Kode SWIFT BSI 2022

Kode SWIFT BSI
Kode SWIFT BSI - Jika anda ingin mentransfer uang ke bank yang berbeda, pastinya anda akan memerlukan kode bank tujuannya masing-masing.

Apa lagi bank mempunyai kodenya masing-masing, dimana sudah diatur sedemikian rupa oleh pihak Bank Indonesia apakah anda telah mengetahui kode bank BSI?.

Terlebih lagi BSI sendiri salah satu pendatang baru didalam duni perbankan Indonesia, jadi jangan heran masih banyak orang yang belum tahu sama sekali mengenai kode tersebut.

Pasalnya BSI merupakan kependekan dari Bank Syariah Indonesia, jika belum mengetahuinya BSI sendiri salah satu hasil dari gabungan atau merger antar 3 Bank Syariah.

Yang sebelum telah beroperasi sangat lama di Indonesia diantaranya yakni Bank Mandiri Syariah, Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRI Syariah) dan Bank Negara Indonesia Syariah (BNI Syariah).


Pembahasan Kode SWIFT BSI

Pasalnya dari ketiga bank itu dimulai pada 1 Februari 2021 dan selesai di 1 November 2021 yang lalu, terlebih lagi perencanaannya pun sudah dilakukan sejak tahun 2020.

Dimana tujuan dari penggabungan dari ke 3 Bank Syariah BUMN yakni untuk memudahkan pengembangannya, selama proses merger ini.

Terlebih lagi nasabah atau pemilik dari rekening Mandiri, BRI dan BNI Syariah ini telah direkomendasikan untuk melakukan migrasi.

Apa bila telah migrasi maka para nasabah akan memperoleh buku tabungan, kartu debit dan akun Mobile Banking yang baru.

Selain itu Bank Syariah juga salah satu perbankan yang memakai aturan hukum islam atau syariah dalam menjalankan aktivitas usahanya.

Apa lagi cara kerjanya tidak mempunyai perbedaan dengan bank konversional, namun yang membedakannya aturan dipakai.

Untuk lebih jelasnya lagi, diartikel kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai kode SWIFT BSI tentunya anda simak ulasannya sebagai berikut.


Kode SWIFT BSI



1. Kode SWIFT BSI untuk Transfer

Kode SWIFT BSI
Kode SWIFT BSI untuk Transfer
Apa lagi setiap bank mempunya kode masing-masing, tentu saja bersifat unik sebab kode BSI sebagai identitas suatu bank oleh sebab itu tidak mungkin sama antara satu bank dengan bank lainnya.

Sebetulnya ada 3 digit angka biasanya kode bank ini dipakai ketika seseorang akan melakukan transfer dana antar bank entah itu lewat mesin ATM, internet banking, mobile banking dan SMS banking.

Itu sebabnya, kode bank sangat wajib diketahui oleh setiap orang yang akan melakukan transaksi transfer antar bank yang lainnya.

Kita kepembahasan sebelumnya tentang kode SWIFT BSI ini sebetulnya mempunyai kode 451, akan tetapi kode tersebut tidak berlaku untuk semua nasabah mengingat BSI yakni hasil merger.

Hal itu berlaku untuk pemegang rekening Bank Syariah Mandiri, BRI dan BNI Syariah, tentu saja yang sudah melakukan migrasi rekening ke BSI.

Sedangkan untuk nasabah BSI yang masih memakai nomor rekening lama, entah itu BNI Syariah ataupun BRI Syariah masih bisa menggunakan kode bank yang lama berikut rinciannya:
  • Untuk nasabah Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) yang belum melakukan migrasi rekening ke BSI, dapat memakai kode 427 sama seperti kode BRIS sebelum merger menjadi BSI.
  • Hal ini berlaku bagi para nasabah Bank Negara Indonesia Syariah (BNIS), pastinya yang belum migrasi atau melakukan pemindahan ke rekening BSI dan kode dipakai yakni kode bank untuk BSI.


2. Kode SWIFT BSI Terbaru

Kode SWIFT BSI
Kode SWIFT BSI Terbaru
Pasalnya kode SWIFT BSI ini salah satu format kode standar, hanya untuk melakukan identifikasi bank atau biasanya disebut sebagai Bank Code Identifier (BIC).

Sebab kode ini dipakai untuk bisa mengenali bank tertentu saja, sama seperti kode bank yang telah kami jelaskan sebelumnya tadi.

Bahwasannya SWUFT ini singkatan dari Society for Worldwide Interbank Finansial Telecommunication, sebab badan ini akan menangani pendaftaran kode SWIFT semua bank di dunia.

Kode bank ini digunakan untuk melakukan transfer antar bank ke dalam negeri atau Indonesia, bahkan bisa juga digunakan ketika akan transfer dana antar negara.

Umumnya dipakai oleh orang yang bekerja di luar negeri, dimana akan mengirimkan uangnya ke Indonesia dengan format kode SWIFT tersusun atas 8 atau 11 karakter.

Apa lagi kode ini akan tersusun atas 8 digit merujuk kepada kantor utama suatu bank, sementara kode SWIFT ini terdiri dari 11 digit merujuk ke kancor cabang disuatu bank.

Berikut format dari kode SWIFT:
  • AAAA merupakan 4 karakter salah satunya kode bank, pasalnya kode ini terdiri dari huruf saja.
  • BB merupakan dua huruf yang dimana kode negara berdasarkan aturan ISO 3166-1 alpha-2.
  • CC merupakan kode lokasi yang tersususn atas kode dan angka, itupun khusus untuk peserta pasif akan memperoleh kode 1 pada karakter kedua.
  • DDD merupakan 3 karakter terakhir untuk identifikasi kantor cabang bank, umumnya terdiri atas angka dan huruf.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan untuk anda, dimana informasi berguna untuk anda yang belum mengetahui kode SWIFT ini.

Pasalnya untuk bank BSI sendiri mempunyai kode SWIFT BSMDIDJA, apa lagi kode SWIFT atau BIC ini hanya berlaku di kantor pusat BSI saja.

Tentu saja yang dipunya oleh PT Bank Syariah Indonesia Tbk, sehingga sekarang ini pihak dari BSI sendiri belum juga merilis kode SWIFT untuk kantor cabangnya.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Kode SWIFT BSI. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel