Cara Cek Kecepatan RAM Laptop / Komputer 2022

Cara Cek Kecepatan RAM
Cara Cek Kecepatan RAM Laptop / Komputer - Pasalnya laptop yang kita pakai terdiri atas berbagai macam komponen berbeda, itu semua akan bekerja secara serentak untuk bisa menghasilkan sebuah sistem komputasi.

Itupun akan saling terikat dan dapat dipakai untuk berbagai macam tujuan, diantaranya komponen yang sangatlah beragam ini apa lagi Random Access Memory (RAM).

Pasalnya RAM ini termasuk yang cukup penting, apa lagi semakin besar RAM di laptop maka akan semakin banyak pula tugas yang dapat dikerjakan secara simultan.

Bukan hanya ukuran saja yang cukup penting, namun kecepatan RAM juga salah satu faktor penting yang memerlukan pertimbangan.

Untuk lebih jelasnya, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai cara cek kecepatan RAM tentunya anda simak ulasan sebagai berikut.


Cara Cek Kecepatan RAM



1. Cara Cek Kecepatan RAM dengan Menggunakan Windows Task Manager

Cara Cek Kecepatan RAM
Cara Cek Kecepatan RAM dengan Menggunakan Windows Task Manager
Salah satu cara cek kecepatan RAM laptop / komputer yang pertama yakni anda tinggal menggunakkan Windows Task Manager, pasalnya fitur tersebut dapat anda temukan di laptop.

Yang dimana mengoperasikan versi Windows 8, 8.1, 10 dan Windows 11 walaupun Windows 7 juga mempunyai program yang sama juga.

Akan tetapi tidak tersedia pilihan untuk mengecek kecepatan RAM, itu sebabnya kalau anda masih mengoperasikan versi Windows lawas segera lakukan pembaharuan.

Sementara untuk bisa mengecek kecepatan RAM melalui Windows Task Manager, dimana anda perlu membuka fitur tersebut lebih dulu.

Pertama-tama anda klik kanan di Taskbar Windows, lalu anda klik menu Task Manager atau bisa juga memakai shortcut Ctrl + Shift + Esc.

Kemudian anda klik View More, lalu anda tinggal klik di kotak menu Performance didalamnya anda akan melihat sejumlah matrik yang dimana akan menunjukkan kinerja.

Dari CPU, RAM dan GPU selanjutnya anda tinggal klik di Memory untuk dapat melihat informasi berkaitan dengan RAM tersebut.


2. Cara Cek Kecepatan RAM Melalui CPU-Z

Cara Cek Kecepatan RAM
Cara Cek Kecepatan RAM Melalui CPU-Z
Pasalnya CPU-Z salah satu program alat yang dapat dipakai untuk bisa melihat sejumlah data di komputer, itupun termasuk soal informasi berkaitan dengan CPU dan RAM.

Sedangkan CPU-Z merupakan pilihan terbaik, apa bila laptop anda masih mengoperasikan versi Windowns lawas contohnya Windows 7 atau seri yang labih lama.

Akan tetapi sementara cara cek kecepatan RAM melalui CPU-Z tentu saja sangatlah mudah lho, terlebih dahulu anda perlu melakukan pengunduhan dan memasang software lebih dulu.

Kalaupun sudah, anda tinggal buka software di laptop-nya dimana didalamnya anda akan menemukan sejumlah menu dan anda cukup klik kotak menu Memory.

Jika sudah, maka anda lanjutkan dimana akan melihat dua menu utama yaitu Uncore Frequency dan DRAM Frequency pasalnya dikeduanya akan mempunyai keterangan 1799.6MHz.

Memang akan terlihat rendah, akan tetapi hal ini bukanlah kesalahan dikarenakan CPU-Z hanya menghitung data tunggal saja.

Untuk bisa memperoleh data kecepatan RAM yang sesuai, maka anda perlu mengalihkan dengan sebuah angka dua nantinya hasilnya yaitu 3599.2MHz.

Dalam hal ini agak sedikit dekat dengan angka 3600MHz sama seperti yang terdapat diperangkat lainnya, itulah sebabnya mengetahui kecepatan RAM memang hal yang cukup penting.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, dimana informasi anda bisa dapat mengetahui kecepatan RAM yang anda punya.

Pasalnya kami memberikan dua cara untuk anda gunakan, didalam melakukan pengecekkan RAM dimana hal ini sangatlah penting lho.

Supaya anda mengetahui kapasitas memory yang anda miliki lho, jadi anda anda bisa menerima data tanpa harus takut memorynya penuh.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara cek kecepatan RAM laptop / komputer. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel