Cara Melihat Nilai Ujian UT 2022

Cara Melihat Nilai Ujian UT
Cara Melihat Nilai Ujian UT - Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 yang diresmikan oleh Presiden Soeharto, pada tanggal 4 September 1984 sesuai dengan SK Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Penyelenggaraan layanan pendidikan UT ini dilakukan dengan sistem Pendidikan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ).

Terbuka artinya setiap orang yang telah lulus SMA/SMK/sederajat bisa menjadi mahasiswa UT tanpa adanya batasan tahun ijazah, usia dan lama studi.

Sedangkan jarak jauh artinya terdapat 'jarak' antara mahasiswa dengan dosen, karena proses pembelajaran dijembatani oleh penggunaan media dan teknologi belajar berupa bahan belajar yang dirancang secara khusus.

Sehingga para mahasiswa bisa mempelajari materi secara mandiri, baik dengan pilihan cara belajar tatap muka atau online dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mahasiswa.

Karakteristik UT dengan sistem PTTJJ ini memungkinkan setiap orang di mana pun tempat tinggalnya, baik yang sudah atau belum bekerja, yang sedang melanjutkan studi atau menambah keahlian baru, yang mempunyai akses internet atau tidak, tetap bisa mengikuti pendidikan tinggi di UT tanpa terkendala ruang, waktu serta keterbatasan biaya pendidikan.


Pembahasan Cara Melihat Nilai Ujian UT

Universitas Terbuka (UT) sendiri telah mengumumkan nilai ujian mahasiswanya untuk program sarjana dan diploma bbeerapa waktu lalu, tepatnya pada bulan Februari 2022.

Bagi Anda mahasiswa sarjana dan diploma yang ingin mengetahui nilai ujiannya, maka bisa mengeceknya melalui situs resmi UT https://sia.ut.ac.id/.

Karena nilai yang diumumkan tersebut adalah hasil Ujian Akhir Semester Take Home Exam (UAS TH) semester 202/2022.1 (2021.2).

Sedangkan bagi para mahasiwa Program Pascasarjana dan doktoral, nilai akhir mata kuliahnya sudah diumumkan juga dan disesuaikan dengan jadwal kalender akademik, yakni Minggu, 27 Februrari 2022 lalu.

Walaupun cara melihat nilai ujian pada Universitas Terbuka atau UT pun bisa dilakukan dengan mudah, yakni dengan mengakses situs resmi seperti yang telah kami sebutnya, nyatanya masih ada beberapa mahasiswa yang belum megetahui caranya.

Bahkan, ada juga yang kesulitan untuk mengakses laman tersebut atau karena ada faktor lain, sehingga hingga saat ini, mereka belum melihat dan mengetahui nilainya sendiri.

Jika Anda adalah salah satu mahasiswa Universitas Terbuka yang belum melihat nilai ujian karena mengalami kendala, maka disarankan untuk menyimak artikel ini hingga selesai.

Karena kami akan membagikan cara melihat nilai ujian UT yang nantinya bisa dipelajari serta diterapkan dan berikut ini ulasan lengkapnya.


Cara Melihat Nilai Ujian UT


Cara Melihat Nilai Ujian UT melalui Situs Resmi Universitas Terbuka

Cara Melihat Nilai Ujian UT
Cara Melihat Nilai Ujian UT melalui Situs Resmi Universitas Terbuka
Ada beberapa langkah yang harus dilakukan bila ingin melihat nilai ujian Universitas terbuka melalui laman resminya.

Selain itu, Anda juga harus mengisi beberapa data yang diminta dengan benar, agar nilai yang dikeluarkan oleh sistem sesuai dengan data yang diiput.

Bila data yang diinput salah, maka bisa dipastikan sistem tidak akan mengeluarkan nilai tersebut dan yang muncul kemungkinan tulisan error.

Adapun cara melihat nilai ujian UT melalui situs resmi Universitas Terbuka seperti ulasan berikut ini:
  • Silahkan kunjungi situs resmi Universitas Terbuka melalui link berikut ini (https://sia.ut.ac.id/).
  • Setelah situs terbuka, silahkan pilih menu atau opsi DNU & KTPU.
  • Kemudian pilih "Daftar Nilai Ujian" lalu isi seluruh data yang diminta sesuai dengan kolomnya. Jika semua data telah terisi dengan benar, silahkan klik "Ok" atau "Proses".
  • Nantinya hasil nilai ujian Mahasiswa akan ditampilkan pada layar.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin melihat atau mengecek nilai ujian di Universitas Terbuka.

Sebelum menjalankan prosesnya, siapkan beberapa data yang dibutuhkan, agar bisa langsung diinput setelah situs terbuka.

Pastikan juga koneksi internet dalam kondisi stabil, agar proses yang dijalankan berjalan lancar.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara melihat nilai ujian UT 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel