Cara Unlock Bootloader Redmi 2022

Cara Unlock Bootloader Redmi
Cara Unlock Bootloader Redmi - Untuk mengubah Operasi System HP Redmi, tentu Anda harus menjalankan proses unlock bootloader atau UBL.

Berbeda aturan sebelumnya, mulai Oktober 2018 lalu metode untuk menjalankan proses unlock bootloader Redmi sedikit mengalami perubahan.

Bootloader sendiri adalah sebuah kode yang harus dieksekusi oleh sistem operasi (OS) mulai berjalan, termasuk pada HP Xiaomi Redmi.

Dengan menjalankan proses unlock bootloader Xiaomi Redmi, maka Anda bisa dengan bebas melakukan perubahan pada sistem operasi guys.

Tetapi resikonya cukup berbahaya, yakni Anda tidak akan mendapatkan dukungan update dan jaminan keamanan langsung dari Xiaomi.

Pasti penasaran kan seperti apa prosesnya? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, yuk langsung saja simak ulasan berikut ini tentang cara Unlock Bootloader Redmi.


Cara Unlock Bootloader Redmi


1. Kelebihan dan Kekurangan terkait Cara Unlock Bootloader Redmi

Cara Unlock Bootloader Redmi
Kelebihan dan Kekurangan terkait Cara Unlock Bootloader Redmi
Sebelum masuk ke pembahasan inti, yakni cara Unlock Bootloader Redmi ada baiknya agar Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan, yang akan didapatkan jika menjalankan proses tersebut.

Kelebihan dan kekurangan tersebut nantinya bisa dijadikan pertimbangan, apakah ingin tetap menjalankan proses Unlock Bootoader atau tidak.

Nah, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan jika menjalankan proses Unlock Bootloader Redmi:


1. Kelebihan HP Xiaomi Redmi yang Sudah di Unlock Bootloader

  • Anda akan diberi kebebasan dalam melakukan modifikasi pada HP Xiaomi Redmi yang dimiliki, seperti proses root, install custom ROM, mod Gcam dan lainnya.
  • Anda bisa melalukan tweak alias peningkatan performa dari settingan pabrik.


2. Kekurangan HP Xiaomi Redmi yang Sudah Di-Unlock Bootloader

  • Dukungan update sistem operasi dan keamanan langsung dari developer tidak akan didapatkan lagi.
  • Resiko garansi hilang, terutama untuk HP Xiaomi Redmi yang masih dalam masa garansi.



2. Cara Unlock Bootloader Redmi untuk Semua Type

Cara Unlock Bootloader Redmi
Cara Unlock Bootloader Redmi untuk Semua Type
Bila sebelumnya Anda harus melakukan request UBL dan menunggu SMS konfirmasi untuk unlock bootloader di HP Xiaomi, maka sekarang prosesnya sudah berbeda guys.

Karena sejak Oktober 2018 lalu, Xiaomi telah mengeluarkan aturan baru tentang proses Unlock Bootloader, yakni Anda tidak perlu lagi melakukan request UBL, karena sudah bisa menggunakan aplikasi Mi Unlock secara langsung.

Adapun cara Unlock Bootloader Redmi untuk semua type sebagai berikut:


1. Persiapkan Alat dan Bahan

Sebelum menjalankan proses UBL, pastikan terlebih dahulu jika Anda sudah mempunyai Mi Account (minimal berumur 3 hari) dan sudah login di perangkat yang akan dibuka kuncinya.

Kemudian siapkan kabel USB, laptop/PC dengan minimal Windows 7 64-bit, software Mi Unlock Tools dan Minimal ADB Fastboot yang bisa didownload melalui link di bawah ini:

2. Aktifkan Opsi Pengembang

Beralih ke HP Xiaomi dan jika sebelumnya Anda harus mengaktifkan opsi pengembang alias developer mode terlebih dahulu.

Di sini berbeda guys, karena Anda tinggal masuk ke Pengatura > Tentang ponsel, kemudian klik pada bagian Versi MIUI kurang lebih 7 kali sampai notifikasi opsi pengembang sudah aktif muncul.



3. Mulai Akses Opsi Pengembang

Untuk mengakses Opsi Pengembang, Anda masuk ke Pengaturan> Setelan tambahan> Opsi pengembang.

Di dalamnya, untuk mulai melakukan unlock bootloader silahkan pilih opsi Status Mi Unlock.


4. Aktivasi Status Mi Unlock

Setelah masuk setelan Mi Unlock, sebuah pop-up perizinan akan muncul dan Anda tinggal klik opsi Setuju.

Sebelum aktivasi Status Mi Unlock dijalankan, pastikan Anda menggunakan kartu SIM dengan nomor yang terdaftar pada slot SIM 1 dan aktifkan paket data internet (bukan WiFi).

Setelah itu, Anda klik tombol Tambah akun dan perangkat, secara otomatis proses akan berjalan dan tunggu sampai ditampilkannya notifikasi yang bertuliskan "Berhasil ditambahkan. Akun Mi terhubung dengan perangkat ini sekarang".

Jika pesan gagal yang muncul, maka pastikan Anda sudah menjalanan langkah-langkah di atas dengan baik dan benar.


5. Aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking

Kembali ke Opsi Pengembang dan pastikan Anda sudah mengaktifkan pilihan Buka kunci OEM dan Debugging USB pada HP Xiaomi Redmi tersebut.


6. Buka Mi Unlock Tools

Beralih ke PC/laptop, sekarang Anda ekstrak file Mi Unlock Tools.

Lalu buka folder yang telah diekstrak kemudian klik kanan pada miflash_unlock dan buka dengan Run as administrator.


7. Setujui Disclaimer Mi Unlock Tools

Sebelum Anda menggunakan Mi Unlock Tools, disarankan untuk membaca dan menyetujui disclaimer yang diberikan. Jika sudah paham, barulah klik Agree.


8. Login Mi Account

Anda tinggal sign in menggunakan Mi Account yang sama seperti yang terdaftar pada HP Xiaomi Redmi lalu klik Sign in dan tunggulah sampai proses verifikasi selesai.


9. Tampilan Mi Unlock Tools

Langkah selanjutnya, Anda tinggal hubungkan HP Xiaomi Redmi dengan PC/laptop dalam mode fastboot.


10. Masuk ke Mode Fastboot

Kembali ke HP Redmi dan masuk ke dalam mode fastboot, setelah itu matikan perangkat Anda.

Hidupkan kembali dengan cara menekan tombol power + volume bawah secara bersamaan dan tunggulah sampai logo Mi Bunny muncul dengan tulisan fastboot di bawahnya.


11. Hubungkan HP Xiaomi dengan PC/Laptop

Pada tahap ini, Anda harus menghubungkan HP Xiaomi Redmi ke PC/laptop menggunakan kabel USB yang telah disediakan sebelumnya dan pastikan status berubah menjadi "Phone connected".

Di sini, Anda bisa langsung melakukan unlock bootloader dengan cara klik tombol Unlock.Bila pop-up ditampilkan, Anda tinggal klik Unlock anyway.


12. Proses Unlock Bootloader Xiaomi

Proses unlock bootloader HP Xiaomi Redmi akan berjalan dan Anda tinggal menunggu beberapa saat.


13. Proses Unlock Bootloader Gagal

Jika notifikasi "Couldn't unlock. After 72 hours of trying to unlock the device" muncul, maka proses unlock bootloader dinyatakan gagal.

Tetapi jangan khawatir, karena proses unlock bisa diulang kembali setelah 72 jam atau kurang lebih 3 hari berikutnya.


14. Proses Unlock Bootloader Berhasil

Setelah menunggu sesuai instruksi, Anda bisa mencoba kembali sesuai dengan langkah di atas.

Jika berhasil, makanotifikasi "Unlocked successfully" akan muncul dan Anda tinggal klik Reboot phone untuk melakukan restart HP Xiaomi Redmi seperti biasanya.


Akhir Kata

Demikian cara yang bisa diterapkan, jika ingin menjalankan proses unlock bootloader di HP Xiaomi Redmi.

Karena proses atau langkahnya lumayan panjang, maka disarankan untuk mempelajarinya dengan baik terlebih dahulu, agar kemungkinan berhasil lebih besar.

Sebelum menjalankan prosesnya, perhatikan juga kelebihan dan kekurangan yang akan didapatkan, agar tidak menyesal kemudian.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara Unlock Bootloader Redmi 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel