Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC 2022

Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC
Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC - Sebagai pengguna smartphone, Anda mungkin pernah mendengar istilah HP HDC atau iPhone HDC? Untuk sebagian pengguna, HP asli namun palsu mungkin sudah sering didengar.

Secara singkat HDC sendiri adalah singkatan dari Handphone Copy Draw, namun bila ingin pengertian yang lebih lengkap, HP HDC merupakan sebuah replika atau HP kw yang mempunyai menu dan tampilan yang sangat mirip dengan aslinya.

Sebagian besar HP yang dicopy atau di replika adalah HP premium yang harganya berharga mahal, seperti iPhone.

Tak heran, jika sangat mudah menemukan berbagai tipe iPhone HDC yang dijual dengan harga murah saat ini, khususnya di toko-toko online.

Lalu, bagaimana cara membedakan iPhone HDC dengan yang original? Bila melihat tampilan fisiknya, memang akan sulit untuk membedakan iPhone HDC dengan yang original, karena sangat mirip.

Namun, Anda tak perlu khawatir, karena kami akan memberikan cara atau tips khusus untuk membedakan iPhone HDC dengan yang original.

Daripada basa basi, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara membedakan iPhone Asli dan HDC.


Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC


1. Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC dengan Mengetahui Ciri-Ciri iPhone HDC yang Beredar di Pasaran

Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC
Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC dengan Mengetahui Ciri-Ciri iPhone HDC yang Beredar di Pasaran
Saat ini, iPhone memang sedang menjadi incaran para produsen HP HDC, karena selalu laris di pasaran.

Tak heran jika banyak produsen HP HDC yang memanfaatkan hal tersebut untuk menciptakan iPhone HDC, kemudian dijual dengan harga yang lebih murah.

Berdasarkan hasil pantauan kami di penjualan online, ada beberapa iPhone yang lumayan banyak memiliki versi replika diantaranya iPhone 6 HDC, iPhone 7 Plus HDC, iPhone 8 Plus HDC sampai yang terbaru iPhone 11, iPhone 11 Pro Max ,dan iPhone 12.

Ciri-ciri paling umum yakni harga iPhone 11 HDC bisanya ditawarkan dengan harga 3 jutaan saja, sedangkan untuk harga aslinya dijual dengan harga di atas 10 jutaan.

Oleh karena itu, jangan mudah tergiur dengan harga murah, karena jika Anda tetap membeli iPhone HDC tersebut, akan banyak kerugian yang Anda dapatkan nantinya.

Selain itu, iPhone HDC biasanya memiliki tampilan yang tidak terlalu mulus dan akan diklaim sebagai iPhone second atau bekas pakai, sehingga banyak orang terkecoh.

Para penjual iPhone HDC juga biasanya tidak memberikan garansi dan ini termasuk cara membedakan iPhone asli dan HDC dengan mengetahu ciri-ciri nya.

Yang lebih berbahaya, iPhone HDC memiliki firmware yang tidak jelas, sehingga sangat rentan malware dan performa yang dimilikinya sangat rendah.



2. Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC

Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC
Cara Membedakan iPhone Asli dan HDC
Setelah mengetahui ciri dari iPhone HDC, maka sekarang kita masuk ke pembahasan inti yakni cara membedakan iPhone yang asli dengan HDC.

Ada beberapa cara membedakan iPhone asli dan HDC yang bisa diterapkan, untuk mengetahui apakah iPhone tersebut produk asli atau HDC, diantaranya:


1. Periksa App Store

Cara pertama dan paling mudah untuk diterapkan bila ingin mengenali perbedaan iPhone HDC dengan yang asli adalah dengan melihat fitur App Store.

Biasanya, iPhone HDC menggunakan fitur dari Android yaitu Google Play Store yang kemudian dimodifikasi agar mirip seperti App Store.

Hal ini sangatlah mudah dilakukan Anda teliti untuk melihat menu dan fitur dalam iPhone HDC tersebut.



2. Cek Sistem Operasinya

Setelah memeriksa fitur App Storenya, Anda juga harus mengecek bagian OS dari iPhone tersebut.

Karena biasanya iPhone HDC selalu atau lebih sering menggunakan sistem operasi dari Android yang diubah, sehingga sangat mirip dengan iPhone.

Sedangkan untuk iPhone yang asli atau keluaran pabrikannya, selalu menggunakan sistem operasi iOS.


3. Cek Apakah iTunes Tersedia

Seperti yang diketahui, iTunes adalah aplikasi khusus dari Apple dan biasanya akan tersedia di iPhone.

Untuk membedakan iPhone asli dan HDC, Anda bisa mengecek apakah ada pengenalan iTunes terhadap perangkat lain.

Bila iTunes tidak tersedia dan terhubung di iPhone tersebut, bisa dipastikan itu adalah perangkat HDC atau KW.


4. Cek Material yang Digunakan

Anda juga harus mengecek atau memperhatikan material yang digunakan, khususnya pada bagian luar bodi dari iPhone yang hendak Anda beli.

Untuk iPhone asli biasanya selalu menggunakan material yang sangat bagus, sedangkan iPhone HDC menggunakan material plastik.


5. Perikasa Garansi dan IMEI

Setiap HP, tak terkecuali iPhone pasti memiliki IMEI, nah jika Anda ingin melihat iPhone yang akan dibeli itu asli atau tidak, silahkan cek terlebih dahulu terkait dengan IMEInya.

Apakah ada atau tidak, jika tidak ada, maka kami sarankan untuk tidak membeli produk tersebut, karena bisa dipastikan itu adalah iPhone HDC.


6. Cek Kualitas Tampilan Layar

Langkah selanjutnya, Anda harus mengecek kualitas tampilan layar dari iPhone yang akan dibeli.

Untuk mengeceknya, sebaiknya Anda membandingkannya dengan layar dari iPhone lain, karena perbedaannya pasti akan terlihat jelas.

Apalagi perbedaan retina display akan semakin jelas, jika dibandingkan secara langsung dengan HP iPhone lainnya.



7. Penggunaan Tombol Screenshot

iPhone asli biasanya menggunakan tombol kunci dan home secara bersamaan untuk melakukan screenshot.

Jadi, cobalah untuk melakukan screenshot dengan tombol tersebut, jika tidak bisa, maka bisa dipastikan iPhone tersebut adalah HDC atau palsu.


8. Bandingkan Harganya

Bila Anda menemukan iPhone keluaran terbaru dengan harga yang terjangkau, maka hal ini patut dicurigai jika perangkat tersebut adalah iPhone HDC.

Karena sejauh ini, iPhone keluaran terbaru yang resmi, harganya bisa mencapai belasan hingga puluhan juta dan tidak pernah dijual di bawah harga pasaran.


9. Fitur dan Spesifikasi

Periksa juga bagian fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh iPhone yang akan dibeli, karena iPhone HDC biasanya memiliki fitur dan spesifikasi yang hanya mirip saja dan tidak bisa sama bahkan melebihi iPhone asli.


10. Slot MicroSD

Bila Anda menemukan produk Apple yang memiliki slot microSD, maka sudah bisa dipastikan jika perangkat tersebut adalah iPhone HDC.

Mengingat iPhone asli tidak mempunyai slot microSD pada perangkatnya.



Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, bila ingin membedakan antara iPhone asli dengan HDC atau palsu.

Silahkan terapkan tips atau cara yang kami bagikan, bila Anda ingin membeli HP iPhone.

Dengan tips di atas, bisa dipastikan Anda akan mendapatkan iPhone asli dan terhindar dari aksi penipuan barang KW atau palsu.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara membedakan iPhone asli dan HDC 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel