Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud 2022

Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud
Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud - WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang paling populer saat ini, khususnya di Indonesia.

Karena alasan tertentu, ada beberapa pengguna yang harus membackup data WhatsApp nya ke iPhone, namun tidak menggunakan layanan iCloud.

Namun, dalam kondisi tertentu, mungkin Anda kesulitan untuk membackup cadangan WhatsApp dari iCloud.

Hal ini terjadi karena mungkin Anda tidak mempunyai cadangan di tempat pertama atau koneksi jaringan kurang memadai, sehingga tidak memungkinkan Anda untuk memulihkan cadangan.

Tapi jangan khawatir guys, karena pada pembahasan kali ini kami akan membagikan cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud


1. Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan iTunes

Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud
Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan iTunes
Bila Anda mempunyai cadangan iTunes terbaru dari seluruh data di iPhone lama, kemungkinan bisa dimanfaatkan untuk memindahkan data WhatsApp ke iPhone baru tanpa iCloud.

Ini dimungkinkan karena saat Anda mencadangkan perangkat di iTunes, seluruh data di perangkat akan disertakan begitu juga dengan data WhatsApp.

Tetapi, hal penting yang harus dicatat adalah bila Anda sudah mengatur perangkat baru, seluruh data di dalamnya akan dihapus dari perangkat selama proses ini.

Nah, berikut ini cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan iTunes yang bisa diterapkan:
  • Jalankan iTunes di komputer Anda kemudian sambungkan perangkat lama ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Pilih tab “Ringkasan” kemudian klik pada “Cadangkan sekarang” untuk membuat cadangan penuh seluruh data di perangkat. Pastikan juga jika “Komputer Ini” dipilih sebagai lokasi cadangan daripada “iCloud”.
  • Setelah pencadangan selesai, Anda harus langsung putuskan sambungan iPhone lama dari iTunes dan sambungkan perangkat baru.
  • Bila iTunes selesai mendeteksi perangkat, silahkan buka tab Ringkasan sekali lagi lalu klik “Pulihkan Cadangan” di bagian “Cadangan”.
  • Pilih cadangan terbaru yang Anda buat dan tunggulah beberapa saat hingga iTunes mengembalikan cadangan ke perangkat.
  • Setelah proses selesai, Anda bisa melanjutkan untuk mengatur WhatsApp di iPhone baru dan seluruh data WhatsApp akan dikembalikan ke iPhone baru tersebut.



2. Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan Aplikasi Mobitrix WhatsApp Transfer

Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud
Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan Aplikasi Mobitrix WhatsApp Transfer
Mobitrix WhatsApp Transfer adalah alternatif lain yang cukup efektif diterapkan, bila ingin memindahkan semua data di akun WhatsApp dari perangkat lama ke perangkat baru.

Namun, aplikasi ini hanya akan berfungsi bila dirancang khusus untuk menangani pemindahan data WhatsApp.

Walaupun begitu, tetapi aplikasi ini memiliki fitur yang cukup menarik dan bisa dimanfaatkan untuk menjalankan proses backup data WhatsApp Anda.

Tetapi, bila Anda tidak mempunyai pengetahuan yang banyak tentang aplikasi ini, kami sarankan untuk dipikirkan kembali untuk menggunakannya.

Karena kemungkinan Anda berisiko kehilangan semua data berharga, apalagi jika tidak mengikuti instruksi dengan baik.

Adapun fitur dan cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan aplikasi Mobitrix WhatsApp Transfer seperti berikut ini:


1. Fitur Unggulan Mobitrix WhatsApp Transfer


Berikut ini adalah beberapa fitur unggulan dan paling menonjol yang dimiliki oleh aplikasi Mobitrix WhatsApp Transfer:
  • Aplikasi ini berfungsi dalam transfer data WhatsApp dari satu perangkat ke perangkat lain, walaupun perangkat tersebut berjalan pada platfrom berbeda, misalnya dari Android ke iPhone, iPhone ke Android, iPhone ke iPhone, Android ke Android.
  • Ini juga akan membantu untuk mencadangkan seluruh data WhatsApp di perangkat Anda ke komputer secara gratis dan pastinya tanpa batasan penyimpanan serta pulihkan cadangan yang sama ke iPhone/Android.
  • Aplikasi telah diunduh dan digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia.
  • Aplikasi 100% aman untuk digunakan dan semua data WhatsApp hanya akan diekspor serta disimpan di komputer pribadi pengguna.

2. Proses Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud menggunakan Mobitrix WhatsApp Transfer

  • Untuk langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi yang dibutuhkan melalui link berikut ini (Download Aplikasi Mobitrix WhatsApp Transfer).
  • Kemudian buka aplikasinya dan sambungkan kedua iPhone ke komputer menggunakan kabel USB.
  • Klik “Pindahkan” dan proses transfer seluruh data WhatsApp dari iPhone lama ke iPhone baru akan langsung dimulai.
  • Mobitrix WhatsApp Transfer akan memberi notifikasi atau pembertahuan kepada Anda, bila prosesnya sudah selesai. Seluruh data WhatsApp yang ada di perangkat lama Anda sekarang akan berpindah dan tersedia di perangkat baru.



3. Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud melalui Email

Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud
Cara Backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud melalui Email
Selain cara di atas, Anda juga dapat memindahkan WhatsApp ke iPhone baru tanpa iCloud melalui email.

Bahkan proses ini sangat mudah dilakukan, karena Anda hanya perlu melampirkan obrolan yang ingin dipindahkan ke email, kemudian membuka email di iPhone baru untuk mendownload obrolan terlampir.

Sedangkan cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud melalui email seperti berikut ini:
  • Silahkan buka “WhatsApp” di iPhone lama kemudian pilih obrolan yang ingin Anda backup dan transfer, baik untuk obrolan individu atau grup.
  • Lalu ketuk kontak atau nama grup di bagian atas dan Anda akan melihat informasi tentang obrolan ditampilkan di layar.
  • Gulir ke bawah untuk mencari menu “Ekspor Obrolan” kemudian ketuk di atasnya.
  • Sebuah popup akan ditampilkan dan menanyakan apakah Anda ingin melampirkan media atau tidak. Jika ingin memasukkan media dalam obrolan yang diekspor, silahkan ketuk opsi “Lampirkan Media”. Namun, bila Anda tidak ingin menambahkan media ke obrolan yang diekspor, ketuk “Tanpa Media”.
  • Selanjutnya, masukkan email karena Anda ingin mengirimnya melalu email kemudian klik “Kirim”.
  • Langkah selanjutnya, Anda harus membuka email di iPhone baru dan mengunduh obrolan WhatsApp terlampir di perangkat baru. Tetapi, Anda tidak akan bisa melihat obrolan ini di WhatsApp karena dalam format .txt.



Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, bila ingin membackup data WhatsApp iPhone tanpa iCloud.

Salah satu cara terbaik untuk mentransfer data WhatsApp ke iPhone adalah menggunakan iCloud, namun layanan ini hanya bisa digunakan jika Anda memiliki koneksi internet yang aman dan kuat.

Tetapi, bila iCloud tidak bisa digunakan, maka Anda dapat menggunakan salah satu metode yang dibahas di atas.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara backup WhatsApp iPhone tanpa iCloud 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel