Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan 2022

Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan
Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan - Banyak orang yang ingin memiliki badan yang ideal dan terobsesi dengan berat badan.

Banyak yang sudah memiliki tubuh yang kurus dan sehat, akan tetapi masih saja berkeinginan untuk menurunkan berat badan.

Disatu sisi juga banyak orang yang yang berat badannya berlebihan, mereka menyadari ketika terkena penyakit seperti diabetes, hipertensi atau kolestrol tinggi.

Revathi Murugappan adalah pelatih kebugaran tersertifikasi, Retvathi mengatakan bahwa untuk menjaga berat badan anda maka harus makan, buang air besar, dan tidur dengan teratur.

Dan dengan olahraga rutin juga perlu dilakukan untuk mencapai keseimbangan berat badan yang ideal, untuk mengetahui perkembangan berat badan tidak selalu dengan menggunakan angka timbangan.

Anda juga bisa mengetahui perkembangan cara mengukur berat badan tanpa timbangan dengan simaklah terus penjelasan di bawah ini.


Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan



1. Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan

Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan
Cara Mengukur Berat Badan Tanpa Timbangan
Anda juga bisa mengetahui perkembangan berat badan turun atau naik tanpa harus menggunakan timbangan.

Di bawah ini terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk cara mengukur berat badan tanpa timbangan.

a. Pakaian


Cara yang paling mudah yang bisa anda gunakan untuk mengukur berat badan yaitu dengan mengecek melalui pakaian,

Apabila disaat anda menggunakan pakaian tersebut terasa lebih longgar, itu berarti berat badan anda turun, namun sebaliknya jika pakaian anda tidak muat lagi, itu berarti berat badan anda naik.

Akan tetapi, jika massa otot meningkat, pakaian terkadang terasa sempit namun dibagian tubuh tertentu yang semulanya lembek akan terasa lebih mengeras, itu artinya otot telah menggantikan lemak.

Akan terasa lebih nyaman dengan pakaian untuk mengetahui perkembangan berat badan turun atau naik daripada menggunakan angka timbangan.

b. Mengambil Selfi Mingguan


Terkadang ada juga orang yang tidak suka selfi, akan tetapi dengan cara selfi anda bisa mengukur perubahan bentuk tubuh anda.

Caranya yaitu dengan memfoto diri anda setiap dua minggu sekali atau seminggu sekali dibeberapa sudut pengambilan gambar yang berbeda untuk melacak kemajuan anda.

Anda gunakan pakaian yang sama dan berdiri ditempat yang sama juga, anda jangan kecewa jika tidak ada perubahan drastis di dalam foto.

Karena untuk melakukan penurunan badan ataupun kenaikkan berat badan butuh waktu yang bertahap yang tidak terjadi dalam waktu semalam.

Anda jangan cepat percaya jika ada yang mengatakan bahwa bisa menurunkan berat badan lima kilogram dalam jangka waktu seminggu.

c. Kualitas Tidur


Jika anda melakukan olahraga dan mengeluarkan energi ekstra dan pola makan baik, pasti akan lebih cenderung tidur dengan nyenyak.

Apabila anda kurang tidur maka berat badan berpotensi naik karena kurang tidur akan meningkatkan hormon lapar yang disebut ghrelin, dan menurunkan kadar hormon kenyang yang disebut leptin.

Sehingga dengan keadaan seperti itu akan menyebabkan seseorang makan lebih banyak, otak tidak dapat membuat keputusan yang rasional, anda juga cenderung impulsif dan ingin makan junk food.

Maka, jika anda mengatur pola tidur anda dengan teratur, maka semakin sedikit peluang untuk menaikkan berat badan.

d. Gunakan Pita Pengukur


Pita pengukur juga bisa anda gunakan untuk mengukur bagian-bagian tubuh yang ingin anda lihat perubahannya.

Walaupun tidak akurat terlihat apakah anda kehilangan lemak atau otot, namun cara ini masih menjadi titik awal yang baik.

Maka cobalah anda mengukur yang ingin anda lihat perubahannya misalnya pinggang, lengan, paha, bokong, dan dada, lakukan hal tersebut setiap dua minggu sekali dan perhatikan perbedaannya.

e. Meningkatkan Level Energi


Untuk menurunkan berat badan, anda bisa melakukannya dengan aktivitas sehari -hari dengan lebih baik, seperti keluar dan masuk dari mobil, menaiki tangga, menyapu, dan lain-lainnya.

Semua kegiatan anda sehari-hari tersebut adalah hal yang penting dengan kehidupan nyata, jika tingkat energi anda tinggi, anda pasti akan merasa lebih menikmati hidup dan merasa lebih berdaya.

Apabila anda meningkatkan energi sepanjang hari, itu artinya kadar gula darah anda seimbang, dengan pola makan atau rutinitas kebugaran rutin dapat berkontrasi dalam hal ini, tetapi timbangan tidak bisa.

f. Pikiran Lebih Tajam


Banyak peneliti mengatakan bahwa olahraga dapat meningkatkan kekuatan memori, ketika anda menurunkan berat badan, tugas mental anda menjadi lebih mudah karena anda bisa berfikir lebih jernih.

Dalam memperhatikan, konsentrasi, perencanaan, dan koordinasi tubuh akan meningkat, sehingga beberapa orang mengatakan bahwa herbal tertentu juga dapat meningkatkan daya memori.

Hal tersebut bisa saja terjadi , namun konsumsi herbal tidak menentukan membawa manfaat lain, yang terpenting adalah lakukanlah sesuatu dalam tubuh anda berjalan seimbang.

Ukurlah perasaan anda, daripada anda berfokus pada angka timbangan, anda mungkin telah melakukan kebugaran dengan alasan estetika, namun ketika melanjutkan kesehatan yang lebih baik.

Bisa jadi anda menemukan hal yang baru, maka dari itu yang artinya anda jangan selalu berpatokkan pada timbangan.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang bisa anda lakukan untuk mengetahui perkembangan berat badan anda turun atau naik tanpa harus menggunakan timbangan.

Agar berat badan anda bisa terjaga dengan baik, jangan lupa juga untuk melakukan olahraga dengan rutin.

Semoga dengan ulasan cara mengukur berat badan tanpa harus berpatokkan atau menggunakan timbangan bisa memberikan manfaat untuk anda.

Dan dengan pembahasan kali ini tentang cara mengukur berat badan tanpa timbangan tersebut agar bisa menambah wawasan anda.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel