Cara Membuat Film Bioskop 2022

Cara Membuat Film Bioskop
Cara Membuat Film Bioskop - Saat ini film atau bioskop yang baik tentunya mempunyai cara pembuatan yang sesuai kaidah, proses pembuatan film ini sering disebut sebagai filmmaking lho.

Yang mana filmmaking melibatkan beberapa tahap antara lain ide, naskah, casting, shooting, editing dan screening sebelum film atau bioskop dirilis secara besar-besaran.

Proses filmmalking ini dilakukan pada banyak tempat diseluruh dunia dengan berbagai konteks ekonomi, sosial, politik serta menggunakan teknologi dan teknik yang sistematik.

Dimana cara atau trik pembuatan film yang satu dengan yang lain pada dasarnya sama, namun yang membedakannya ialah tantangan untuk mewujudkan langkah-langkah demi pembuatan film tersebut.

Nah bagi anda yang ingin mengetahui cara pembuatannya, maka silahkan anda simak langsung cara membuat film bioskop yang ada dibawah ini sampai selesai ya.


Cara Membuat Film Bioskop


Cara Membuat Film Bioskop Terbaru

Cara Membuat Film Bioskop
Cara Membuat Film Bioskop Terbaru
Berikut dibawah ini adalah ada beberapa trik yang bisa anda lakukan untuk cara membuat film bioskop tebaru:

A. Menentukan Ide Cerita

Pertama, buatlah sebuah ide cerita untuk film anda dan tentukan terlebih dahulu genre film yang ingin anda buat.

Entah itu drama, horror, action atau genre lain dan usahakan untuk menciptakan ide cerita yang tidak pasaran.

Jika anda ingin mengangkat cerita yang sudah umum, maka kemaslah dengan unik. Selain itu silahkan  untuk menentukan tema cerita yang familiar ya guyss.


B. Tentukan Sasaran Penonton

Nah setelah menentukan ide cerita dan tema, maka tentukan juga film tersebut ingin ditujukan untuk siapa? Apakah anak-anak, remaja atau orang dewasa.

Yang mana menentukan segmentasi penonton akan mempermudah anda untuk membuat alur cerita yang menarik.


C. Membuat Sinopsis Film

Sinopsis adalah komponen yang harus ada dalam sebuah film, dimana semua film membutuhkan sinopsis tidak terkecuali film dokumenter.

Tulislah sinopsis yang ringkas, padat, jelas serta tepat sasaran dengan konflik yang jelas dan endingnya yang bisa memberi kejutan bagi para penonton.


D. Menulis Skenario

Langkah selanjutnya adalah menulis skenario, skenario ini bisa anda tulis sendiri atau meminta orang lain (yang kompeten) untuk menuliskannya.

Skenario ini wajib ditulis secara detail atau jelas dan rinci serta scene akan diambil (apakah diluar atau didalam ruangan), bagaimana ekspresi dan gerak-gerik para pemain tersebut.


E. Menyiapkan Alat-alat Teknis

Selanjutnya silahkan anda tentukan story board (alat perencanaan yang menggambarkan urutan kejadian berupa kumpulan gambar dalam sketsa sederhana).

Lalu tentukan lokasi yang sesuai dengan skenario. Kemudian siapkan kru, lampu, kamera, setting, property, kostum, make up team dan yang lainnya.


F. Menentukan Budget

Setelah menentukan semua alat teknis dan pemain yang anda inginkan, maka anda harus membuat anggaran agar tidak melebihi budget yang sudah anda tentukan.


G. Syuting dan Editing

Yang mana setelah ke enam bagian persiapan yang sudah siap dan izin untuk pembuatan film sudah turun, maka anda sudah bisa memulai proses syuting sesuai dengan skenario yang ada ya guyss.


H. Buat Promosi

Nah setelah semua proses pembuatan selesai, saatnya anda mempromosikan film yang anda buat dengan berbagai media. Bisa melalui web, blog, Facebook, Instagram dan media lain.


Akhir Kata

Nah itu dia beberapa trik atau cara yang sudah kami bagikan diatas untuk cara pembuatan film bioskop ya guyss.

Jika anda tertarik untuk membuat film, maka anda bisa langsung mengikuti beberapa cara yang ada diatas.

Apabila informasi ini menurut anda penting, silahkan bagikan saja ke teman-teman anda atau ke akun media sosial yang anda punya.

Itulah seluruh isi bahasan kami pada artikel kali ini mengenai cara membuat film bioskop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel