Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan 2022

Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan
Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan - Pasalnya salah satu hal yang cukup penting, didalam melakukan klaim jaminan hari tua yakni dengan mengisi formulir pengajuan JHT.

Sebab formulir ini disebut juga sebagai formulir F5, dimana salah satu bagian terpenting didalam proses pencairan dana JHT jika formulirnya sudah selesai di isi dan ditanda tangani.

Maka selanjutnya, dimana akan dilakukan pemeriksaan dan melakukan verifikasi oleh petugas dikantor cabang BPJS Ketenagakerjaan.

Apa bila sudah lolos tahapan verifikasi, maka saldo JHT anda akan langsung cair dan masuk ke dalam rekening bank yang anda miliki.

Sebaliknya jika didalam proses pemeriksaan dan verifikasi ternyata tidak lolos, dalam hal ini anda bisa saja dikarenakan terdapat data-data tidak valid atau ada syarat ataupun kriteria yang belum dipenuhi.

Terlebih lagi pengisian formulir pengajuan JHT, sebetulnya gampang hanya saja buat anda yang kemungkinan baru pertama kali mungkin agak sedikit kebingungan dengan data.

Yang akan dibutuhkan ketika melakukan pengisian, maka dari itu sebaiknya anda simak penjelasan informasi mengenai cara mengisi formulir BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut.


Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan



1. Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan
Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan
Berikut cara mengisi formulir BPJS Ketenagakerjaan:
  • Nama : Dikolom tersebut, nantinya anda akan diminta menuliskan nama sebagai pihak yang akan mengajukan pencairan dana JHT. Akan tetapi, jika anda adalah seorang ahli waris dari peserta yang menerima manfaat yang telah meninggal (Anda sebagai istri, anak, orang tua dan ahli waris lainnya) dapat mencantumkan nama-nya sebagai ahli waris.
  • NIK : Silahkan anda masukkan Nomor Induk Kependudukan pihak yang mengajukan klaim dana JHT, bisa juga si pekerja yang bersangkutan langsung atau ahli waris peserta yang menerima manfaat.
  • Alamat : Silahkan anda isi alamat dari pihak yang mengurus klaim dana JHT, bisa juga diri anda sendiri sebagai pekerja atau anda sebagai ahli warisnya.
  • Nomor Telepon HP : Silahkan anda isi nomor Handphone pihak yang melakukan pengajuan permohonan pencairan dana JHT.
  • Hubungan dengan Tenaga Kerja : Silahkan anda isi posisi anda pada saat melakukan pengajuan pencairan JHT, tinggal isi dengan ceklis pilihan yang disesuaikan dengan status hubungan anda dengan peserta penerima manfaat tentu saja didalam hal pekerjaan.
  • Data Tenaga Kerja : Pasalnya di bagian ini, silahkan anda isi dengan data cukup lengkap tenaga kerjaan yang bersangkutan diantaranya yakni Nama Pekerja, NIK, Nomor Peserta Jamsostek (KJP) atau Nomor Kartu BPJS TK, Tempat Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Pekerja, Riwayat Pekerjaan ( disini anda isi bagian kapan mulai bekerja, kapan berhenti, nama pemberi kerja perusahaan dan alamat perusahaan yang memberi pekerjaan dimana anda bisa menambahkan disesuaikan dengan nomor jika pekerjaan pernah bekerja di lebih dari satu perusahaan).
  • Alamat Email : Silahkan isi dengan alamat email anda sebagai pihak yang telah mengajukan permohonan klaim dana JHT.


2. Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan dengan Mendaftarkan Dirinya

Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan
Cara Mengisi Formulir BPJS Ketenagakerjaan dengan Mendaftarkan Dirinya
Berikut cara mengisi formulir BPJS Ketenagakerjaan dengan mendaftarkan dirinya:
  • Pertama-tama silahkan anda kunjungi (antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id).
  • Setelah itu anda isi kolom yang telah disediakan.
  • Lalu anda klik simpan, maka tiket antrian online BPJS Ketenagakerjaan sudah siap dalam hal ini anda perlu data disesuaikan dengan waktu tercantum di tiket antriannya.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, dimana informasi sangat berguna untuk anda yang saat ini kebingungan cara melakukan pengisian BPJS Ketenagakerjaan.

Apa lagi anda baru pertama kali melakukan hal ini, untuk itu silahkan anda gunakan cara yang telah kami berikan di atas.

Silahkan anda ikuti dengan teliti supaya anda gak salah didalam pengisian BPJS Ketenagakerjaan, jika informasi ini penting langsung saja bagikan link artikel ini.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengisi formulir BPJS Ketenagakerjaan. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel