Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM 2022

Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM
Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM - Teknologi yang terus berkembang membuat manusia harus terus belajar agar tidak ketinggalan.

Salah satunya dengan teknologi NFC yang sudah lama muncul, namun para penggunanya baru terlihat pada tahun 20101 keatas.

Pada tahun itu pun masih bayak para penggunanya yang belum sepenuhnya mengetahui apa itu NFC, andai mereka mengetahui fungsinya dari awal, hidup kita akan jauh lebih mudah dan simpel, loh.

NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication, dimana fungsi utamanya sebagai alat transfer data.

Tidak seperti fitur lain seperti Bluetooth atau menggunakan kabel data, namun cara memindahkan file menggunakan NFC sangat mudah dilakukan.

Hanya dengan mendekatkan HP anda yang mempunyai fitur sama, file yang di transfer bisa berjalan sendirinya, namun tentunya anda harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu.

Sekarang beberapa tipe HP merek terbaru saat ini sudah banyak yang memiliki fitur NFC, namun sayangnya masih banyak para penggunanya yang belum tahu bagaimana cara menggunakan NFC yang benar.

Pada artikel kali ini kami akan membahas seputaran tentang fitur NFC, yang mana hanya terdapat pada HP menengah keatas, artinya HP yang sudah memiliki fitur tersebut.

Sebelum anda mengetahui cara menggunakan NFC untuk kartu ATM, sebaiknya anda cari tahu apa fungsi dari NFC itu.


Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM


1. Fungsi NFC

Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM
Fungsi NFC
Sebelum masuk pada pembahasan inti tentang cara menggunakan NFC untuk kartu ATM, berikut beberapa fungsi dari NFC yang perlu anda ketahui.


A. Tranfer File Dengan Mudah

Tentu saja anad sudah banyak mengetahui bahwa ada banyak fitur yang dapat digunakan untuk mentransfer file atau kontak telepon

Bedanya NFC bisa melakukannya dengan cara yang cepat dan mudah, bahkan anda tidak perlu menggunakan kabel data atau tidak memelukan koneksi internet.

Seperti Wi-Fi ataupun koneksi Bluetooth yang harus melakukan fairing terlebih dahulu.

Di NFC anda hanya cukup dekatkan kedua HP yang sudah mempunyai fitur NFC, pilihlah file atau kontak yang ingin dikirim.


B. NFC Tag

Fungsi yang kedua ialah NFC tag, fungsi ini yang tidak diketahui oleh sebagian besar penggunanya.

Dengan NFC tag anda dapat melakukan apa saja sesuai keinginan dengan fungsi yang satu ini, misalkan anda ingin membagi jaringan Wi-fi, anda tidak perlu melakukan share atau membisikkan passwordnya.


C. Membuka Aplikasi Secara Otomatis

Fungsi yang ketiga ialah membuka aplikasi secara otomatis, maksudnya adalah anda dapat membuka semua aplikasi yang di rumah atau kantor yang sudah terhubung dengan NFC Tag secara otomatis.

Misalkan menghidupkan lampu, mematikan lampu, menyalakan AC, menyalakan TV dan lain-lain.


2. Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM

Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM
Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM
Setelah anda mengetahui penjelasan tentang apa itu NFC dan apa saja fungsi-fungsinya, sekarang kami akan membahas bagaimana cara menggunakan NFC untuk kartu ATM yang ada pada HP anda. berikut langkah-langkahnya:
  • Langkah pertama, silahkan buka menu pada pengaturan HP anda.
  • Lalu pilih NFC.
  • Kemudian buka aplikasi yang terkait misalkan Mandiri Online.
  • Tempelkan kartu ATM pada bagian belakang HP anda.
  • Nanti dengan sendirinya perangkat anda akan mendeteksi secara otomatis dan menyarankan aplikasi apa yang dapat digunakan untuk mengakses informasi kartu tersebut.

Bagaimana, mudah bukan? dengan anda mengikuti langkah-langkah di atas, maka aplikasi akan menampilkan jumlah saldo pada kartu e-Money ataupun e-Toll anda menggunakan bantuan dari NFC.


Kelebihan Dan Kekurangan NFC

Cara Menggunakan NFC Untuk Kartu ATM
Kelebihan Dan Kekurangan NFC
Dibalik semua kecanggihn teknologi dari Fitur BFC, ternyata masih saja terdapat beberapa kekurangan yang wajib diketaui.

Jika dibandingkan dengan para sesepuhnya, NFC jelas memiliki kelebihan, contoh NFC tidak perlu membutuhkan daya yang sangat besar saat menggunakan.

Dan juga kecepatan tersambungnya ke perangkat sangat cepat sekali, bahkan bisa dikatakan kurang dari 10 detik.

Namun, Dibalik semua kecanggihn teknologi dari Fitur BFC, ternyata masih saja terdapat beberapa kekurangan yang wajib diketahui.

Jika dibandingkan dengan bluetooth, kecepatan transfer NFC lebih lambat, selain itu NFC belum terdapat disemua HP meskipun sudah banyak pengguna HP.

Sehingga jika dibangdingkan dengan bluetooth, NFC kurang maksimal.


Akhir Kata

Bagi anda yang belum mengetahui fungsi dari NFC itu sendiri, silahkan simak penjelasan dalam ulasan diatas.

Kami juga sudah bagikan beberapa fungsi dari fitur NFC yang perlu diketahui, dengan begitu anda tak akan kebingunan lagi.

Untuk cara menggunakannya sangatlah mudah, anda tinggal mengikuti tahapan yang sudah kami sediakan dalam ulasan.

Itulah seluruh pembahasan kita pada artikel kali ini tentang cara menggunakan NFC untuk kartu ATM. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Seseorang yang senang belajar dan sharing segala hal tentang teknologi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel