selanjutnya lakukan proses verifikasi awal yang meliputi seleksi kesiapan finansial dan kesiapan lahan, diantaranya:
    • Seleksi Kesiapan Finansial, ini bertujuan untuk menilai kemampuan pengelolaan finansial calon mitra.  Seleksi Kesiapan Lahan, berfungsi untuk menilai apakah lahan yang diajukan layak untuk dijadikan mitra Pertamina atau tidak. Yang perlu diperhatikan, Calon Mitra tidak diharuskan untuk mempunyai lahan terlebih dahulu, sehingga Anda bisa menyewa lahan orang lain sebagai tempat usaha.
    • Proses Verifikasi Lapangan, yang bertujuan untuk menyamakan data yang sudah diinput calon mitra apakah sesuai dengan fakta di lapangan.
    • Proses Input Data yang meliputi Pemilihan lokasi, Registrasi, Aktivasi akun, Profil pengusaha, Profil perusahaan, Tata letak
  • Bila Anda sebagai calon mitra berhasil lolos dari tahap verifikasi data, kemudian akan diverifikasi kembali dari sisi lapangan.
  • Apabila dinyatakan layak secara keseluruhan, maka Anda akan mendapat perizinan untuk menjalani kemitraan dengan PT Pertamina sebagai agen gas elpiji.

Akhir Kata

Demikian syarat dan cara yang bisa diterapkan bila ingin mendaftar sebagai agen gas elpiji 3kg.

Untuk bisa menjadi agen gas elpiji 3 kg, memang ada syarat berlapis yang harus disiapkan sebagai bentuk transparansi bisnis.

Namun hal tersebut dapat memberi keuntungan apabila Anda bisa memenuhinya guys.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara menjadi agen gas elpiji 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel