Cara Cek PKH Lewat HP 2022

Cara Cek PKH Lewat HP
Cara Cek PKH Lewat HP - Pasalnya anda ingin melakukan cek PKH ini bisa menggunakan HP di laman resmi cekbansos.kemensos.go.id.

Pasalnya di 7 kategori tersebut masuk ke dalam daftar nama penerima BLT bansos PKH, sebab BLT PKH sudah termasuk menjadi bantuan sosial yang amat penting.

Apa lagi khusus untuk kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya pulih akibat pandemi, terlebih lagi bansos PKH dijadikan sebagai salah satu instrumen buat memenuhi kebutuhan.

Pokok suatu masyarakat yang menjadi penerima manfaat (PM), dalam hal ini BLT PKH 2022 termasuk salah satu program pemerintah didalam rangka memberikan bantuan tunai langsung lewat Kemensos.

Sebab bansos PKH diberikan kepada masyarakat miskin atau di ambang kemiskinan, dimana bantuan PKH hanya akan diberikan kepada nama penerima manfaat BLT yang sudah tercatat didalam DTKS.


Pembahasan Cara Cek PKH Lewat HP

Bukan itu saja, BLT PKH ini langsung di salurkan kepada masyarakat yang memenuhi semua kriteria atau kategori yang telah ditetapkan oleh Kemensos.

Didalam daftar nama penerima PKH, nantinya akan memperoleh bantuan langsung tunai disesuaikan dengan kategori yang telah ditetapkan.

Pasalnya BLT PIKH nantinya akan diberikan, didalam jangka waktu 1 tahun dengan penyalurannya dibagi menjadi 4 tahap tersebut.

Selain itu, buat melakukan pengecekan BLT bansos PKH sangatlah mudah sebab saat ini pemerintahan membuat sistem untuk cek data yang dapat diakses lewat HP.

Untuk lebih jelasnya, diartikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara cek PKH lewat HP dan pastinya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Cek PKH Lewat HP



1. Cara Cek PKH Lewat HP di Laman Resmi Kemensos

Cara Cek PKH Lewat HP
Cara Cek PKH Lewat HP di Laman Resmi Kemensos
Berikut cara cek PKH lewat HP di laman resmi Kemensos:
  • Pertama-tama yang harus anda lakukan yakni anda buka mesin pencarian di browsernya atau silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://cekbansos.kemensos.go.id/).
  • Setelah itu anda masuk ke data Penerima Manfaat (PM) dimulai dari data Provinsi, Kabupaten atau Kota Kecamatan, Desa atau Dusun.
  • Jika sudah selesai, anda tinggal masuk ke data identitas diri disesuaikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Tahap terakhir, silahkan anda masukkan kode chapta di kolom yang sudah disediakan disana langsung saja anda klik "Cari Data".


2. Cara Cek PKH Lewat HP dengan Persyaratannya

Cara Cek PKH Lewat HP
Cara Cek PKH Lewat HP dengan Persyaratannya
Buat menjadi penerima manfaat BLT Bansos PKH, sehingga Kemensos akan memberikan aturan tentang kategori penerima manfaat BLT bansos PKH.

Berikut cara cek PKH lewat HP:
  • Ibu hamil atau nifas berhak memperoleh bantuan Rp 3 jutaa dan itu cair disetiap tahap Rp 750 ribu.
  • Sedangkan anak usia dini (0-6) berhak memperoleh bantuan Rp 3 juta dan itu cair disetiap tahap Rp 750 ribu.
  • Untuk anak SD/ sederajat berhak memperoleh bantuan Rp 900 ribu dan itupun cair disetiap tahap Rp 225 ribu.
  • Untuk anak SMP/ sederajat berhak memperoleh bantuan Rp 1,5 juta itupun akan cair disetiap tahap Rp 375 ribu.
  • Untuk siswa SMS / sederajat berhak memperoleh bantuan Rp 2 juta dan itupun akan cair disetiap tahapan Rp 600 ribu.
  • Sedangkan untuk lansia memperoleh Rp 2,4 juta itupun akan cair disetiap tahap Rp 600 ribu.
  • Untuk penyandang disabilitas memperoleh bantuan Rp 2,4 juta dan itupun akan cair disetiap tahapan Rp 600 ribu.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, dimana informasi sangatlah berguna untuk anda ketahui supaya ada mengetahui apakah anda penerima bantuan PKH.

Apa bila anda sudah melakukan pengecekkan dengan benar dan berhasil mengetahui, apakah anda menerima bantuan PKH atau tidak.

Jika anda tidak menerima bantuan PKH tersebut, dimana masyarakat bisa mendaftarkan dirinya dan keluarga kalau itu sesuai dengan kategori di atas.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek PKH lewat HP. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel