Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id 2022

Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id
Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id - Pasalnya data pokok pendidikan atau Dapodik, tentu saja memegang peranan cukup penting didalam sistem pembelajaran digital.

Lewat portal website Belajar.id ini mampu mendukung, bahkan meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar secara online sehingga secara langsung akun belajar.id dapat diakses oleh siswa dan guru.

Terlebih lagi operator ataupun kepala sekolah, dimulai dari tingkat SD hingga SMA sederajat akan tetapi jadi masalahnya yakni lupa password belajar.id.

Hal ini akan membuat proses belajar mengajar terganggu, namun berbeda dengan lupa password Dapodik dimana belajar.id memakai sistem Google Admin untuk melakukan pembaharuan kata sandi.

Sehingga yang bisa melakukan reset password, hanyalah operator maupun tenaga administrasi dari sekolan bersangkutan saja.


Pembahasan Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id

Apa lagi sistem belajar.id ini sangat memudahkan para penggunanya sebab diberikan peran cukup berbeda diantara siswa, guru hingga admin.

Dalam hal ini akses tertinggi biasanya diberikan kepada tenaga administrasi, kepala sekolah maupun disesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing sekolah.

Namun jadi permasalahannya lupa password memang hal yang sering dialami siapa saja, termasuk untuk orang yang kurang cermat didalam menyimpannya.

Dikarenakan hal ini sangat penting didalam proses belajar mengajar, sehingga proses reset password harus segera dilakukan supaya tidak terjadi hambatan kedepannya.

Untuk itu, diartikel kali ini kami akan menjelaskan cara mengatasi lupa password akun Belajar.id oleh sebab itu anda simak ulasannya sebagai berikut.


Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id



1. Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id

Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id
Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id
Hal yang harus dilakukan, kalau lupa password maka anda bisa mengakses akun SSO secara langsung dari website Kemendikbud dimana anda akan memperoleh informasi password serta username.

Berikut cara mengatasi lupa password akun Belajar.id:
  • Silahkan anda kunjungi melalui link berikut ini (sso.data.kemdikbud.go.id), lalu anda masukkan username beserta password selanjutnya anda klik Log In dan klik bagian Unduh akun pembelajaran untuk siswa atau guru.
  • Kemudian anda bukan unduhan beserta file Excel untuk siswa ataupun guru, jika sudah filenya akan terbuka lanjutkan dengan cara tekan CTRL + A lalu anda klik Data dan Teks to Columns.
  • Disana akan muncul pilihan untuk convert, anda tinggal pilih Delimited dan klik Next.
  • Selanjutnya anda centang bagian Tab dan Comma, maka anda klik Finish.
  • Dengan begitu, secara otomatis semua kolomnya akan berurutan didalamnya ada username dan password anda cukup cari disesuaikan dengan namanya.


2. Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id dengan Mereset

Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id
Cara Mengatasi Lupa Password Akun Belajar.id dengan Mereset
Dalam hal ini, anda bisa mereset secara online lewat fasilitas Google Admin namun anda harus memastikan mempunyai akses login admin yang dapat diminta ke kepala sekolah atau administrasi.

Berikut cara mengatasi lupa password akun belajar.id:
  • Pertama-tama buka laman login Google, setelah itu anda masukkan email yang terdaftar dan klik Selanjutnya.
  • Lalu anda masukkan password Google, kemudian anda tekan Selanjutnya maka anda masuk ke dalam Gmail dan tekan Google Apps disamping kanan atas.
  • Selanjutnya anda cari lalu anda klik Admin, disana akan muncul laman Google Admin dan anda tinggal klik bagian Users.
  • Disana akan tampil semua akun belajar.id, lalu anda pilih salah satu dari list atau bisa juga menggunakan menu search namanya.
  • Kemudian anda masuk ke akun yang lupa password, setelah itu anda tekan tulisan Reset Password lalu anda biarkan hidup semua pilihan passwordnya dan tekan Next saja.
  • Maka password baru akan secara otomatis dibuat, disana anda akan melihat sandinya dengan cara tekan ikon mata maupun dengan Copy Password selanjutnya anda cukup tekan Email Password.
  • Tahap terakhir, anda tinggal masukkan email penerima password dan aktifkan pilihan pengiriman ke dalam akun sendiri lalu anda tekan Send maka secara otomatis password baru akan dikirimkan ke dalam user bersangkutan.


Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang telah kami sampaikan buat anda, tentu saja dengan informasi ini bisa mengatasi lupa password akun belajar.id.

Selain itu, kami sudah menyiapkan dua cara untuk anda gunakan didalam mengatasi lupa password akun belajar.id akan tetapi anda pilih salah satu yang gampang menurutnya.

Jika anda ingin berhasil untuk mengetahui passwordnya, silahkan anda ikuti setiap langkah-langkah yang kami berikan di atas dengan cermat.

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengatasi lupa password akun belajar.id. Sekian dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel