Cara Mengubah Alamat IP Laptop 2022

Cara Mengubah Alamat IP Laptop
Cara Mengubah Alamat IP Laptop - Bagi Anda yang sering menggunakan internet untuk bermain sosial media, game, bekerja atau kegiatan lainnya, pastinya sudah sangat familiar atau tidak asing dengan alamat IP atau IP Address.

Karena ibarat sebuah alamat, IP Address (Internet Protocol Address) sangat penting bagi para pengguna internet.

IP Address sendiri adalah serangkaian deretan angka yang dijadikan sebagai alamat identitas masing-masing komputer atau identitas numerik yang dilabelkan kepada sebuah alat seperti komputer, router, atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan computer sebagai sarana komunikasi.

Bila IP Address yang digunakan bermasalah, otomatis jaringan internet di laptop atau perangkat lain pun akan terganggu.


Pembahasan Cara Mengubah Alamat IP Laptop

Sebagai pengguna laptop atau komputer, terkadang ada kalanya Anda harus mengganti IP address perangkat tersebut, agar bisa terhubung dengan server.

Selain itu, mengubah alamat IP juga bertujuan untuk mencegah orang lain mengetahui identitas dan lokasi di mana Anda berada.

Sedangkan kegunaan dari IP address atau alamat IP adalah seseorang yang sedang menggunakan IP tersebut bisa dilacak lokasinya, sehingga IP address bisa mengganggu kegiatan yang dianggap privasi.

IP yang didapatkan secara manual dan tidak akan berubah-ubah disebut dengan IP statis yang sering digunakan pada jaringan local.

Berbeda dengan IP address yang didapat secara otomatis dari server dan bisa berubah-ubah disebut dengan IP dinamis dan didapatkan dari router yang menggunakan DCHP server.

Nah, berikut ini kami bagikan cara mengubah alamat IP laptop yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Mengubah Alamat IP Laptop


Cara Mengubah Alamat IP Laptop tanpa Aplikasi

Cara Mengubah Alamat IP Laptop
Cara Mengubah Alamat IP Laptop tanpa Aplikasi
Untuk mengubah alamat IP laptop, prosesnya bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga guys.

Karena Anda hanya memanfaatkan menu dan fitur yang di perangkat laptop yang akan diubah IP Address nya.

Adapun cara mengubah alamat IP laptop tanpa aplikasi seperti berikut ini:
  • Untuk langkah pertama, Anda harus membuka Network and Sharing Center melalui Control Panel> Network and Internet> Network and Sharing Center.
  • Bila ingin cara yang lebih mudah, Anda bisa membukanya melalui Run dengan cara tekan tombol Windows+R, lalu ketikkan “exe/name Microsoft NetworkAndSharingCenter” tanpa tanda petik, kemudian tekan Enter.
  • Setelah itu pilih Change adapter settings.
  • Kemudian pilih adapter mana yang ingin Anda ubah alamat IP nya. Misalkan Anda ingin mengubah IP Address pada adapter LAN, maka pilihlah Ethernet. Pada contoh kali ini, kami ingin mengubah IP Address pada adapter wifi dengan cara klik kanan adapter Wi-Fi lalu pilih Properties.
  • Selanjutnya, carilah Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) dan bila sudah ditemukan silahkan klik 2x.
  • Lalu pilih User the following IP address kemudian ketikkan IP address yang Anda inginkan. Isi juga Default gateway dan DNS server bila dibutuhkan.
  • Bila sudah, maka Anda langsung klik OK untuk menyimpan pengaturan dan IP Address berhasil diubah.

Akhir Kata

Demikian cara yang bisa dipelajari dan diterapkan, bila ingin mengubah alamat IP di perangkat laptop atau komputer Anda.

Walaupun proses di atas tidak menggunakan aplikasi dan langkah-langkahnya lumayan mudah, maka Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu.

Sehingga proses yang dijalankan berhasil dan Anda bisa internetan dengan aman dan nyaman menggunakan IP Address yang baru.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara mengubah alamat IP laptop 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel