Cara Cek 3uTools iPhone 2022

Cara Cek 3uTools iPhone
Cara Cek 3uTools iPhone - Sebagai smartphone premium yang dibekali dengan berbagai fitur dan teknologi canggih yang dibawanya, tentu kepopuleran iPhone tidak perlu diragukan lagi.

Selain produk barunya yang selalu laris terjual, beberapa versi iPhone pada generasi beberapa tahun ke belakang juga masih populer dan banyak dijajakan oleh para penjual smartphone bekas.

Tetapi, dengan kepopuleran iPhone tersebut malah banyak dimanfaatkan oleh produsen dan para penjual nakal yang menjual iPhone dengan kondisi refurbish atau asal-asalan.

Refurbish/rekondisi adalah sebuah kondisi dimana iPhone yang sudah mengalami kerusakan, namun diperbaiki kembali dan diganti komponennya oleh pengembang lalu dijual kembali.

Mungkin tidak akan menjadi masalah jika refurbish yang dilakukan oleh pabrikan resminya, namun berbeda ceritanya jika barang refurbish tersebut adalah hasil tangan dari para penjual nakal itu sendiri?

Pastinya kelayakan barang dan keaslian pada komponen-komponennya iPhone tersebut harus dipertanyakan.


Pembahasan Cara Cek 3uTools iPhone

Nah, bila Anda berniat untuk membeli iPhone bekas, maka kami sarankan untuk mengecek kondsi iPhone tersebut, apakah masih original atau sudah refurbish/rekondisi.

Untuk mengecek iPhone bekas original atau refurbish ini, bisa dilakukan menggunakan aplikasi yang bernama 3uTools.

3uTools sendiri adalah sebuah aplikasi multifungsi yang diperuntukkan untuk perangkat iOS, termasuk iPhone.


Selain digunakan untuk mengecek iPhone original atau refurbish, aplikasi 3uTools ini juga bisa digunakan untuk melakukan jailbreaking, flashing hingga mengelola aplikasi dan file-file.

Pasti penasaran kan seperti apa proses untuk mengecek kondisi iPhone? Untuk menjawab rasa penasara tersebut, berikut ini kami bagikan cara cek 3uTools iPhone.


Cara Cek 3uTools iPhone


1. Cara Cek 3uTools iPhone Bekas

Cara Cek 3uTools iPhone
Cara Cek 3uTools iPhone Bekas
Untuk mengecek 3uTools iPhone bekas, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan dan pastikan tidak ada yag terlewatkan, agar prosesnya berhasil.

Adapun cara cek 3uTools iPhone bekas sebagai berikut:
  • Silahkan download dan install aplikasi 3uTools melalui link berikut ini (Download Aplikasi 3uTools).
  • Kemudian hubungkan iPhone yang ingin di test dengan komputer menggunakan kabel USB. Disarankan untuk menggunakan kabel USB iPhone yang original.
  • Tunggulah beberapa saat hingga iPhone terhubung dengan komputer dan setelah terhubung, beragam data tentang iPhone pun akan keluar.
  • Anda bisa melihat kondisi baterai dengan menekan details pada Battery life.
  • Kemudian tekan tombol View verification report untuk melihat data lebih lanjut tentang keaslian dari perangkat iPhone bekas tersebut.
  • Setelah itu, akan terlihat testing score dari iPhone yang Anda cek. Bila scorenya mencapai 100%, maka bisa dipastikan jika iPhone yang Anda miliki asli. Bila kurang dari 100%, paling tidak score testing yang harus dimiliki oleh iPhone adalah 80%. Karena jika score testing sudah menyentuh angka 70%, kemungkinan besar banyak komponen iPhone yang sudah diganti.
  • Perhatikan juga test result pada setiap komponen dari iPhone bekas tersebut.
  • Setelah melihat hasil penilaian 3uTools, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sesuai dengan hasil "Test Result" yang ditampilkan dalam aplikasi, diantaranya:
    • Bila hasil dari setiap komponen bertuliskan normal, maka komponen tersebut asli dan tidak pernah diganti sebelumnya.
    • Tetapi, jika ada komponen yang test result nya berwarna merah dengan tulisan “…may be changed”, kemungkinan besar perangkat tersebut sudah diganti.
    • Jika hasilnya bertuliskan 'how to judg'e yang ditandai dengan bir, artinya 3uTools tidak bisa memastikan apakah kondisi komponen dari iPhone bekas tersebut sudah pernah diganti atau atau tidak dan Anda bisa putuskan sendiri apakah ingin membelinya atau dikembalikan kepemilikinya.
    • Yang harus diingat adalah aplikasi 3uTools ini tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan untuk menilai kondisi apad komponen iPhone. Oleh karena itu, jika score testing sangat rendah, maka Anda bisa menanyakan langsung ke toko tempat iPhone bekas tersebut dibeli.



2. Tips Khusus Membeli iPhone Bekas Sebelum Cara Cek 3uTools iPhone Diterapkan

Cara Cek 3uTools iPhone
Tips Khusus Membeli iPhone Bekas Sebelum Cara Cek 3uTools iPhone Diterapkan
Bila Anda ingin membeli iPhone bekas, maka perlu menerapkan beberapa tips yang akan kami bagikan, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Berikut ini beberapa tips khusus membeli iPhone bekas sebelum cara cek 3uTools iPhone diterapkan:


1. Lakukan Pengecekan Standar

Seperti halnya saat sedang membeli smartphone pada umumnya, Anda harus melakukan pengecekan untuk memastikan fitur-fitur atau fungsi pada iPhone tersebut berjalan dengan normal.

Fungsi dan fitur tersebut diantaranya kamera, speaker, tombol-tombol, konektivitas sampai fitur keamanan seperti Face ID dan Touch ID, Anda harus benar-benar mencobanya sampai bisa ter-registrasi ya.

Selain itu, karena sekarang sudah ada pemberlakuan IMEI oleh pemerintah, maka pastikan juga iPhone bekas yang akan Anda beli bisa menangkap jaringan operator yang ada di Indonesia.

Lakukan juga pengecekan fisik, apakah sesuai dengan deskripsi yang telah diinformasikan atau tidak.



2. Periksa Kelengkapan

Selain pengecekan standar, Anda juga harus mengecek kelengkapan unit iPhone yang akan dibeli.

Lengkap di sini artinya tidak hanya sekadar ada dengan boks dan aksesorisnya, mengingat saat ini sangat banyak yang menjual iPhone dengan status “fullset OEM”.

OEM sendiri artinya perangkat yang dibuat dengan kualitas menyerupai produk asli, tetapi berasal dari perusahaan pihak ketiga.

Adapun untuk aksesori Apple, charger dan kabel OEM berarti tidak asli, dan Anda pastinya tidak bisa mengetahui seperti apa kualitasnya.

Sedangkan untuk earphone lightning, versi OEM tidak akan bisa berfungsi seperti yang asli, baik dari segi kualitas ataupun sambungan, karena harus menggunakan Bluetooth.

Periksa juga kardus atau boxnya, karena Box iPhone OEM atau non-original biasanya mempunyai bobot yang jauh lebih ringan, dengan cetakan cover lebih kasar dan tidak sebening boks asli.

Di bagian deskripsi produk pada sisi belakang, biasanya terdapat tulisan yang tercetak cukup tebal dan bila dilihat lebih detail, akan ada typo atau kesalahan dalam penggunaan spasi.


3. Cek Keaslian Layar

Perbedaan layar OEM dan layar original yakni layar OEM cenderung lebih redup dan saturasi warnanya tidak semaksimal pada layar original.

Untuk iPhone 8 ke atas, cara mudah yang bisa diterapkan untuk mengetahui keaslian layar yakni dengan memanfaatkan fitur True Tone Display, yakni dengan mencari opsi true yang tersembunyi di Control Center atau menu pengaturan layar.

Bila opsi tersebut tidak muncul, maka bisa dipastikan layar perangkat iPhone tidak orisinil.

Perhatikan juga bagian pinggir layar saat menampilkan warna tertentu seperti putih, apakah cahayanya merata atau ada bagian yang lebih terang.

Karena untuk iPhone dengan layar AMOLED, bisa cek apakah ada screen burn atau bagian layar yang membekas dan tampilkan visual seperti logo baterai atau lainnya dengan konsisten.



4. Periksa Kondisi Baterai

Namanya iPhone bekas, pasti kondisi baterainya sudah menurun karena penggunaan selama masa pakai.

Jadi, Anda jarus mengecek kesehatan baterai yang bisa dilakukan melalui fitur Battery Health yang tersedia pada iPhone 6s ke atas.

Jika kapasitasnya masih cukup oke (lebih dari 80%), dan notifikasi service tidak muncul, maka kondisi baterao dari perangkat tersebut performanya masih normal.

Karena tingkatan battery health sendiri bisa diperkirakan layak atau tidaknya sesuai dengan umur iPhone.

Bila Anda membeli iPhone 7 yang umurnya sudah 3 tahun, tetapi battery health 100%? Maka besar kemungkinan jika baterainya sudah diganti, kecuali perangkat tidak pernah digunakan.

Oleh karena itu, Anda bisa kepada penjual terkait baterai barunya, mengurangi risiko jika baterai tersebut sekadar 100%, tetapi performanya kurang baik (sangat boros atau lebih cepat panas, misalnya).

Mengingat baterai yang kurang baik akan lebih cepat panas bila dibandingkan dengan baterai dengan kondisi baik.


5. Periksa Harga

Anda juga harus membandingkan harga dari berbagai situs e-commerce, untuk mengetahui patokan harga iPhone bekas yang tepat, sehingga bisa membedakan mana yang tergolong murah dan yang mahal.

Yang harus diperhatikan juga, bila perangkat tersebut masih baru namun harganya lumayan murah, maka patut dicurigai jika produk tersebut kurang valid.

Sangat tidak masuk akan, jika iPhone 13 Pro yang harga barunya dua digit namun dijual dengan harga super murah misalnya hanya Rp2 juta saja.



Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, untuk mengecek kondisi iPhone bekas menggunakan aplikasi 3uTools.

Selain mengecek kondisi pada perangkat iPhone, Anda juga harus menerapkan tips-tips yang kami berikan.

Agar Anda bisa mendapatkan perangkat iPhone yang bagus, walaupun dalam kondisi bekas.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara cek 3uTools iPhone 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel