Cara Unlock Bootloader OPPO 2022

Cara Unlock Bootloader OPPO
Cara Unlock Bootloader OPPO - Saat ini, banyak sekali pengguna Android, khususnya merek OPPO yang ingin menunlock Bootloader perangkat mereka.

Karena dengan mengaktifkan fungsi Unlock Bootloader tersebut, mereka bisa dengan leluasa mengakses file sistem, seperti melakukan proses root, install twrp dan install custom rom.

Proses unlock bootloader di HP OPPO sendiri bisa dilakukan dengan dua cara guys, yakni menggunakan aplikasi Oppo Tools dan Adb Fastboot.

Untuk yang menggunakan aplikasi Oppo Tools hanya dapat digunakan pada type HP OPPO Find 5 ke bawah dan untuk type diatasnya lebih disarankan untuk menggunakan Adb Fastboot.


Pembahasan Cara Unlock Bootloader OPPO

Dengan aplikasi Oppo Tools, Anda tidak perlu pusing-pusing unlock menggunakan cara yang membingungkan, khususnya bagi orang atau gaptek.

Hanya dengan satu klik saja, maka Smartphone Anda bootloadernya (Unlock Bootloader) akan langsung terbuka.

Tetapi, sebelum menjalankan prosesnya, tentu ada beberapa syarat yang di dibutuhkan, agar aplikasi Oppo Tools ini dapat berjalan dengan baik pada HP Anda.

Syarat yang dimaksud adalah memberikan akses root, sehingga HP Anda harus sudah di root terlebih dahulu.


Mengingat fungsi Unlock Bootloader ini adalah untuk membuka akses bagi developer agar bisa memodifikasi sistem, maka di perlukan akses root agar bisa masuk ke sistem.

Nah, berikut ini beberapa cara unlock bootloader OPPO yang bisa dipelajari dan diterapkan.


Cara Unlock Bootloader OPPO


1. Syarat dan Cara Unlock Bootloader OPPO menggunakan Aplikasi OPPO Tools

Cara Unlock Bootloader OPPO
Syarat dan Cara Unlock Bootloader OPPO menggunakan Aplikasi OPPO Tools
Seperti yang telah dijelaskan di awal, jika ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, sebelum cara unlock bootloader OPPO menggunakan aplikasi OPPO Tools diterapkan, diantaranya:


1. Syarat


2. Proses Unlock Bootloader OPPO

  • Setelah proses dowload selesai, silahkan Anda install kedua aplikasi di HP OPPO yang akan diunlock.
  • Kemudian buka dan jalankan aplikasi OPPO Tools lalu berikan akses root dengan cara klik menu Izinkan.
  • Setelah itu, pilih pada menu "COMMON" lalu pilih "BOOTUNLOCKER".
  • Perhatikan pada kolom "Bootloader Status" jika ada tulisan "Locked", hal tersebut menandakan jika HP Anda masih dalam keadaan terkunci. Sehingga Anda harus klik opsi "UNLOCK". Tetapi, jika pada kolom Bootloader Status sudah "Unlocked" berarti bootloader sudah ter-Unlock dan Anda tinggal instal TWRP saja.



2. Cara Unlock Bootloader OPPO menggunakan ADB Fastboot

Cara Unlock Bootloader OPPO
Cara Unlock Bootloader OPPO menggunakan ADB Fastboot
Bila langkah diatas belum membuahkan hasil atau tidak berfungsi pada HP OPPO Anda, maka kami sarankan untuk menggunakan cara kedua ini, yaitu menggunakan ADB Fastboot.

Cara yang kedua ini mungkin terlihat sedikit rumit, tetapi jika sudah dijalankan dengan benar dan sesuai dengan tutorial, bisa dipastikan unlock bootloader akan berhasil.

Adapun cara unlock bootloader OPPO menggunakan ADB Fastboot seperti ulasan berikut ini:
  • Siapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti kabel USB atau kabel data.
  • Kemudian download tools yang dibutuhkan melalui link berikut ini:
  • Lalu install dan ekstrak tools yang telah didownload pada HP OPPO yang akan diunlock.
  • Setelah itu, buka menu Pengaturan > Opsi pengembang (Developer option) lalu aktifkan Enable USB Debugging dan Buka kunci OEM (Unlock OEM).
  • Jika menu Buka kunci OEM tidak tersedia di HP OPPO Anda, maka cukup mengaktifkan USB Debugging saja.
  • Selanjutnya buka folder ADB and Fastboot tools yang sudah di extract sebelumnya kemudian tekan dan tahan tombol "Shift" pada keyboard komputer/laptop Anda lalu klik kanan pada tampilan folder yang kosong.
  • Langkah selanjutnya, silahkan ke menu Fastboot Mode dengan cara matikan HP lalu tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan sampai masuk ke Fastboot Mode.
  • Hubungkan HP OPPO ke PC atau laptop menggunakan kabel USB lalu ketik fastboot devices. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah HP sudah terbaca oleh PC atau laptop dengan baik atau tidak. Bila nomor seri ditampilkan, maka Anda bisa lanjut ke langkah selanjutnya.
  • Setelah itu, ketikkan "fastboot oem unlock" dan jika gagal atau failed, silahkan ganti menggunakan "comand fastboot oem unlock-go". Proses dinyatakan berhasil jika tulisan "finished" ditampilkan.
  • Kemudian ketikkan kembali "fastboot reboot" dan HP akan langsung mereboot/restart secara otomatos.
  • Selesai.



Akhir Kata

Demikian beberapa cara yang bisa diterapkan, jika Anda ingin mengunlock bootloader HP OPPO yang digunakan.

Silahkan pilih cara yang sesuai dengan tipe HP Anda dan jika prosesnya berhasil, maka Anda bisa memodifikasi OS pada HP sesuai dengan keinginan.

Jika cara yang kami bagikan belum membuahkan hasil, kemungkinan ada pembaruan pada sistem Android dan Anda harus mencari cara lain yang masih work.

Itulah seluruh isi artikel kami kali ini mengenai cara Unlock Bootloader OPPO 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel