Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN 2022

Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN
Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN - Seiring perkembangan teknologi, kita semua semakin dimudahkan dalam melakukan banyak hal, salah satunya mengisi dan melihat nilai raport.

Jika dulunya, nilai rapot harus ditulis secara manual, begitupun dengan proses pembagian kepada para siswa dan metode tersebut pastinya lebih ribet guys.

Karena para guru harus menginput nilainya satu persatu dan membutuhkan waktu yang lumayan lama, bahkan bisa sampai berhari-hari, apalagi jika gurunya mengajar di beberapa kelas.

Belum lagi proses pembagiannya, yang mengharuskan para siswa untuk datang ke sekolah dan menunggu waktunya tiba.


Pembahasan Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN

Namun kini para guru ataupun siswa sudah tidak akan dipusingkan lagi dengan tugas yang ribet tersebut, karena pengisian nilai raport bisa dilakukan secara online.

Sehingga para siswa bisa melihat nilai mereka secara langsung dengan memanfaatkan NISN.

Karena untuk mengecek atau melihat Nilai Rapor Dapodik Sekolah, bisa dilakukan di internet dan Anda cukup menyiapkan akses internet serta NPSN Sekolah bapak ibu.

Mengapa harus menggunakan Akses internet? Karena pada saat melihat nilai raport Dapodik tersebut, prosesnya harus dilakukan secara online untuk.

Hal tersebut memang program baru dari pemerintah, untuk memudahkan para guru dalam merekap nilai peserta didiknya, sehingga setiap sekolah yang sudah mempunyai Aplikasi Dapodikdasmen seperti SD,SMP, dan SMA atau SMK saat ini.

Walaupun sebenarnya, pada web Rapor Dapodik ini masih versi 2019.11.02 yang baru rilis dan masih dalam proses pengembangan lagi untuk disempurnakan, namun web ini tetap bisa diakses untuk melihat nilai Rapor Dapodik sekolah Anda.

Lalu bagaimanan prosesnya? Untuk prosesnya sangat mudah dan bisa disimak pada ulasan berikut ini tentang cara melihat nilai raport dengan NISN.


Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN


Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN secara Online

Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN
Cara Melihat Nilai Raport dengan NISN secara Online
Untuk melihat nilai raport dengan NISN, disarankan menggunakan perangkat PC atau laptop, agar semua nilai dan informasi lainnya bisa dilihat dengan jelas.

Selain itu, pastikan koneksi internet yang terhubung ke perangkat baik melalui wifi atau paket data dalam kondisi stabil, agar prosesnya berjalan dengan lancar.

Adapun cara melihat nilai raport dengan NISN seperti ulasan berikut ini:
  • Silahkan anda Akses alamat ini (http://validasi.dikdasmen.kemdikbud.go.id)
  • Bila sudah berhasil masuk ke beranda Dapodik, maka Anda akan melihat menu-menu seperti Beranda, Data Pokok Sekolah dan Rapor Dapodik sesuai dengansSemester pada saat melakukan pengecekan.
  • Setelah masuk ke dalam web Rapor Dapodik, maka akan muncul semua nama-nama sekolah yang ada di seluruh Indonesia. Untuk mempercepat proses pencarian nama sekolah Anda, silahkan klik pada Menu Data Pokok Sekolah.
  • Lalu Anda bisa nemasukkan NPSN Sekolah pada menu yang tersedia kemudian tekan enter.
  • Secara otomatis, Data Rapor Dapodik Sekolah Anda akan langsung ditampilkan.
  • Jika sudah berhasil masuk ke Data Rapor Sekolah, Anda akan meihat 3 menu yaitu Infografis, Rapor Dapodik dan Profil Sekolah. Pada menu Infografis terdri dari peserta didik sesuai dengan Jenis kelamin, Tingkat Kelas dan Usia.
  • Sedangkan Rapor Dapodik terdapat fitur Identitas, Peserta didik, PTK, Rombel dan Sarpras
  • Silahkan Anda klik menu-menu yang ingin dicek, namun karena web ini masih baru, kemungkinan akan ada beberapa fitur yang belum bisa dicek, karena masih dalam proses pengembangan.
  • Selesai.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, bila ingin mengecek atau melihat nilai raport dengan NISN.

Cara atau prosesnya memang tidak terlalu sulit, namun Anda harus tetap sabar dan hati-hati, terutama saat memasukkan data.

Agar tidak terjadi kesalahan, sehingga nilai raport yang muncul sesuai dengan nilai siswa-siswa yang ada di sekolah Anda.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara melihat nilai raport dengan NISN 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel